Wajib Tahu! 5 Peningkatan yang Dibawa Smartphone Kece OPPO A16

Jakarta, Gizmologi – Tanpa acara peluncuran yang bombastis, OPPO Indonesia memutuskan untuk perbarui seri smartphone kelas entrinya untuk gantikan perangkat rilisan akhir tahun 2020. Tetap membawa DNA yang diturunkan dari sang flagship, OPPO A16 hadir dengan tetap mengunggulkan desain. Tanpa mengesampingkan performa dan kualitas performa tentunya.

Perjalanan OPPO dalam mengembangkan lini entry level-nya sendiri sangat terlihat, terutama pada perangkat yang hadir mulai tahun lalu. Dari OPPO A15 misalnya, konsumen sudah bisa merasakan bagaimana memiliki smartphone yang punya desain kece, tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam. Bobotnya ringan, tipis sampai desain kamera kekinian. Ditambah opsi warna yang tak kalah premium.

Baca juga: OPPO A16 Diresmikan, Tampil Lebih Stylish dengan Baterai Besar

Berdekatan dengan peluncuran OPPO Reno6, OPPO A16 juga sudah mulai dijual secara resmi di Tanah Air. Harganya? Rp1,999 juta, dan bisa dibeli lewat berbagai kanal luring maupun daring. Di situs e-dagang kenamaan, OPPO Store hingga toko ritel dan layanan purnajual OPPO yang tersebar di seluruh Indonesia.

Punya banderol harga sedikit lebih mahal dari OPPO A15, apa saja fitur menarik yang baru hadir dan ditingkatkan pada OPPO A16? Berikut 5 poin menarik yang perlu Gizmo friends ketahui.

Desain OPPO A16 Lebih Stylish

Kalau seri sebelumnya sudah tampil kece, tentunya seri terbaru harus melampaui seri lama dong. Dalam hal ini, OPPO A16 tampil kinclong dengan opsi warna baru, dan dalam waktu bersamaan terlihat lebih clean serta modern. Hadir dalam opsi Space Silver & Crystal Black, lapisan matte pada bodi belakang membuatnya bebas kotor serta tahan gores.

Desain modul kameranya juga diubah, dengan tiga sensor kamera sejajar mirip OPPO Reno series. Terlihat lebih clean? Ya, karena sensor sidik jarinya kini dipindahkan ke sisi samping, menyatu dengan tombol power. Selain membuat bodi belakang terlihat menawan, membuka layar smartphone jadi terasa lebih natural setelah menekan tombol kunci tersebut.

Dengan lengkungan tiga dimensi pada sisi kiri & kanan, OPPO A16 punya ketebalan 8,4mm dengan bobot 190 gram. Ya, sedikit lebih tebal dan berat dari OPPO A15, namun dengan alasan yang sangat tepat.

Baterai Besar 5,000 mAh

OPPO A16

Kalau OPPO A15 saja sudah tergolong irit meski baterainya berukuran standar, maka di OPPO A16, durasi pemakaiannya ditingkatkan cukup jauh lebih lama. Kapasitasnya kini mencapai 5,000 mAh, cocok untuk menemani penggunanya yang lebih intens gunakan smartphone selama pandemi.

OPPO sendiri mengklaim bila baterai besar pada OPPO A16 sanggup digunakan untuk nonton video di YouTube seharian penuh, sampai 21 jam. Dan bila baterai tersisa 5% saja, tak perlu khawatir. Ada Super Power Saving Mode yang bisa diaktifkan, untuk lakukan panggilan telepon sampai hampir 2 jam.

Ketika sudah larut malam, kamu juga tak perlu takut akan kehabisan baterai di pagi hari walaupun baterai hampir habis. Mode Super Nighttime Standby otomatis alokasikan aplikasi dan prosesor, sehingga konsumsinya hanya sekitar 1,2% saja semalaman.

Konektor USB-C yang Lebih Modern

OPPO A16

Ya, akhirnya smartphone terjangkau OPPO yang rilis pada pertengahan 2021 ini sudah gunakan mode konektivitas modern. Bila generasi sebelumnya masih pakai micro-USB, kali ini A16 sudah menggunakan interface USB-C. Sama-sama mendukung mode USB on-the-go.

Penggunaan port USB-C membuat konsumen tak perlu bawa dua kabel ketika memiliki seri yang lebih premium seperti OPPO Find X3 Pro 5G. Dikombinasikan dengan teknologi AI, mengisi daya lewat port ini semalaman juga bakal tetap aman dan dingin, berkat fitur AI Optimized Night Charging bebas overcharge.

Performa Lebih Kencang

OPPO A16 kini dipersenjatai dengan chipset Helio G35 12nm dari MediaTek. Cip ini dirancang untuk kemampuan gaming mumpuni pada entry-level, dengan CPU octa-core maks 2.3GHz Cortex-A53 dan GPU PowerVR GE8320 680MHz. Di atas kertas, sejatinya memang identik dengan Helio P35 milik A15.

Namun ada beberapa faktor yang membuat smartphone terbaru OPPO ini lebih kencang. Rilis lebih anyar, Helio G35 punya teknologi HyperEngine, secara pintar alokasikan daya CPU & GPU untuk berikan performa & visual lebih baik. Plus, kemampuan transisi antar konektivitas Wi-Fi & 4G LTE lebih singkat, demi kelancaran bermain gim daring.

Sudah Menjalankan ColorOS 11.1

OPPO A16

Namanya juga rilisan baru, wajar saja bila tampilan antarmuka dan versi Android-nya juga ditingkatkan. OPPO A16 sudah jalankan ColorOS 11.1 berbasis Android 11, alias sudah dibuat sama seperti OPPO Reno6. Tentunya bakal lebih kaya fitur, lengkap dengan optimalisasi performa.

Adanya fitur seperti Game Assistant dan System Booster diklaim dapat mengurangi lag sampai 18%. Dan fitur lainnya seperti Flex Drop untuk jalankan aplikasi lain dalam jendela kecil, serta Black Screen Mode untuk matikan layar sembari tetap memutar video dari YouTube dan platform streaming lainnya.

Tinggalkan komen