alexa

Sony Xperia 10 III Lite Mendukung eSIM, Gunakan Cip Snapdragon 690

Jepang, Gizmologi – Sempat menjadi salah satu pemain paling dominan di pasar smartphone Tanah Air, kini keberadaan Sony Xperia memang sudah nihil. Setidaknya secara resmi, alias bila ingin membeli seri terbaru, harus dari luar negeri. Contohnya seperti Xperia 10 III Lite yang baru saja diluncurkan.

Kehadiran smartphone Xperia seri terjangkau ini memang tidak digembar-gemborkan, bahkan tanpa acara peluncuran khusus. Pasalnya, sesuai dengan namanya, ini adalah versi lain dari Xperia 10 III saja, lebih dulu hadir beberapa bulan lalu. Tak banyak perbedaan di antara keduanya, tampil dengan desain sama persis hingga opsi varian warna cukup banyak.

Baca juga: Sony ZV-E10 Dirilis, Kamera Mirrorless Khusus Vlogger & Streamer

Dari dulu hingga sekarang, Sony masih tetap gunakan bahasa desain yang sama, yaitu dengan sudut tegas mengotak “OmniBalance”, alias bila dilihat dari berbagai sisi, semuanya terlihat seimbang. Juga sama seperti seri flagship-nya yang dibuat flat, tak seperti kompetitor yang berlomba-lomba hadirkan layar 3D curved, misalnya.

Berikan alternatif lebih terjangkau pada penggunanya, Sony Xperia 10 III Lite tetap memiliki tiga sensor kamera pada bodi belakangnya. Terlihat clean, sensor sidik jari sudah disematkan bersama dengan tombol power. Hadir dalam empat warna menarik; Black, White, Pink dan Blue.

Dua Perbedaan Spesifikasi Xperia 10 III Lite

Sony Xperia 10 III Lite

Lantas mengapa smartphone Xperia terbaru ini menyandang imbuhan nama “Lite”? Hal tersebut dikarenakan kapasitas penyimpanannya yang diturunkan. Bila seri sebelumnya hadir dengan memori internal cukup lega di 128GB, Xperia 10 III Lite memangkas hingga setengah dari kapasitas, alias hanya 64GB saja. Sementara kapasitas RAM masih sama di 6GB.

Satu perbedaan lain adalah kemampuannya untuk menggunakan eSIM. Alih-alih menggunakan dua kartu nano SIM fisik, eSIM memungkinkan konsumen untuk mendaftarkan perangkatnya ke operator, diberikan nomor sekunder tanpa kartu fisik sama sekali. Tingkatkan kepraktisan, meski di Indonesia belum banyak operator yang mendukung sistem tersebut.

Sony Xperia 10 III Lite

Spesifikasi lainnya masih dibuat sama persis. Dimensi layar yang ada di depan cukup unik, berukuran 6 inci dengan rasio sangat lebar 21:9. Rasio ini lebih cocok untuk menonton film layar lebar, serta multitasking dengan pembagian layar kotak 50:50.

Resolusinya sendiri mencapai full HD+, dan sudah mendukung konten HDR. Sementara untuk performanya, digunakan chipset dari Qualcomm yaitu Snapdragon 690, tergolong baru dan sudah efisien daya. Karena rilis di negara pengguna mayoritas pembayaran non-tunai, bodi belakangnya dilengkapi logo penanda hadirnya sensor NFC.

Xperia 10 III Lite Tetap Dirancang Tahan Air

Sony Xperia 10 III Lite

Dan walaupun diluncurkan sebagai smartphone kelas menengah, Xperia 10 III Lite dilengkapi tiga setup kamera menarik. Selain sensor utama yang beresolusi 12MP, kedua sensor lainnya bukan sekadar sensor 2MP. Namun 8MP ultra wide-angle dan 8MP telephoto yang berikan pembesaran optik hingga 2x. Sensor jenis tersebut masih jarang ditemukan kalau tidak pada seri flagship.

Dan seperti Xperia terbaiknya, Xperia 10 III Lite juga tetap mengantongi sertifikasi tahan air dan debu IP68, sehingga pengguna tak perlu khawatir apabila terkena air bersih. Kapasitas baterainya sendiri mencapai 4,500 mAh, sudah mendukung 30W fast charging.

Bila Gizmo friends tertarik dengan smartphone Sony terbaru satu ini, sayangnya harus berusaha ekstra lebih. Pasalnya, Xperia 10 III Lite hanya diluncurkan di Jepang saja, dengan dua dari empat warna khusus untuk operator Rakuten.

Harganya? JPY46,800, atau bila dikonversikan mencapai Rp6 jutaan. Penjualan perdananya sendiri bakal dimulai pada akhir Agustus mendatang. Akankah Sony kembali hadirkan smartphone Xperia di masa mendatang? Kita nantikan saja ya.

Tinggalkan komen