Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Fitur Panggilan Video Kini Hadir di Telegram Android & iOS

0 4.398

Dari sekian banyaknya aplikasi messenger atau berkirim pesan yang tersedia untuk smartphone, salah satu pilihan terbaiknya adalah Telegram. Tersedia sejak 2013, Telegram punya banyak fitur yang berikan kemudahan, tidak dimiliki oleh platform messenger lainnya. Salah satunya adalah kemampuan untuk login di lebih dari beberapa perangkat.

Pengguna juga bisa menyimpan file secara unlimited, tanpa perlu backup, restore ataupun memakan ruang di Google Drive. Namun satu fitur yang belum ada di Telegram adalah kemampuan untuk video call, atau melakukan panggilan video. Namun tenang, aplikasi yang digagas oleh sang founder, Pavel Durov ini sudah membawa fitur tersebut sembari merayakan ulang tahunnya yang ke-7.

Ya, dalam sebuah postingan resmi di blog Telegram, layanan berkirim pesan tersebut sedang merayakan anniversary mereka yang ke-7 tahun. Sejak tahun 2013 hingga sekarang, tercatat Telegram sudah memiliki lebih dari 400 juta pengguna, menjadikan aplikasi ini sebagai 10 aplikasi yang paling banyak diunduh.

Baca juga: Bawa Banyak Fitur Baru, Telegram Naikkan Limit Unggah File Hingga 2GB

Telegram Video Call Hadir Penuhi Kebutuhan Pengguna

Telegram video call

Banyak pengguna memakai Telegram untuk tetap terhubung dengan keluarga, sesama pekerja atau pelajar. Yang cukup hebat, Telegram tidak pernah beriklan, sehingga pengguna mengunduh aplikasi ini kebanyakan atas saran maupun rekomendasi pengguna lainnya. Untuk terus mendengarkan kebutuhan penggunanya, mulai kemarin (15/8) Telegram luncurkan fitur video call.

Menurut Telegram, video call adalah sebuah kebutuhan yang sangat penting terutama di tahun 2020. Dalam situasi pandemi dimana masyarakat lebih banyak menghabiskan waktu di rumah, mereka menggunakan metode video call untuk tetap terhubung dengan keluarga di luar sana, agar serasa bertatap muka meski tidak secara fisik. Fitur ini diluncurkan dalam tahap alpha, tersedia baik untuk Android dan iOS.

Cara memulainya juga cukup mudah, hanya perlu mengakses kontak tertentu, dan memilih tombol video, layaknya memulai panggilan telepon di Telegram. Ketika memulai Telegram video call, pengguna bisa secara bebas mematikan atau menyalakan video maupun mikrofon. Panggilan telepon juga bisa diubah langsung ke video tanpa perlu ditutup terlebih dahulu.

Selain itu, pengguna juga bisa memanfaatkan mode picture-in-picture, dimana video lawan bicara dapat dikecilkan sembari kita mengakses persan dari kontak lainnya, memudahkan multitasking. Utamakan keamanan, seluruh panggilannya juga telah terenkripsi. Untuk mengetahuinya, akan ditampilkan empat emoji di atas kanan layar saat sedang menggunakan Telegram video call. Pengguna dapat menyamakan emoji tersebut dengan lawan bicara.

Baca juga: Rekomendasi 6 Aplikasi Edit Video Terbaik untuk Android & iPhone

Selain Telegram Video Call, Juga Ada 25 Animated Emoji Baru

Telegram animated emoji

Kedepannya, Telegram bakal terus mengembangkan fitur ini. Seperti janji yang disampaikan sejak April lalu, fitur group video call bakal hadir di platform ini—Telegram mengatakan setidaknya dalam beberapa bulan mendatang.

Selain fitur video call, Telegram juga perkenalkan 25 emoji bergerak (animated emoji) baru. Jika ingin mencobanya, Gizmo friends cukup mengirim salah satunya tanpa diikuti kata atau huruf. Baik Telegram video call dan animated emoji sudah tersedia di aplikasi versi terbaru, jadi langsung update saja untuk mencobanya ya!