Jakarta, Gizmologi – Sebagai online travel agent (OTA), tiket.com meluncurkan produk baru yaitu tiket Green untuk konsumen yang ingin menjaga lingkungan. Dalam menghadapi peningkatan kesadaran akan pentingnya gaya hidup ramah lingkungan, industri pariwisata tanah air semakin memperhatikan konsep pariwisata berkelanjutan.
Hadirnya tiket Green oleh tiket.com merupakan langkah konkret untuk mendorong praktik pariwisata ramah lingkungan serta mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam perjalanan wisata yang lebih bertanggung jawab. Peluncuran fitur ini juga bersamaan dengan Hari Bumi, Senin (22/4/2024).
“Kehadiran tiket Green sejalan dengan komitmen kami untuk memberikan kemudahan kepada konsumen dalam merencanakan perjalanan dan petualangan yang lebih berkelanjutan,” ujar Gaery Undarsa, Co-Founder & Chief Marketing Officer, tiket.com.
Baca Juga: Aktivitas Seru Temani Perjalanan Mudik Lebaran Kamu ala Tiket.com
Fitur tiket Green Berikan Rekomendasi Tempat Wisata dan Penginapan dengan Konsep Berbeda

tiket Green dihadirkan dengan mengkurasi pilihan akomodasi yang mengusung konsep keberlanjutan (sustainability). Lonjakan pariwisata global telah menimbulkan tantangan lingkungan yang signifikan, mulai dari emisi karbon hingga polusi plastik.
Sebagai tanggapannya, konsep perjalanan ramah lingkungan (green travel) telah muncul, memberikan jalan menuju petualangan berkelanjutan yang bermanfaat bagi lingkungan dan wisatawan. Hasil survei dalam Outlook Pariwisata dan Ekonomi Kreatif 2023/2024 dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf) juga menunjukkan bahwa sebanyak 56,76% pakar memprediksi pariwisata berkelanjutan sebagai salah satu tren pariwisata pada 2023-2024.
Mengadopsi pendekatan ramah lingkungan dalam perjalanan melibatkan penerapan praktik yang meminimalkan dampak lingkungan dari perjalanan kita. Hal ini termasuk memilih akomodasi yang memprioritaskan praktik ramah lingkungan seperti efisiensi energi, pengurangan limbah, dan konservasi air.
“Fitur tiket Green merupakan inovasi terbaru dari tiket.com untuk memberikan akses kepada konsumen dalam memilih akomodasi yang sudah mengutamakan praktik ramah lingkungan,” tambah Gaery.
Hingga saat ini, tiket.com telah menyediakan lebih dari 5.400 pilihan akomodasi di seluruh dunia, termasuk 700 pilihan akomodasi di Indonesia dan Asia Tenggara yang menerapkan sustainable tourism. Beberapa daerah wisata di Indonesia, seperti Bali, Jawa Barat, Jawa Timur, dan Nusa Tenggara Barat juga dikenal luas dengan beragam opsi akomodasinya yang ramah lingkungan.
Cisyelya Bunyamin, SVP of Accomodation, tiket.com juga ikut menjelaskan bahwa tiket Green memiliki kriteria dan indikator khusus untuk memastikan mitra akomodasi dapat memenuhi standar berkelanjutan. Kriteria tiket Green melihat bagaimana sebuah properti mengelola makanan dan minuman yang efisien, melakukan pemanfaatan dan konservasi air, upaya penghematan energi dan pengoptimalan sumber energi, menciptakan ruangan hijau, pengelolaan limbah dan daur ulang, serta kesadaran mempromosikan upaya keberlanjutan dan pemberdayaan sumber daya lokal.
Melalui tiket Green, pengguna tiket.com dapat memilih akomodasi berkonsep sustainability dengan mudah. Pengguna hanya perlu masuk ke aplikasi atau situs web tiket.com, mencari tanda tiket Green saat memfilter akomodasi di bagian fasilitas, lalu memilih opsi yang sesuai dengan preferensi mereka. Selain itu, tanda tiket Green juga dapat ditemukan di bagian bawah setiap gambar dan harga akomodasi.
Eksplorasi konten lain dari Gizmologi.id
Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.




