Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Google Duo Kini Tersedia di Android TV, Ini Cara Menggunakannya

0 341

Selama pandemi berlangsung, masyarakat tentu lebih sering memilih untuk berkomunikasi melalui panggilan video. Berbagai aplikasi media sosial berikan peningkatan khusus untuk fitur ini. Telegram membawa dukungan video call, WhatsApp hingga 8 orang, sampai Google Duo yang kini sanggup digunakan untuk menelepon sampai 32 orang.

Lalu bagaimana bila Gizmo friends ingin melakukan panggilan melalui layar TV? Sayang aja, kan, di rumah ada layar besar tapi tidak dipergunakan? Nah, kabar baiknya, Google Duo kini tersedia untuk Android TV, sudah tersedia di Google Play Store (Android TV) dan bisa dipasang sekarang juga. Namun aplikasi ini masih jauh dari fungsional.

Sebelumnya, pada 27 Agustus 2020, Google melalui blog resminya telah mengumumkan jika panggilan lewat Google Meet dapat di-cast ke smart TV maupun smart display. Di waktu yang sama, dikabarkan jika Google Duo untuk Android TV bakal tersedia dalam versi beta beberapa minggu kemudian. Setelah kurang lebih dua minggu, pengguna Android TV sudah bisa menjajalnya.

Cara Install Google Duo di Android TV

Google Duo Android TV

Ingin mencoba Google Duo di Android TV? Gizmo friends bisa langsung akses Google Play Store baik dari Android TV maupun set top box seperti Mi Box atau Mi Stick. Cari Google Duo, kemudian install. Saat tulisan ini dibuat, versi awal Google Duo tidak langsung muncul di tampilan daftar aplikasi.

Cara untuk mengaksesnya ada dua. Cara pertama, Gizmo friends bisa mengakses menu Settings – Apps, lalu aplikasi Duo bisa ditemukan di sana. Cara lainnya adalah dengan meng-install aplikasi “Sideload Launcher” dari Google Play Store, dan mengakses Google Duo dari aplikasi tersebut.

Google Duo Android TV
Mengakses aplikasi Google Duo dari daftar aplikasi yang terpasang di menu Settings. (Sumber: Android Police)

Dari kedua cara yang ada di atas, di Android TV yang saya coba (TCL 32A5), hanya cara kedua yang bisa digunakan. Dan ketika dibuka, ada notifikasi untuk akses kamera dan gagal. Dikutip dari XDA Developers, fitur tersebut tersedia untuk Android TV berkamera, atau bisa juga menggunakan USB camera.

Batasan Google Duo Versi Beta di Android TV

Google Duo Android TV
(Sumber: Android Police)

Tanpa kamera, Google Duo di Android TV masih bisa digunakan untuk melakukan panggilan suara atau voice call. Suara tentunya akan keluar dari speaker TV, sementara untuk ngobrol, kita bisa mendekatkan sumber suara ke mikrofon yang ada di smart remote. Tentu kelancaran fitur ini akan sangat berbeda di setiap perangkat—di TCL 32A5, suara saya terdengar sangat jauh meski sudah dekat dengan mikrofon.

Dan meski sudah terpasang di smart TV, Google Duo tidak bisa digunakan untuk menerima panggilan ketika aplikasi tidak sedang dijalankan. Mungkin memang sengaja dibuat seperti itu, ya, supaya tidak mengganggu tontonan atau konten yang sedang kita akses.

Lagi-lagi, yang perlu diingat adalah ini baru langkah awal kehadiran Google Duo di Android TV. Setidaknya ada cara native selain melakukan panggilan dari smartphone, lalu cast atau mirror layar smartphone ke TV. Terutama ketika penjualan TV sedang naik selama pandemi, menjadi pilihan perangkat elektronik hiburan di rumah.

Apakah Gizmo friends sudah mencoba aplikasi ini? Jika belum, silakan dicoba melalui metode yang tertulis di atas, dan tulis pengalaman menggunakannya di jenis TV atau set top box masing-masing lewat komentar di bawah ya!