alexa

Apple Music Siap Bawa Audio Lossless & Dolby Atmos Tanpa Tambahan Biaya

Saat ini telah banyak penyedia platform streaming musik yang bisa dipilih oleh masyarakat. Masing-masing mulai memiliki fitur yang lengkap hingga sulit untuk mencari diferensiasi atau pembedanya. Demi berikan daya tarik tersendiri, Apple baru saja umumkan rencananya untuk beri Apple Music kemampuan dalam hadirkan kualitas audio jauh lebih tinggi.

Lewat sebuah rilis resmi yang ditayangkan pada situsnya, mulai bulan Juni mendatang, Apple Music bakal hadir dengan dukungan Lossless Audio, plus Spatial Audio Bersama Dolby Atmos. Tentunya, informasi ini bakal menarik konsumen yang memang utamakan kualitas di atas segalanya. Kabar baiknya lagi? Semua hadir tanpa tambahan biaya apa pun.

Oliver Schusser, Vice President untuk Apple Music dan Beats menyebutkan bila platform-nya telah membuat kemajuan terbesar dalam kualitas suara. “Sekarang kami menghadirkan pengalaman yang benar-benar inovatif dan imersif ini kepada pendengar kami, dengan musik dari artis favorit mereka. Dalam kualitas audio tertinggi dengan Lossless Audio.”

Baca juga: iOS 14.5 Rilis Membawa Emoji Baru, Bisa Buka Kunci Pakai Apple Watch

Efek Spatial Audio Juga Bakal Hadir di Apple Music

Apple Music
Nantinya bakal ada penanda khusus untuk musik yang mendukung format baru tersebut.

Dua kata kunci pada pengumuman terkait Apple Music kali ini adalah Spatial Audio dan Lossless Audio. Bila Gizmo friends sudah umum dengan AirPods Pro, AirPods Max atau beberapa perangkat audio Beats terbaru lainnya, semuanya memiliki fitur Spatial Audio di mana keluaran suaranya bakal lebih imersif, seolah hadir dari sekitar kepala pendengar.

Sebelumnya, fitur tersebut hanya bisa dirasakan ketika memutar film yang ada di Netflix, misalnya. Namun ke depannya, Apple bakal bekerja sama dengan para label dan artis untuk hadirkan banyak lagu yang mendukung efek Spatial Audio, sekaligus Dolby Atmos. Nantinya bakal ada pembeda atau logo khusus pada tiap lagu sebagai penanda.

Selain Spatial Audio, Apple Music juga bakal membuat semua koleksi yang sudah mencapai lebih dari 75 juta lagu, tersedia dalam kualitas Lossless Audio. Apple bakal gunakan codec standar mereka sendiri, ALAC (Apple Lossless Audio Codec) yang diklaim setara dengan format FLAC. Artinya, pendengar bakal bisa menikmati musik dengan kualitas setara yang dibuat artis dalam studionya.

Pengguna Bakal Bisa Memilih Kualitas Audio

Nantinya, bakal ada opsi untuk memilih tingkatan kualitas audio layaknya Spotify dan lainnya. Saat sudah tersedia, opsi tersebut bisa diakses dalam menu Settings – Music – Audio Quality. Ada opsi “CD Quality” dengan standar 16 bit 44.1 kHz, hingga yang paling tinggi, “Hi-Resolution Lossless” mencapai 24 bit 192 kHz.

Semuanya hadir secara gratis, alias tanpa tambahan biaya. Artinya, bila kamu sudah berlangganan Apple Music baik secara individu, Student hingga Apple One (family plan) bisa langsung menikmatinya di bulan depan. Yang menjadi catatan, perangkat seperti AirPods Pro & AirPods Max belum mendukung standar tertinggi Lossless Audio.

Sementara untuk efek Dolby Atmos, bakal bisa dinikmati untuk semua perangkat AirPods dan Beats yang telah dilengkapi cip H1 atau U1, serta speaker bawaan iPhone, iPad dan Mac terbaru. Besar kemungkinan bila Apple bakal rilis perangkat audio nirkabel baru yang mendukung codec ALAC nantinya.

Spotify & Amazon Music Unlimited Langsung Ikut Merespon

Amazon Music Unlimited

Menanggapi kehadiran Lossless Audio di Apple Music, platform streaming musik lainnya langsung cepat merespon. Amazon, misalnya, langsung merevisi tarif untuk berlangganan Amazon Music Unlimited. Dari yang awalnya perlu menambah biaya, akhirnya kualitas HD juga dibikin gratis selayaknya Apple.

Di Amazon sendiri, opsinya ada dua; HD dengan standar 16 bit 44.1 kHz (sekitar 850kbps & 70 juta lagu), serta Ultra HD dengan standar 24 bit 192 kHz (sekitar 3730kbps hingga 7 juta lagu). Sementara Spotify sendiri memang sejak lama berencana untuk hadirkan tier yang lebih tinggi, Spotify HiFi.

Sementara dari sebuah cuitan editor The Verge, Chris Welch menemukan sebuah fakta bila saat kita mengakses aplikasi Spotify di iOS, tepatnya persis setelah menyentuh judul lagu, bakal muncul logo HiFi di bagian kanan bawah. Yang bila ditekan, bakal muncul penjelasan dari standar HiFi milik Spotify.

Belum diinformasikan apakah fitur tersebut bakal hadir dengan tambahan biaya, atau mengikuti langkah Apple Music dan Amazon Music Unlimited untuk dihadirkan secara gratis. Kita nantikan saja kehadiran resminya ya.

Tinggalkan komen