Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Inilah 5 Kelebihan BiP, Aplikasi Alternatif WhatsApp Asal Turki

0 4.481

Selain Telegram dan Signal, rupanya ada satu aplikasi kirim pesan lainnya yang digunakan masyarakat sebagai alternatif pengganti WhatsApp, yaitu BiP. Seperti yang Gizmo friends ketahui, banyak yang berpindah dari WhatsApp terkait pembaruan keamanan data. Hal tersebut juga terjadi berkat pihak Facebook yang mengkomunikasikannya dengan kurang baik.

Alhasil, warganet mencari aplikasi yang lebih aman dalam hal menjaga obrolan serta data pribadi mereka. Namun yang belakangan cukup marak, terutama di grup WhatsApp warga Indonesia, adalah aplikasi BiP. Aplikasi yang satu ini telah berhasil diunduh lebih dari 65 juta kali. Di mana sekitar 10 juta unduhan dilakukan pasca WhatsApp mengubah kebijakannya.

Lantas apa yang membuat aplikasi milik perusahaan telekomunikasi asal Turki, Turkcell yang satu ini begitu populer? Salah satu alasan utamanya cukup simpel, yaitu karena asal aplikasi tersebut. Dari broadcast message yang sudah tersebar di grup-grup WhatsApp, mereka memilih untuk gunakan aplikasi buatan Turki, yang notabene berasal dari negara Islam.

Baca juga: Takut Pengguna Kabur, WhatsApp Tunda Perubahan Kebijakan Privasi

Lima Keunggulan Aplikasi Kirim Pesan BiP

BiP MessengerBahkan bila cek langsung di kolom komentar Google Play Store, tak sedikit pengguna asal Indonesia yang memberikan komentar serta saran untuk aplikasi BiP. Lalu apa sebenarnya keunggulan yang ditawarkan oleh BiP Messenger? Berikut beberapa poin yang mungkin bisa membuat Gizmo friends berpindah ke BiP.

Fitur Kirim Pesan Lengkap

Hampir sama dengan Telegram, BiP juga dilengkapi fitur agar pesan teks yang dikirim bisa hilang secara otomatis, dengan pengaturan waktu yang sudah diatur sebelumnya. Fitur ini cocok untuk informasi yang pribadi. Dan BiP juga berikan jaminan bila chat yang terjadi sudah dienkripsi end-to-end.

Pengguna juga bisa mengirimkan foto dan video dalam kualitas HD. Untuk personalisasi obrolan, tersedia stiker yang bisa dikirimkan ke pengguna lain. Juga fitur Press and Talk di mana kamu bisa mengirim suara melalui voice note, hanya dengan menahan tombol mikrofon.

Bisa Terjemahkan Chat Secara Otomatis

BiP Messenger

Ingin berkomunikasi dengan teman di luar negeri, atau mereka yang punya bahasa ibu berbeda? BiP bisa dijadikan alternatif terbaik. Pasalnya, aplikasi ini memiliki fitur Instant Translation, hingga 106 bahasa. Bisa terjadi secara otomatis.

Chat atau pesan yang kamu kirimkan, bisa langsung diterjemahkan oleh penerima dan berlaku sebaliknya. Sehingga tak perlu lagi untuk keluar aplikasi, mengakses aplikasi penerjemah terpisah yang bakal membuat obrolan menjadi lebih lama. Tawarkan kepraktisan yang cukup menarik.

Mendukung Panggilan Video HD

BiP Messenger

Fitur panggilan video pada aplikasi kirim pesan BiP juga baru saja ditingkatkan. Kalau WhatsApp maksimal baru 8 orang, BiP sudah bisa mendukung panggilan video dalam sebuah grup hingga 10 partisipan. Fitur yang kini banyak digunakan oleh masyarakat selama pandemi, demi tetap terhubung dengan orang lain meski secara virtual.

BiP tentunya menjadi aplikasi kirim pesan yang memiliki keunggulan cukup menarik pada bagian ini, di mana aplikasi lain seperti Telegram masih baru-baru ini mengembangkan fitur video call mereka. Selain panggilan video, tentunya panggilan suara juga bisa dilakukan dengan koneksi internet.

Bahkan tidak hanya itu, untuk jumlah panggilan video dengan peserta lebih banyak, BiP juga menyediakan aplikasi terpisah yaitu BiP Meet. Sesuai namanya, aplikasi ini mirip dengan Google Meet maupun Zoom Meeting. Tak perlu lakukan registrasi bagi mereka yang ingin join, dan diberikan batas gratis 50 kali panggilan per bulannya.

Bisa Diakses di Mana Saja

Selain dari smartphone Android, BiP juga tersedia di Apple App Store untuk pengguna perangkat iOS, bahkan di Huawei App Gallery. Tentunya juga aplikasi PC, sehingga mereka yang bekerja menggunakan laptop sepanjang jam kerja masih bisa berkomunikasi langsung dengan pengguna BiP lainnya tanpa harus pindah perangkat.

Aplikasi BiP juga bisa mengintegrasikan dua nomor dalam satu aplikasi, sehingga pengguna tak perlu membawa dua smartphone untuk bisa terima pesan dengan pengguna BiP lainnya. Selain itu, aplikasi ini juga bisa gantikan aplikasi SMS bawaan Android, untuk faktor kepraktisan.

Sediakan Permainan dan Channel

BiP Messenger

Serupa dengan Telegram, BiP juga punya fitur Discover di mana ada lebih dari 250 layanan hingga channel yang bisa diakses, untuk permudah kebutuhan sehari-hari. Beberapa di antaranya juga berupa permainan. Lumayan, tak perlu memasang aplikasi lain, demi menghemat memori smartphone.

Selain itu, kamu juga bisa membuat channel sendiri dan menyampaikan pendapat akan hal tertentu ke lebih banyak pengguna BiP lainnya, termasuk mereka yang belum kamu kenal.

Masih ada beberapa fitur lainnya yang juga tak kalah menarik seperti personalisasi tampilan aplikasi, mode malam dan lainnya. Namun menurut kami, lima poin di atas adalah fitur utama yang BiP tawarkan, sebagai bahan pertimbangan untuk berpindah dari WhatsApp. Dari semuanya, mana yang paling menarik buat Gizmo friends?