Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

LG Folder 2, Ponsel Lipat Klasik dengan Koneksi 4G

0 1.458

Lupakan Samsung Galaxy Fold maupun Galaxy Flip jika bujet kamu pas-pasan. Meski canggih dan futuristis, tetapi untuk meminangnya perlu merogoh kocek yang tidak sedikit. Jika memang yang diincar adalah ponsel lipat, tak ada salahnya melirik LG Folder 2.

Baik Fold maupun Folder 2 sama-sama buatan produsen ponsel asal Korea Selatan. Hanya beda nasib saja yang bagai bumit dan langit. Jika Samsung bersinar dengan produk-produknya yang laris, sebaliknya dengan LG yang masa depan ponselnya suram di Indonesia.

Setidaknya, di negeri asalnya sana LG masih laku dan rutin merilis produk baru, termasuk salah satunya LG Folder 2. Ponsel ini merupakan lanjutan dari LG Folder seri pertama yang sudah diperkenalkan pada tahun 2018 lalu.

Bukan, ponsel ini bukan ponsel lipat sekelas Samsung Galaxy Z Flip maupun Motorola RAZR, melainkan lebih ke ponsel lipat tradisional. LG merilis Folder 2 untuk berbagai macam generasi, termasuk golongan senior, maupun muda yang menginginkan ponsel dengan fitur sederhana.

Spesifikasi LG Folder 2

SOS button LG Folder 2
LG Folder 2 dilengkapi tombol SOS yang bisa dimanfaatkan dalam kondisi darurat.

Sisi luar dari LG Folder 2 memiliki desain yang cenderung simpel, dengan material plastik doff. Di bagian depan, LG memberikan layar hitam putih 0,9 inci untuk menampilkan jam serta notifikasi, sementara di bagian belakang terdapat kamera 2 Megapiksel serta sebuah tombol khusus.

Tombol tersebut merupakan tombol SOS, ditujukan agar bisa memudahkan saat pengguna sedang dalam keadaan gawat. Dengan menekan tombol tersebut tiga kali secara cepat, LG Folder 2 akan langsung menelepon nomor tertentu yang sudah ditentukan, serta mengirim informasi lokasi otomatis lewat pesan teks.

Baca juga: Nostalgia Ponsel XpressMusic dengan Nokia 5310 (2020)!

Saat dibuka, kita akan disambut dengan layar 2,8 inci beresolusi QVGA LCD konvensional, dilengkapi tombol navigasi serta papan ketik alfanumerik (T9) di bagian bawahnya. Papan tombol tersebut didesain cukup besar dengan permukaan yang tersambung. Siapa nih yang dulu bisa ketik-ketik SMS dengan papan tombol seperti ini tanpa perlu melihat?

LG menyematkan sebuah tombol khusus untuk akses layanan suara AI pada Folder 2. Layanan perintah suara tersebut dapat digunakan untuk menanyakan cuaca, perhitungan sederhana dan semacamnya, serupa dengan Google Asssitant, hanya dalam bentuk lebih simpel. Ponsel ini sudah mendukung jaringan 4G, dengan dukungan Bluetooth 4.1, GPS dan WiFi 802.11 b/g/n.

Meski terkesan tradisional, LG Folder 2 memakai chipset Qualcomm Snapdragon 210 quad-core 1.1GHz, dengan GPU Adreno 304 dan RAM 1GB. Penyimpanan internalnya 8GB dan bisa ditambah kartu microSD hingga 32GB. LG sendiri tidak menyebutkan sistem operasi yang digunakan pada ponsel ini, tapi melihat dari spesifikasinya, kemungkinan LG Folder 2 menjalankan Android versi sederhana.

Kapasitas baterainya 1.470 mAh, terkesan sangat kecil namun perlu diingat, layar LG Folder 2 jauh lebih kecil dari smartphone Android yang ada saat ini. LG juga berhasil menurunkan bobot ponsel ini menjadi 127 gram saja.

Harga LG Folder 2

LG Folder 2

LG akan merilis ponsel lipat ini mulai 17 April mendatang untuk wilayah Korea Selatan. LG Folder 2 bakal hadir dalam dua opsi warna (Platinum Grey, White), dan dijual seharga 198.000 won atau setara Rp2,5 jutaan.

Harga tersebut tentunya dirasa cukup mahal, apalagi jika dibandingkan dengan ponsel lain sekelasnya, seperti Nokia 2720 Flip. Ponsel lipat rilisan HMD tersebut menjalankan KaiOS, dengan fitur yang lebih kaya serta sensasi nostalgia Nokia lawas, ditawarkan dengan harga yang jauh lebih murah di Rp1,3 jutaan.

Apakah akan hadir di Indonesia? Tidak usah terlalu berharap. Karena LG sedang tiarap tidak menjual ponselnya di Indonesia. Mereka saat ini mengandalkan segmen produk elektroniknya. Begitupun dengan HMD yang adem-ayem saja tidak berani melakukan gebrakan di Indonesia. Padahal mereka punya modal dasar nama besar Nokia.