Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Rekomendasi 6 Aplikasi Edit Video Terbaik untuk Android & iPhone

3 4.843

Menemukan aplikasi edit video yang sesuai ekspektasi dibarengi dengan kemampuan gadget memang perlu kesabaran. Tentu saja, hal ini disebabkan banyaknya aplikasi edit video yang kompatibel dengan penggunaan gadget smartphone berbasis iOs dan android.

Ditambah lagi jika bisa diintegrasikan dengan PC, membuat pilihan aplikasi semakin banyak. Tapi ternyata juga membuat semakin bingung, mana yang paling tepat.

Aplikasi edit video tanpa PC

Telkomsel DigiAdsJika dulu tren edit video masih didominasi oleh penggunaan aplikasi berbasis PC, saat ini sudah banyak muncul aplikasi edit video yang berbasis smartphone, dengan program android dan iOs untuk pengguna iPhone.

Hal ini bertujuan untuk memudahkan proses edit video bagi mereka yang menggunakan smartphone sebagai perangkat utama. Perkembangan pekerjaan dan hiburan saat ini memang banyak menghasilkan para vlogger dan reviewer yang berbasis video. Namun jika hanya bekerja dengan menggunakan PC, maka akan lebih ribet, dan pastinya membutuhkan modal yang lebih besar lagi.

Karena itu di muncullah aplikasi edit video yang bisa dijalankan di smartphone, namun dengan menu dan pilihan aplikasi yang lengkap. Cukup untuk mengedit, merender, dan mengunggah video tanpa hambatan. Beberapa menu yang biasanya dihadirkan adalah trim video, atau menu untuk memotong-motong bagian video, lalu input beberapa item seperti teks, lalu audio tambahan, ada juga penambahan filter, coloring,.

Dalam menentukan aplikasi video editing yang tepat, biasanya kamu harus melihat dulu menu dan fitur apa saja yang disediakan di aplikasi tersebut. Perhatikan apa saja yang diberikan pada fitur gratisnya, dan apa saja keunggulan yang diberikan di fitur premiumnya. Ohiya, jangan lupakan mengenai user interface yang ada, pilihlah yang mudah dipahami, atau minimal menyediakan tutorial lengkapnya.

Nah, berikut ini adalah ulasan beberapa jenis aplikasi edit video terbaik, yang dilengkapi dengan menu dan pilihan edit yang lengkap, yang bisa kamu jajal di smartphonemu!

1 Filmora Go

Filmora Go

Aplikasi edit video yang satu ini merupakan besutan dari Wondershare. Sampai saat ini filmoraGo menjadi salah satu aplikasi edit video andalan, yang kerap menjadi pilihan, karena fiturnya yang beragam dan mudah untuk dijalankan.

Oh iya, Filmorago ini juga merupakan aplikasi editing yang tersedia dalam platform pc dan mobile ya. Sama seperti aplikasi video pada umumnya, filmorago juga menawarkan fitur-fitur secara gratis dan juga premium. Namun dengan fitur gratispun kamu sudah bisa menggunakan beragam menu editing.

Misalnya seperti memotong video, memasukkan backsound, lalu menambahkan teks, filter, hingga menentukan rasio dan ukuran video yang akan diunggah. Di aplikasi Filmorago ini kamu bisa menyesuaikan apakah ingin menggunakan rasio yang cocok untuk diunggah ke platform youtube, atau rasio 1:1 yang cocok diunggah ke platform instagram. Bagi kamu yang pemula dalam dunia editing, pengoperasionalan filmorago tidak akan membingungkan kok.

Aplikasi PowerDirector baik untuk perangkat Android maupun iPhone. Untuk versi berbayar, kamu bisa berlangganan dengan pilihan mingguan Rp15 ribu, bulanan Rp44 ribu atau tahunan Rp289.000.

2 PowerDirector

PowerDirector

Aplikasi Aplikasi Edit Video yang kali ini merupakan salah satu yang kerap digunakan oleh para Youtuber. Malahan, tak sedikit youtuber yang merekomendasikan aplikasi ini, sebab memiliki fitur yang lengkap untuk digunakan.

Pada awal penggunaannya, PowerDirector akan menyediakan berbagai fitur yang akan memberikanmu tutorial lengkap, tentang bagaimana cara menggunakan menu-menu yang ada di dalamnya, sehingga tak perlu khawatir kebingungan ya. PowerDirector ini juga memiliki kelebihan lainnya, yaitu memiliki UI yang mirip dengan aplikasi editing di laptop, dan bagi sebagian orang, UI seperti ini memang lebih memudahkan.

PowerDirector memiliki lebih dari 30 transisi dan filter yang bisa kamu gunakan untuk memperindah tampilan videomu. Tapi sayangnya, PowerDirector ini memerlukan fitur premium, jika kamu ingin menghilangkan watermark pada videonya. Harganya adalah Rp415 ribu per tahun jika berlangganan PowerDirector Premium.

Aplikasi PowerDirector baik untuk perangkat Android maupun iPhone.

3 KineMaster

KineMaster

Video keluaran KineMaster Corporation ini merupakan salah satu yang sering diunggulkan, karena fitur-fitur menariknya. Misalnya saja dari fitur kemampuan import foto dan video dari media lain, ditambah dengan penggunaannya yang mudah dan tak ribet.

Selain fitur basic layaknya memotong video, lalu menempel dan menggabungkan beberapa video, lalu menambahkan suara, gambar dan juga teks, KineMaster ini juga dilengkapi dengan fitur yang cocok untuk para gamer, yaitu fitur chroma key, yang bisa memunculkan fitur green screen, yang biasanya digunakan oleh para youtuber yang fokus pada video review game

Kemudahan ini bisa mendukung kamu yang kerap menggunakan efek green screen tanpa harus menggunakan PC untuk mengolah videonya. KineMaster ini juga hadir dengan versi berbayar dan gratis. Untuk berbayar, seperti beberapa aplikasi editing lainnya, fitur berbayar ditandai dengan tidak adanya iklan dan penghilangan watermark saat proses eksport video untuk di share ke social media. Juga pilihan ekspor ke 4K serta berbagai trek, efek, transisi, dan lainnya.

Aplikasi KineMaster tersedia baik untuk perangkat Android maupun iPhone. Untuk versi KineMaster Premium, tarifnya adalah Rp53 ribu per bulan atau Rp329 ribu per tahun.

4 Quik aplikasi edit video

Quik aplikasi edit video

Aplikasi editing yang satu ini biasanya tenar di kalangan pengguna goPro, sebagai salah satu aplikasi yang bisa membuat video otomatis. Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk mentransfer video dan foto secara langsung, dari goPronya.

Tak sampai di sana, video juga bisa kamu lengkapi dengan menggunakan filter dan tambahan teks lainnya, untuk mendukung hasil video yang maksimal. Menu yang tersedia dalam aplikasi editing video Quik ini terbilang sangat simple dan mudah untuk digunakan, walaupun bagi para pemula.

Namun satu kekurangan yang ada pada aplikasi ini adalah keterbatasannya dalam masalah durasi video. Biasanya penggunaan aplikasi editing ini hanya kompatibel bagi video pendek saja, bukan yang berdurasi panjang.

Untuk transfer foto dari GoPro pun kamu bisa melakukannya dengan kapasitas maksimal 50 foto saja. Tapi jangan khawatir ya, walaupun hanya bisa menampung video berdurasi pendek, Quik ini memiliki kemampuan untuk mengekspor video dengan ukuran 720 hingga 1080 lho. Ditambah lagi dengan unduhan gratis, dan absennya iklan di aplikasinya, membuat pengalaman editing menjadi makin asyik.

Aplikasi Quik tersedia baik untuk perangkat Android maupun iPhone dan bisa diunduh secara gratis.

5 InShot

InShot

Mau aplikasi mudah lainnya? Kamu bisa pakai InShot dong. Dengan fitur yang melimpah, rasanya bisa sangat memanjakan kamu dalam proses editing videonya. Bagi para pemula, yang masih menggunakan fitur editing video basic, aplikasi ini menyediakan menu yang sangat mudah untuk dipahami. Tidak kompleks, dan bisa digunakan untuk kebutuhan video singkat maupun yang berdurasi panjang.

InShot sampai saat ini merupakan salah satu aplikasi edit video yang  sangat populer, disebabkan karena banyaknya filter dan menu pilihan yang bisa digunakan. Bahkan menjadi salah satu aplikasi pilihan editor di Google Play.

Dengan InShot, kita bisa membuat video dengan mudah untuk YouTube, TikTok, dan lainnya. Bahkan di aplikasi ini juga disediakan fitur aplikasi edit foto. Sehingga bisa dibilang satu aplikasi sudah menunjang semua. Potong dan gabungkan video dengan efek Giltch, tambah musik, filter, efek transisi, teks, stickers, latar blur, dan lain-lain.

Aplikasi edit video inShot bisa digunakan secara gratis. Namun dengan watermark. Jika ingin fitur yang lebih lengkap, tanpa iklan dan watermark, kamu bisa upgrade ke InShot Pro dengan harga langganan Rp41.000 per bulan atau Rp139.000 / tahun. Alternatif lainnya membeli satu kali selamanya Rp409.000. Aplikasi InShot tersedia baik untuk perangkat Android maupun iPhone.

6 Adobre Premiere Rush

Adobre Premiere Rush

Adobe Premiere Rush merupakan aplikasi pengolahan video yang mirip Adobe Premiere Pro tetapi tools serta fiturnya disederhanakan agar lebih mudah digunakan di perangkat mobile. Adobe mengklaim aplikasi ini cocok untuk para konten kreator atau Youtuber yang kerap mengedit video melalui smartphone mereka.

Aplikasi edit video Premiere Rush memiliki sejumlah fitur-fitur andalan, seperti fitur motion graphics template untuk memberikan variasi transisi pada video, serta kemampuan untuk mensinkronkan audio pada video dengan latar belakang musik.

Asyiknya, ada fitur auto-sync untuk mensinkronkan project video pada aplikasi Premiere Rush. Shingga pengguna bisa melanjutkan mengedit video di platform lain, seperti PC atau iPhone.  Pengguna juga tak perlu khawatir video mereka tidak tersimpan ketika mereka tak sengaja menutup aplikasi karena seluruh project akan tersimpan secara otomatis.

Adobe Premiere Rush tersedia di Google Play Store dan Play Store yang bisa diunduh secara gratis. Namun, untuk versi gratisnya, pengguna hanya bisa menyimpan maksimal hingga tiga video saja. Untuk akses penuh, pengguna bisa berlangganan layanan Adobe Creative Cloud (CC) yang bisa didapatkan dengan banderol 9,99 dollar AS (Rp 145.000) per bulan.

Perlu dicatat pula bahwa untuk versi Android, tidak semua smartphone bisa menginstal aplikasi edit video dari Adobe ini. Adobe membatasi hanya pada beberapa smartphone high-end saja, itupun tidak semua. Seperti di Samsung seri A50 ke atas serta tentu saja seri S dan Note. Kemudian Redmi Note 7 dan yang lebih baru. Google Pixel, OnePlus dan Sony Xperia.


Itulah beberapa pilihan Aplikasi Edit Video yang bisa kamu gunakan di smartphonemu. Sudah siap mencobanya?