Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Gak Perlu Powerbank Lagi, Ini Daftar Smartphone Baterai Jumbo Mulai Dari 1 Jutaan!

Smartphone telah menjadi kebutuhan primer. Terlebih masa pandemi di mana berbagai aktivitas membutuhkan gawai mumpuni untuk mendukung bekerja dan belajar. Kini kriteria konsumen saat memilih smartphone semakin bervariasi. Tidak lagi melulu prosesor dan kamera, tetapi juga smartphone baterai besar dan memori yang mencukupi.

Smartphone baterai besar dibutuhkan agar bisa digunakan berlama-lama saat beraktivitas tanpa harus mengisi daya. Rasanya pasti menyebalkan kalau lagi meeting atau belajar online lewat smartphone, bermain game, atau update konten terus tiba-tiba baterainya lowbat. Terlebih jika sedang di luar rumah, tidak membawa powerbank, dan sulit menemukan stand charging. Tentu bakal mati gaya.

Sebelumnya, masalah ketahanan baterai kerap kali dijumpai pada smartphone yang memiliki segudang fitur dan bisa menguras persenan baterai dalam hitungan jam. Namun, sekarang industri smartphone sudah cukup memperhatikan aspek daya tahan baterai agar penggunanya bisa melakukan kegiatan dengan lancar.

Tren Smartphone Baterai Besar

Inovasi telah menentukan pasar ponsel cerdas selama bertahun-tahun. Ini adalah area di mana peningkatan yang mudah dipahami sedang berlangsung. Mengikuti mantra “lebih banyak, lebih baik”, fitur-fitur smartphone terus menawarkan kemampuan yang lebih banyak dan lebih baik. Setidaknya ada tiga area di mana hal besar disukai konsumen yaitu layar besar, memori besar, dan baterai besar.

Lembaga riset pasar Gfk dalam laporannya pada November 2002 menyebut setengah dari konsumen menunjukkan masa pakai baterai sebagai salah satu fitur terpenting saat membeli smartphone baru. Kecepatan kinerja dan masa pakai baterai juga penting terutama saat digunakan untuk bermain game. Pada akhirnya, manfaat dari fitur harus diubah menjadi pengalaman yang kaya, yang diharapkan dan dihargai konsumen saat menggunakan ponsel cerdas.

Hal ini dibuktikan lewat rilisnya smartphone baterai besar dengan kapasitas jumbo dari brand-brand ternama dan harganya pun bervariasi. Bahkan di rentang harga Rp 1 jutaan saja, kita bisa mendapatkan smartphone baterai besar berkualitas. Apa aja itu? Yuk simak rekomendasinya di bawah ini.

1 Infinix Hot 10 Play

Infinix Hot 10 Play

Infinix 10 Play menjadi salah satu smartphone yang paling ditunggu-tunggu dan diminati berbagai kalangan, terutama milenial. Pada penjualan perdana dalam bentuk flash sale 11 Februari 2021 pukul 11.00 WIB di Lazada membuat, produk ini bahkan sold out.

Infinix membekali ponsel teranyarnya ini dengan baterai jumbo 6000mAh. Diperkuat pula dengan Power Marathon Technology, membuat smartphone baterai besar ini dapat bertahan selama 55 hari dalam keadaan Standby, 155 jam mendengarkan musik, 53 jam panggilan dan 13 jam bermain game. Hal itulah yang kemudian Infinxi menyebut seri Hot 10 Play ini sebagai Power Bank Killer.

Selain baterai, fitur lainnya yang menjadi andalan adalah kekuatan chip Helio G25 dan layar sinematik 6,82 inch. Hal ini untuk memastikan pengalaman pemutaran maupun perekaman video serta mobile gaming lancar dan beresolusi tinggi. Selanjutnya untuk urusan foto dan video, spesifikasi Infinix Hot 10 Play punya kamera depan AI 8MP dan kamera belakang ganda 13MP. Layarnya sendiri berukuran 6.82″ HD+ dengan rasio 20,5:9 yang sinematik.

Di Indonesia, Infinix Hot 10 Play dijual dengan harga flash sale Rp 1,2 juta dan harga normal Rp1,4 juta.

2 Redmi 9T

Redmi 9T

Xiaomi Redmi 9T adalah keluarga terbaru dari Redmi 9 series, dan hadir sebagai opsi pilihan yang lebih premium. Smartphone ini layarnya 6,53″ dengan chipset Snapdragon 662 octa-core. Smartphone ini memiliki kamera utama 48MP, sensor ultra wide 8MP, dan dua sensor 2MP untuk potret dan makro.

Kapasitas baterai yang ditawarkan adalah 6,000 mAh mendukung fast charging 18 watt dan pakai port USB-C.  Ada dua opsi memori yang disediakan, yaitu 4/64GB dan 6/128GB. Konsumen bisa mendapatkan Redmi 9T dengan harga masing-masing mulai dari Rp1,899 juta & Rp2,299 juta.

3 realme c12

realme c12

Smartphone dari realme ini hadir dalam dua opsi warna, yaitu Coral Red serta Marine Blue dengan layar 6,5 inci. Chipsetnya MediaTek Helio G35 dengan memori RAM 3GB serta storage 32GB. realme C12 memiliki tiga sensor kamera utama yaitu 13MP + 2 MP makro + 2 MP mono.

Kapasitas baterai 6.000 mAh di realme C12 diklaim dapat digunakan dalam mode siaga sampai 57 hari. Ponsel entry level dari realme ini dipasarkan dengan harga Rp1,899 juta

4 vivo Y12s

vivo Y12s

Smartphone ini hadir dalam desain yang lebih modern dan terlihat identik dengan beberapa seri terbaru lainnya, yakni miliki desain kamera yang cukup cerdas. Layarnya sendiri tergolong besar yakni 6,51 inci. Ponsel ini punya sensor utama 13MP f/1.8 ditambah dengan depth sensor 2MP f/2.4. Di depan, disediakan kamera 8MP untuk kebutuhan swafoto.

Kapasitas baterai besar 5,000 mAh hadir tanpa dukungan fast charging dengan port lawas yaitu micro USB. Sementara untuk konektivitas lainnya, masih disertakan jack audio 3,5mm. Vivo Y12s dipasarkan dengan harga Rp1,999 juta.

5 Samsung Galaxy A02

Samsung Galaxy A02

Samsung pun ikut bermain di kelas entry level dengan produk terbarunya Galaxy A02. Smartphone baterai besar ini memiliki layar besar 6,5 inci HD+ PLS Infinity-V Display. Samsung Galaxy A02 merupakan smartphone yang pas buat mengakses medsos, menyimpan ribuan foto selfie, dan menikmati hiburan dengan layar besar dan teknologi suara Dolby Atmos.

Untuk produksi konten, Galaxy A02 memiliki kamera utama 13MP dan kamera macro 2MP. Kapasitas memorinya adalah RAM 3GB dengan storage 32GB yang dapat ditambah dengan microSD hingga kapasitas 1TB. Dibekali baterai berkapasitas 5.000 mAh, smartphone ini dipasarkan dengan harga Rp1.499.000.

6 Infinix Hot 9 Play

Infinix Hot 9 Play
Infinix Hot 9 Play

Pada saat rilisnya di awal 2019 silam, Infinix HOT 9 Play juga menarik perhatian masyarakat layaknya suksesornya HOT 10 Play yang saat ini baru saja diluncurkan.

Bagaimana tidak, saat itu Infinix Hot 9 Play merupakan satu-satunya smartphone low-end dengan baterai 6000mAh dibanding kompetitor di kelasnya.  Meluncur dengan harga murah di kelas entry, Infinix Hot 9 Play mengusung layar berukuran 6.82 Inch Cinematic Display dengan rasio 20.5:9 untuk tampilan yang terasa lebih nyata.

Di official store Lazada, smartphone ini hadir dengan 3 varian yaitu 2/32GB dengan harga Rp1.279.000, 3/64GB dengan harga Rp1.409.000, dan 4/64GB dengan harga Rp1.509.000.

Tunjukkan Komen (1)