Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Resmi Diluncurkan, Ini Keunggulan Uang Elektronik LinkAja

Setelah uji coba dan soft launch sejak awal Maret 2019, platform uang elektronik LinkAja resmi diluncurkan pada 30 Juni 2019 di Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta. Sebagai proyek strategis Badan Usaha Milik Negara (BUMN), peluncuran dilakukan langsung oleh Menteri BUMN Rini Soemarno yang juga dihadiri Wapres Jusuf Kalla dan Menkominfo Rudiantara.

LinkAja adalah hasil dari sinergi berbagai produk keuangan elektronik BUMN seperti TCash Telkomsel, eCash Mandiri, TBank BRI, dan UnikQu BNI. Mau tak mau, platform ini bakal bersaing dengan kompetitor yang saat ini gencar berpromosi seperti GoPay, Ovo dan DANA.

Menurut Danu Wicaksana, CEO LinkAja, saat ini ada dua tantangan utama dalam meningkatkan inklusi keuangan, yaitu kebiasaan masyarakat menggunakan uang tunai dan akses terhadap layanan keuangan yang masih terbatas.

Peluncuran LinkAja

Tantangan tersebut menjadi pekerjaan rumah utama LinkAja untuk mencoba memberikan edukasi secara konsisten untuk mengubah kebiasaan masyarakat indonesia yang menggunakan uang tunai menjadi non tunai, serta optimalisasi jangkauan ke seluruh masyarakat Indonesia untuk memberikan layanan keuangan yang efesien.

“Karenanya, kami berupaya untuk menyesuaikan strategi yang kami jalankan dengan kebutuhan dan preferensi masyarakat sehingga mau berpindah menggunakan layanan uang elektronik dalam bertransaksi sehari-hari,” ujar Danu saat peluncuran LinkAja.

Related Posts
1 daripada 2

Fitur LinkAja

LinkAja menghadirkan beragam fitur dan layanan transaksi pembayaran di lebih dari 150,000 merchant dan akan terus bertambah. Pengguna bisa melakukan pembayaran di lebih dari 400 tagihan dan produk digital seperti IndiHome, PLN, dan puluhan voucher game online.

Bagi yang gemar belanja online, layanan ini bisa digunakan di lebih dari 20 e-commerce nasional seperti Tokopedia, Bukalapak, dan lainnya. Pembayaran pada berbagai mode transportasi publik seperti Bluebird, Railink, Damri.

Puluhan partner donasi digital seperti Rumah Zakat dan Baznas. Selain itu, Link Aja memiliki titik CICO (Cash In Cash Out) untuk mengisi saldo dan menarik tunai di lebih dari 100,000 titik di seluruh indonesia, termasuk di minimart seperti Indomaret, Alfamart, Alfamidi, dan lain-lain.

Fitur unggulan LinkAja yang baru adalah layanan tarik tunai tanpa kartu debit melalui smartphone di lebih dari 40 ribu ATM Link Himbara (Himpunan Bank Milik Negara).

Ini memungkinkan pengguna untuk melakukan penarikan uang secara instan tanpa harus membawa kartu. Selain itu, LinkAja juga menjadi satu-satunya uang elektronik di Indonesia yang melayani remitansi dari Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Singapura yang ingin mengirim uang ke keluarganya di tanah air secara mudah, murah, aman, dan cepat.

Pertanyaannya, mampukah LinkAja bersaing dengan kompetitor? Tentu saja masih terlalu dini untuk menjawabnya. Namun jika melihat sumber daya jaringan BUMN yang dimiliki, seharusnya punya potensi untuk menjadi besar.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.