Jakarta, Gizmologi โ IPSOS, perusahaan riset mengungkapkan riset terbarunya yang bertajuk โPengalaman dan Kepuasan Belanja Online di E-commerceโ, Kamis (20/6/2024). Dalam riset tersebut terungkap banyak masyarakat yang puas akan layanan Shopee.
Seperti yang diketahui, pemain e-commerce di Indonesia saat ini masih bisa dihitung jari. Seperti Shopee, Tokopedia, Lazada serta TikTok Shop merupakan e-commerce yang cukup terlihat persaingannya. IPSOS memilih responden riset dari gender laki-laki dan perempuan, berumur 18-55 tahun, memiliki pemasukan yang beragam, bertempat tinggal di Jabodetabek, Java non Jabodetabek dan di luar Java Area.
Dari riset IPSOS terdapat banyak insight baru melibatkan responden yang rutin berbelanja online melalui berbagai e-commerce yang tersedia di Indonesia. Tujuannya ialah untuk mengulik aspek-aspek apa saja yang mempengaruhi preferensi konsumen dalam merasakan pengalaman belanja yang holistik.
Baca Juga: Hasil Survei Ipsos Ungkap Daftar Marketplace yang Jadi Pilihan untuk Berjualan Selama Ramadan 2023
Secara Keseluruhan Riset IPSOS Tunjukan Keunggulan Layanan Shopee

โMelalui riset IPSOS kali ini, kami ingin mengidentifikasi platform Marketplace mana yang berhasil unggul dalam skala tingkat kepuasan pengguna serta aspek apa saja yang mempengaruhi pilihan tersebut,โ ujar Andi Sukma, Executive Director IPSOS Indonesia pada saat Online Panel.
Pada riset IPSOS ditemukan bahwa Shopee unggul dalam menyediakan dan memberikan tingkat kepuasan tertinggi dalam pengalaman berbelanja online. Indikator tingkat kepuasaan yang berbanding lurus dengan aspek rekomendasi, dipengaruhi oleh bagaimana pengalaman belanja online dari hulu ke hilir.
Keunggulan Shopee dalam tingkat kepuasan, didukung oleh data, dimana Shopee (62%) menjadi pilihan pertama untuk direkomendasikan oleh konsumen kepada kerabat dekatnya, diikuti oleh Tokopedia (46%), TikTok Shop (42%), dan Lazada (36%). Temuan ini mengukuhkan posisi Shopee sebagai e-commerce yang paling unggul dalam memberikan pengalaman belanja paling memuaskan bagi konsumen.

Dari data IPSOS juga menunjukan tak hanya layanan Shopee, secara keseluruhan e-commerce tersebut di semua aspek yang dicari ketika berbelanja melalui platform e-commerce, jauh melampaui platform lainnya. Dari sisi penyediaan metode pembayaran, 64% responden menilai Shopee sebagai platform e-commerce dengan pilihan metode pembayaran yang paling beragam, diikuti Tokopedia (15%), Lazada (11%), dan TikTok Shop (8%).
Sejalan dengan temuan ini, salah satu metode pembayaran yang paling menarik perhatian lainnya adalah Cash on Delivery (COD) dimana layanan Shopee tersebut mendominasi sebesar 66% diikuti oleh
Tokopedia & Lazada sebesar 12%, dan yang terakhir adalah TikTok Shop 10%.
Semakin banyaknya masyarakat yang mengandalkan e-commerce untuk memenuhi kebutuhan, diikuti juga dengan meningkatnya ragam preferensi yang harus dipenuhi dengan kelengkapan produk dan kategori serta diiringi oleh tersedianya toko resmi yang paling beragam. Nah dalam hal ini, layanan Shopee kembali unggul dengan persentase sebesar 68% dalam menyediakan toko resmi yang beragam, dibandingkan
pesaingnya yaitu Tokopedia (15%), Lazada (9%), dan TikTok Shop (7%).
Selain kelengkapan produk, konsumen juga cenderung memilih platform e-commerce dengan harga termurah, dengan Shopee yang memimpin di angka 64%, jauh melampaui Lazada (13%), Tokopedia (12%), dan TikTok Shop (11%). Keunggulan layanan Shopee juga didukung oleh hadirnya program khusus Garansi Harga Termurah (GHT) yang paling diketahui oleh 74% responden.

Sedangkan fitur harga termurah dari platform lain mencatat asosiasi yang lebih rendah diantaranya Lazada (49%), Tokopedia (47%), dan Tiktok Shop (37%). Data ini didukung dengan hasil riset, dimana 88% responden kerap memanfaatkan Shopee Garansi Harga Termurah.
Dalam menghadirkan pengalaman yang baik, e-commerce menghadirkan fitur interaktif seperti Live Shopping dan video pendek. IPSOS menemukan 63% responden menganggap bahwa Shopee menjadi salah satu e-commerce yang menyediakan layanan live streaming terbaik, disusul oleh TikTok Shop (17%), Tokopedia (10%) dan Lazada (9%). Selain itu, dalam indikator e-commerce dengan fitur video pendek paling menarik Shopee juga jauh unggul dengan 61%, diikuti TikTok Shop (18%), Tokopedia (10%), dan Lazada (9%).
Dalam kesimpulannya, Andi mengatakan semua aspek ini menjadikan Shopee sebagai platform e-commerce yang paling diandalkan dan direkomendasikan oleh konsumen di Indonesia.
Eksplorasi konten lain dari Gizmologi.id
Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.



