Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

LG K31, Smartphone Kelas Entri dengan Sertifikasi Militer

0 3.922

Pabrikan elektronik asal Korea Selatan yang satu ini nampaknya masih melihat kesempatan untuk memenangkan pasar smartphone kelas bawah atau low-end. Setelah tidak merilis flagship dan memperkenalkan LG Velvet, kali ini LG perkenalkan smartphone murah yang, secara spesifikasi, sangat standar atau bahkan kurang untuk standar tahun 2020.

Kali ini, LG memperkenalkan sebuah smartphone berdimensi kompak yang memiliki spesifikasi pas-pasan. LG K31 dirilis untuk pasar Amerika Serikat. Sementara untuk negara asalnya, smartphone ini bakal dirilis dengan nama LG Q31. Dari skema warna serta tampilan belakangnya, sedikit terlihat mirip LG G5, flagship rilisan 2016 lalu.

Baca juga: LG Velvet Diperkenalkan, Dukung 5G & Sertifikasi MIL-STD 810G

Spesifikasi LG K31

Layar LG K31

Menjadi kelas entri, materialnya tentu saja dibuat dari plastik. Tampilan depannya belum gunakan desain kamera punch-hole, melainkan masih berbentuk notch untuk meletakkan kamera depannya. Bezel bawahnya pun terlihat signifikan lebih tebal dari tiga sisi lainnya. Sementara untuk sistem keamanan, terdapat sensor sidik jari di bodi belakangnya.

Jika smartphone kebanyakan miliki layar lebih besar dari 6 inci, LG K31 hadir dengan panel 5,7 inci, cocok untuk penggunaan satu tangan. Resolusinya tentu masih HD+, dengan aspek rasio 18.9:9. Namun LG berikan perlindungan ekstra yaitu Panda King Glass.

Untuk urusan dapur pacu, LG K31 menggunakan chipset MediaTek Helio P22, sama dengan yang digunakan oleh Xiaomi Redmi 6, dirilis 2018 lalu. Chipset tersebut dipasangkan dengan RAM 2GB serta memori internal 32GB. Jika dirasa kurang, kapasitas memorinya masih bisa ditambah lewat slot kartu microSD.

Untuk mengabadikan momen, kamera belakangnya memiliki dua sensor. Sensor utamanya punya resolusi 13MP f/1.8 dan sudah didukung oleh PDAF, serta sensor 5MP ultra wide-angle dengan sudut pandang 120 derajat. Kamera depannya juga miliki sensor 5MP. Meski tidak ada depth sensor khusus, LG K31 tetap dapat mengambil foto dalam mode potret.

Smartphone ini telah menjalankan sistem operasi Android 10 dengan tampilan antarmuka LG UX. Kapasitas baterainya sangat standar di 3.000 mAh, ditambah port yang sudah cukup berumur yaitu microUSB. Yah, setidaknya dimensi layar tidak terlalu besar, sehingga tidak terlalu membenani kapasitas baterainya yang kecil.

Sama seperti smartphone baru LG serta Nokia yang dirilis belakangan, LG K31 juga dilengkapi sebuah tombol khusus di sisi kirinya. Adalah tombol pintasan untuk Google Assistant, agar dapat berikan pintah suara tanpa perlu mengakses layar. Yang cukup spesial, seperti seri flagship-nya, LG K31 juga mengantongi sertifikasi ketahanan MIL-STD 810G agar lebih tahan banting.

Harga LG K31

Kamera LG K31

Lalu berapa harga yang ditawarkan untuk sebuah smartphone kelas entri dari LG yang satu ini? LG K31 dibanderol USD150 atau sekitar Rp2,2 juta di Amerika Serikat. Varian warnanya hanya satu yaitu silver, dan sudah tersedia di situs resmi LG.

Untuk sebuah smartphone dengan RAM 2GB serta spesifikasi lain cukup ngepas, tentunya bakal kalah dengan penawaran lainnya pada segmen yang sama. Sebut saja Redmi 9A atau realme C11 yang tawarkan kapasitas baterai jauh lebih besar. Maka tak heran jika LG tidak bisa melanjutkan lini ponselnya di Indonesia.