Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Platform Kursus Coding Online Progate Hadir dalam Bahasa Indonesia

1 4.303

Kemudahan akses dalam belajar sangat penting. Terutama dalam situasi saat masyarakat dianjurkan tidak bepergian ke luar rumah demi mencegah tersebarnya wabah virus korona. Dengan begitu, metode belajar yang bisa diakses secara daring (online) seperti Prograte tentu semakin diminati.

Sebagai penyedia layanan pembelajaran coding secara daring, Progate menghadirkan platform pembelajaran mereka untuk warga Indonesia. Startup ini didirikan sejak 2014 lalu oleh Masa Kato dan Takuya Miyabayashi.  Selain di Tokyo (Jepang) sebagai tempat lahirnya, Progate kini punya kantor di Jakarta (Indonesia) dan Bangalore (India). Mereka berfokus untuk mempermudah akses belajar serta memberikan pengalaman belajar paling menyenangkan, bahkan untuk pengguna awam sekalipun.

Norman Ganto, Country Manager, Progate Indonesia, mengatakan pihaknya mengembangkan platform kursus online agar coding dapat dipelajari dengan cara yang menyenangkan oleh semua orang dengan latar belakang yang berbeda.

“Belajar coding membangun kemampuan-kemampuan lainnya yang dibutuhkan di era industri 4.0 ini, seperti melatih pemikiran kognitif, kritis membangun, menyelesaikan masalah secara mandiri, dan tentunya ketangkasan bahasa pemrograman untuk menghasilkan solusi berbasis TI untuk kehidupan sehari-hari,” ujar Norman.

Baca juga: Pandemi COVID-19, Acer Ajak Terus Produktif Bekerja dan Belajar di Rumah

Belajar Coding dengan Progate Mudah

Progate menawarkan coding bahasa IndonesiaSesuai prediksi Kemenkominfo di tahun ini, Indonesia membutuhkan 9 juta talenta digital atau 600 ribu talenta setiap tahunnya hingga 2035. Pemerintah terbuka untuk berkolaborasi dengan pihak swasta yang inovatif dalam mendidik masyarakat menjadi generasi talenta digital. Peluang ini yang ingin digarap Progate di Indonesia.

Dengan membawa misi “Coding untuk Semua”, Progate resmi meluncurkan platform pembelajaran coding daring untuk para pengguna di Indonesia akhir bulan lalu (31/3). Progate menargetkan berbagai macam pengguna baik penggemar teknologi informasi maupun masyarakat awam. Panduannya pun dibuat berbahasa Indonesia agar lebih mudah dipahami oleh masyarakat yang ingin belajar coding.

Tujuannya agar bisa memiliki keahlian yang paling diminati di era industri 4.0, yaitu kreativitas, kepercayaan diri, mengasah keahlian berpikir secara kognitif dan kritis, serta mendapat akses terhadap materi pembelajaran coding kapanpun dan dimanapun, dengan cara menyenangkan.

Keunggulan utama belajar coding secara daring yang ditawarkan lewat Progate adalah fleksibilitas waktu kursus yang mengikuti waktu pengguna. Seluruh proses pembelajaran akan tersimpan dalam akun pengguna, dan dapat melanjutkan pembelajaran kapan saja dan di mana saja. Selain mengedepankan kualitas materi, Progate juga memastikan proses belajar dapat dinikmati dengan ilustrasi yang menarik, ramah untuk berbagai kalangan pengguna.

Harga Berlangganan Progate

Progate IndonesiaSaat ini Progate telah memiliki lebih dari 1,2 juta pengguna, dan bekerja sama dengan lebih dari 200 sekolah dan 500 perusahaan secara global. Selain bahasa Indonesia, Progate juga mendukung bahasa Inggris dan Jepang. Sistem langganan bulanan di Progate hadir dengan harga terjangkau, mulai dari Rp109 ribu.

Tersedia berbagai pelajaran coding dalam berbagai bahasa pemrograman, seperti HTML & CSS, Javascript, SQL, React, NodeJS dan bahasa-bahasa lainnya yang akan diperbarui secara berkala. Progate juga berencana memberikan akses gratis selama tiga bulan dengan cara mengikuti media sosial mereka.

Salah satu investor startup ini adalah East Ventures. Batara Eto, Co-founder & Managing Partner of East Ventures mendukung langkah Progate untuk ekspansi di Indonesia. Ia percaya bahwa bakat teknik adalah salah satu faktor kunci untuk menciptakan ekosistem startup yang sukses.

“Dengan program pembelajaran coding daring, Progate menawarkan solusi alternatif untuk memenuhi kebutuhan akan talenta digital. Dengan meningkatnya permintaan akan programmer di Asia Tenggara, khususnya Indonesia, kami berpikir bahwa ini adalah waktu yang tepat bagi Progate berkontribusi ke wilayah tersebut,” pungkasnya.