Jakarta, Gizmologi – Perusahaan market research global Ipsos mengumumkan hasil survei yang menyebutkan bahwa Tokopedia memiliki layanan pengiriman terbaik, tercepat, dan terlengkap di antara e-commerce lainnya.
Pada survei yang diadakan tatap muka pada Januari 2022 dan melibatkan 1.051 responden dari 15 kota besar di Indonesia itu menemukan bahwa mayoritas konsumen menilai produk yang ditawarkan atau dijual di e-commerce Tokopedia memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan pesaingnya.
“Layanan pengiriman merupakan hal yang krusial karena sangat berpengaruh terhadap pengalaman belanja dan tingkat kepuasan konsumen,” kata Lioni Halim, Research Director Brand Health Tracking Ipsos in Indonesia dalam siaran pers, Senin (18/4/2022).
“Banyaknya pilihan jasa pengiriman yang disediakan akan memberikan kepuasan tertentu bagi konsumen. Terlebih lagi ketika layanan pengiriman tersebut baik, cepat, dan mudah dilacak. Dari hasil survei ini, dapat disimpulkan layanan pengiriman Tokopedia unggul dibandingkan merek e-commerce lainnya,” ujar Lioni Halim.
Sama halnya dengan kualitas produk, layanan pengiriman juga mempengaruhi keputusan konsumen dalam memilih e-commerce. Layanan pengiriman mencakup durasi pengiriman, variasi atau pilihan jasa pengiriman atau kurir, serta fitur pelacak atau tracking pengiriman.
Soal durasi pengiriman, mayoritas responden (52%) mengakui Tokopedia sebagai e-commerce dengan layanan pengiriman tercepat. Shopee berada di urutan kedua (45%), lalu Lazada 43%, OLX 40%, dan Bukalapak urutan kelima 30%.
Layanan Pengiriman Tokopedia

Berdasarkan variasi layanan pengiriman, Tokopedia unggul dibandingkan e-commerce lainnya. Sebanyak 33 persen responden menilai Tokopedia menawarkan pilihan layanan pengiriman lebih banyak. Posisi kedua ditempati Shopee dengan persentase 28%, kemudian Lazada 26%, 25% dan OLX 20%.
Untuk fitur pelacakan/tracking, sebesar 29% responden menilai Tokopedia memiliki fitur pelacak pengiriman atau orderan yang informatif. Urutan kedua ditempati Shopee 18%, Lazada 16%, Bukalapak dan Blibli 11%.
Kualitas produk tentu menjadi faktor penting dalam kepuasan konsumen. Ketika konsumen kecewa dengan kualitas produk yang ia beli, ia akan berpotensi beralih kepada pilihan toko online lainnya, bahkan mungkin e-commerce pesaing. Oleh karena itu, penting bagi platform e-commerce untuk memerhatikan kualitas produk yang tersedia.
Dari data yang diperoleh, diketahui bahwa mayoritas konsumen 74% menilai produk-produk yang tersedia atau dijual di Tokopedia memiliki kualitas yang paling baik. Diikuti oleh Shopee dan Lazada yang memiliki persentase yang sama, yaitu 63%, lalu Bukalapak 50% dan OLX 40%.
Pada survei ini juga diketahui media sosial milik Shopee (54%) paling populer di kalangan pengguna e-commerce, popularitas posisi kedua diduduki oleh media sosial Lazada 41%, disusul Tokopedia 40%, Bukalapak 31%, dan Blibli 29%.
Eksplorasi konten lain dari Gizmologi.id
Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.




