Jakarta, Gizmologi – TikTok Ad Awards 2024 pertama kali digelar di Asia Tenggara untuk merayakan kreativitas dan orisinalitas dalam kampanye pemasaran. Penghargaan ini diselenggarakan di enam negara yaitu Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand dan Vietnam.
”Kreativitas tidak perlu terbatas pada perayaan momen-momen besar atau spesial. Kini, TikTok membantu penggunanya, termasuk brand, untuk berkarya setiap hari dengan mudah,” ujar Sitaresti Astarini, Head of Business Marketing, TikTok Indonesia.
Sebelum pengumuman TikTok Ad Awards 2024, TikTok telah membuka pendaftaran pada Februari 2024. Tak hanya brand, agensi juga yang telah menggunakan ekosistem TikTok bisa ikut serta. Setelah melewati proses penjurian dari pihak internal dan eskternal, terpilih lah beberapa pemenang TikTok Ad Awards 2024.
Baca Juga: Google, Meta dan TikTok Bisa Kena Denda Rp500 Juta Bila Tak Lakukan Ini..
Daftar Pemenang TikTok Ad Awards 2024

Setelah menerima antusiasme dari ratusan brand dan agensi di Indonesia, TikTok Ad Awards 2024 telah menyelesaikan proses seleksi ketat yang melibatkan tujuh panel juri eksternal yang merupakan ahli di bidangnya, serta tiga juri dari tim internal TikTok. Dari empat kategori penghargaan untuk brand, terdapat pemenang dengan peringkat Gold, Silver, dan Bronze.
Untuk penghargaan Gold, terdapat Best Branding Campaign yang berhasil dimenangkan oleh blu by BCA Digital melalui kampanye Kastamer Ngablu. Lalu ada Best Commerce Campaign yang diraih oleh OMG melalui kampanye Empowering Women, Empowering Dreams: OMG Oh My Grande.
Penghargaan gold di TikTok Ad Awards 2024 juga ada Best Performance Campaign yang diberikan kepada Somethinc melalui kampanye #KulitKalem dan Best Local Hero Campaign yang dianugerahi kepada EatSambel melalui kampanye Sambel Nikmat, Wangi Cita Rasa Tradisional.

TikTok mengatakan terdapat beberapa faktor pertimbangan dan penilaian pada saat pemilihan pemenang, terutama dari segi pemanfaatan ekosistem kreatif TikTok untuk menghasilkan iklan kreatif dengan mudah dan fleksibel. Pemenang Best Branding Campaign, blu by BCA Digital, mengungkapkan kampanye komunikasi yang inovatif dalam memperkenalkan blu secara informatif dan edukatif, melalui konten ‘kastamer ngablu’ yang mencerminkan interaksi nyata bagaimana customer service blu selalu berusaha memberikan pelayanan yang terbaik dan reliable untuk nasabah, dikatakan telah berhasil membangun chemistry kedekatan dengan audiens.
Untuk membantu proses kreativitasnya, blu by BCA Digital juga menggunakan TikTok Creative Exchange sebagai bentuk eksplorasi dan pemanfaatan tools yang dimiliki oleh TikTok. Demikian pula, OMG menggunakan ekosistem kreatif TikTok yang mudah digunakan untuk memikat hati penggunanya, seperti konten video dengan ragam efek tulisan dan transisi agar video terlihat lebih menarik, serta promo dengan berkolaborasi bersama kreator affiliate OMG di TikTok.
“Melalui ekosistem kreatif TikTok,brand dapat terbantu untuk mengeksplorasi kreativitas dan inovasi mereka dalam strategi pemasarannya, dan bertemu serta berinteraksi dengan audiens yang tepat. Melalui ajang penghargaan TikTok Ad Awards inilah kami ingin memberikan pengakuan untuk brand atas kreativitas mereka,” ungkap Resti.
Eksplorasi konten lain dari Gizmologi.id
Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.




