Mirip WhatsApp, Aplikasi BiP Kini Hadirkan Fitur ‘Status’

Jakarta, Gizmologi – Awal tahun lalu, saat WhatsApp mengumumkan pembaruan keamanan data, banyak netizen yang menyerukan untuk pindah ke platform lain. Selain Telegram, aplikasi BiP menjadi alternatif yang menarik perhatian. Bahkan berhasil meraih lebih dari 65 juta unduhan dalam waktu singkat.

Sempat lama tak terdengar kabarnya, mungkin karena para pengguna sudah nyaman dengan WhatsApp meski terjadi pembaruan keamanan data, kini aplikasi BiP melakukan pembaruan. Platform chatting besutan operator seluler Turkcell asal Turki tersebut telah meluncurkan fitur ‘status’ untuk aplikasi BiP.

Baca juga: Mengenal Qiscus, Platform Multichannel Chat dengan Fitur Canggih untuk Bisnis

Ataç Tansuğ, Executive Vice President of Digital Services and Solutions Turkcell, menekankan bahwa Turkcell berupaya mendengarkan apa yang diinginkan dan dibutuhkan oleh para pengguna dan kemudian menyesuaikan produk dan layanan mereka. Pihaknya akan terus memperbarui dan meningkatkan kualitas aplikasi BiP dengan mengandalkan masukan dari para pengguna kami.

“Pengguna kami telah lama menginginkan fitur status, jadi kami berupaya untuk mewujudkannya. Selain itu, kami menyempurnakan semua produk dan layanan sesuai dengan persyaratan terbaru dalam hal keamanan dan privasi. Saat ini, kami sedang berinvestasi dalam fitur keamanan baru dan akan memperkenalkan keamanan end-to-end pada akhir tahun ini,” ujar Ataç.

Fitur Status di Aplikasi BiP

Aplikasi BiP Fitur StatusDengan adanya fitur ini, pengguna dapat secara langsung membagikan video, foto, dan menambahkan teks. Selain itu, pengguna juga dapat melihat status pengguna lain dari daftar kontak, saling memberikan komentar, dan mengetahui siapa saja yang telah melihat status mereka. Fitur baru ini juga memungkinkan pengguna BiP untuk berbagi video atau foto secara langsung dari kamera atau diambil dari galeri mereka.

Pada dasarnya, Status di aplikasi messenger bukan hal baru lagi. Karena sebelumnya sudah ada di Snapchat dan makin dipopulerkan oleh WhatsApp. Fitur serupa sangat terkenal di Instagram dengan nama Stories yang hanya muncul selama 24 jam.

Demi keamanan privasi, Turkcell juga telah menyimpan data pengguna BiP di pusat data keamanan khusus yang berlokasi di beberapa daerah di Turki. Sayangnya memang mereka masih terkonsentrasi di negara asal mereka. Tentu akan lebih bagus lagi jika hadir di beberapa negara lain, termasuk Indonesia, yang menjadi target pasar utamanya.

Saat ini, BiP juga telah memiliki sistem konferensi panggilan video dan suara dengan maksimal 10 orang pengguna dengan kualitas high definition. Demikian juga, fitur lainnya pada BiP yaitu instant translation memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan hingga 106 bahasa yang berbeda. Selain itu, BiP juga menyediakan fitur Tombol Darurat yang memungkinkan pengguna untuk berbagi lokasi atau saat mereka terjebak dampak bencana alam.

Seluruh pengguna – terlepas dari operator – dapat menggunakan BiP di mana pun mereka berada. Fitur group import BiP juga memungkinkan pengguna untuk mengirim riwayat obrolan dan group chat dengan cepat dan mudah dari aplikasi pesan lain ke aplikasi BiP. Jika pengguna telah memiliki teman yang menggunakan aplikasi BiP maka secara otomatis pengguna dapat menambahkan anggota grup tanpa perlu mencari dan memilih ulang.

Tinggalkan komen