Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Ini Dia Juara Blibli.com Big Start Indonesia (BBSI) Season 4

Blibli.commengumumkan seluruh pemenang kompetisi creativepreneur ‘Blibli.com Big Start Indonesia’ (BBSI) Season 4 pada acara malam penganugerahan ajang kompetisi ini yang berlangsung di IDEAFest 2019 pada Sabtu, 5 Oktober 2019. Blibli.com memberikan hadiah uang tunai dengan total nilai Rp 1,3 miliar bagi para pemenang.

Pemenang pertama kompetisi ini adalah Amadeus Pribowo, pendiri Cahaya Naturals, yang mendapatkan hadiah senilai Rp 500.000.000. Cahaya Naturals bergerak di bidang natural skincare yang menggunakan bahan baku dari minyak alami yang sudah terbukti secara ilmiah.

Bahan-bahan yang digunakan termasuk minyak tamanu (nyamplung) yang didapat dari produsen skala UMKM di Jawa Tengah dan tengkawang butter yang didapat dari komunitas Dayak di Kalimantan Barat.

Pemenang kedua adalah Muhammad Nur Rijaldi, pendiri Mango Day, yang meraih Rp 300.000.000, pemenang ketiga diraih oleh Elsana Bekti Nugroho, pendiri Arane, yang mendapatkan Rp 200.000.000, dan pemenang keempat adalah Ilham Pinastiko, pendiri Pala Nusantara, yang menerika hadiah senilai Rp 100.000.000. Selain pemenang-pemenang utama, Vica Mardika Wong, pendiri Kemayu, memenangi kategori Favorite Winner dan dengan demikian, mengantongi Rp 50.000.000.

Tahun ini, Blibli.com memperkenalkan kategori baru, yaitu Editor’s Choice Award, penjurian yang dilakukan oleh para Editor hingga Editor in Chief dari beberapa media. Pemenang kategori ini diraih Lidya Angelina Rinaldi, pendiri La Dame Vanilla, yang mendapatkan hadiah senilai Rp 50.000.000.

BBSI Season 4 telah melalui berbagai fase hingga akhirnya memilih enam pemenang. Kompetisi yang sudah terlaksana sejak 2016 ini membuka pendaftaran selama Juni – Agustus 2019, di mana sekitar 8.900 pengusaha dari empat kategori yaitu Fashion, Kuliner, Kriya, dan Kesehatan & Kecantikan (KKE) mendaftarkan diri pada kompetisi ini.

BBSI Season 4 mengkurasi para pendaftar di bulan September menjadi Top 100, yang kemudian dipilih lagi hingga Top 20. Pemilihan ini dilakukan berdasarkan beberapa kriteria, yaitu sudah menjalankan usaha selama minimal satu tahun, memiliki setidaknya dua produk, menampilkan produk inovatif, serta menjalankan strategi bisnis yang berpeluang besar untuk berkembang.

Setelah kompetisi berakhir, semua pemenang dan juga pengusaha kreatif yang masuk ke Top 100 akan terus mendapatkan pelatihan serta pendampingan dari Blibli.com melalui Galeri Indonesia, kategori khusus untuk pengusaha kreatif dengan produk lokal. Dukungan ini merupakan komitmen jangka panjang Blibli.com untuk terus mendorong perkembangan usaha kreatif dan produk lokal Indonesia.