Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

LG Velvet Diperkenalkan, Dukung 5G & Sertifikasi MIL-STD 810G

1 2.194

Setelah pengenalan nama baru, sketsa resmi dan spesifikasi prosesor, tiba saatnya LG untuk memperkenalkan LG Velvet secara resmi. Seri terbaru dari pabrikan elektronik asal Korea Selatan tersebut tak menggunakan penamaan huruf dan angka seperti seri-seri sebelumnya. Desainnya pun dibuat baru seutuhnya, meski kalau dilihat-lihat, mengingatkan pada seri LG Chocolate atau L-series beberapa tahun silam.

Smartphone ini diperkenalkan secara resmi lewat sebuah rilis di Korea. Kabarnya, LG Velvet akan diumumkan secara global pada bulan ini. Meski begitu, kini spesifikasi lengkapnya sudah bisa diketahui. Mengantongi standar militer serta dukungan aksesori dua layar.

Baca juga: LG Folder 2, Ponsel Lipat Klasik dengan Koneksi 4G

Spesifikasi LG Velvet

LG Velvet

Baik sisi depan dan belakang, kacanya dibuat sedikit melengkung dengan desain “3D Arc”, yang juga mulai banyak diadopsi oleh smartphone lainnya. Yang cukup unik adalah desain kamera waterdrop yang tidak mencolok. Peletakan kamera dibuat berurutan sesuai ukuran, dengan dua kamera dan flash di bawah menyatu rata dengan kaca.

LG menggunakan desain simetris pada bagian depan dan belakang LG Velvet. Di sisi depan, terdapat layar besar 6,8 inci OLED dengan resolusi full HD+, dengan aspek rasio sangat tinggi di 20,5:9. LG menyebutnya Cinema FullVision display, dengan notch berbentuk huruf U di atasnya.

Meski desainnya terlihat sangat cantik serta elegan, LG Velvet mengantongi sertifikasi IP68 untuk ketahanan air, serta MIL-STD 810G alias tahan guncangan, jatuh dan kondisi lingkungan ekstrim. Ponsel kelas menengah ke atas LG memang sudah umum memiliki sertifikasi serupa, dimulai dari era LG G6.

Dengan desain kamera minimalis, LG memutuskan untuk hanya menyematkan tiga sensor kamera pada bodi belakang LG Velvet. Kamera utamanya beresolusi 48MP ber-OIS dan mendukung teknologi pixel-binning, sementara dua kamera lainnya adalah kamera ultra wide-angle 8MP serta depth sensor. Untuk perekaman video, LG Velvet bawa fitur “Voice Out Focus” yang dapat menghapus background noise saat merekam video di tengah keramaian. Sementara kamera depannya beresolusi 16MP.

Sudah mendukung 5G, LG Velvet menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 765G, sama seperti Mi 10 Lite dan Nokia 8.3 5G. Chipset tersebut ditemani RAM 8GB serta penyimpanan internal 128GB. Dengan baterai berkapasitas 4.300 mAh, smartphone ini sudah mendukung wireless charging maupun fast charging, meski LG tidak secara spesifik menyebut kecepatan isi dayanya.

Baca juga: Nokia 8.3 5G, Smartphone Global 5G dengan Kamera Zeiss

Serta menjadi ciri khas smartphone baru LG, Velvet juga akan mendukung aksesori khusus, LG Dual Screen layaknya seri V. Tak hanya itu, layar utamanya juga mendukung pen input dari Wacom. Aplikasi bernama Nebo disiapkan untuk mengubah catatan tulis menjadi dokumen digital. Kedua aksesoris ini dijual terpisah, alias tidak ada dalam paket pembelian.

Harga LG Velvet

Aksesori LG Velvet

LG Velvet akan hadir dalam empat varian warna; Aurora White, Aurora Gray, Aurora Green dan Illusion Sunset. Di Korea Selatan, smartphone ini bakal mulai dijual pada 15 Mei 2020 mendatang. LG mengatakan bahwa smartphone ini akan menjadi “mass market flagship”, atau bisa dikatakan, flagship untuk semua orang.

Hal tersebut mungkin saja tercapai apabila harga jualnya terjangkau, seperti flagship rilisan Xiaomi maupun realme. Namun harga yang dipatok adalah 899,800 Korean won atau setara Rp11 juta. Harga tersebut terasa cukup mahal, apabila dibandingkan dengan flagship lain seperti OnePlus 8 atau seri terjangkau lainnya seperti realme X50 5G & Xiaomi Mi 10 Lite. Selain mahal, urungkan harapan untuk menunggu kehadirannya secara resmi di Indonesia ya.