Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Samsung Galaxy M01s Bawa Baterai 4.000 mAh & Helio P22

0 2.554

Walaupun sudah cukup banyak seri smartphone kelas entri yang dirilis, nampaknya masih kurang juga bagi produsen elektronik asal Korea Selatan. Ya, apalagi kalau bukan Samsung, yang belakangan rutin merilis pembaruan seri smartphone-nya dalam siklus waktu yang lebih cepat. Untuk kelas entri, Samsung sudah menyiapkan beragam seri, sebut saja Galaxy A01, Galaxy A11, Galaxy M01 dan Galaxy M11.

Lantas apakah cukup itu saja? Ternyata tidak, Samsung belum merilis sebuah seri dengan embel-embel huruf “s” pada keempat seri ini. Maka di India, Samsung baru saja meresmikan sebuah smartphone baru, Samsung Galaxy M01s. Sesuai namanya, smartphone murah Samsung yang satu ini hadir mengisi gap antara seri M01 dan M11.

Mungkin jika dilihat dari eksteriornya, Gizmo friends bakal merasa familiar dengan tampilan depan dan belakang Samsung Galaxy M01s ini. Terutama desain dan peletakan dua kamera utama serta sensor sidik jarinya. Yup, persis dengan seri lama, Galaxy A10s. Bahkan bobot dan dimensi fisiknya sama persis, sama-sama 168 gram.

Baca juga: Hands-on: Melihat Isi Kotak Samsung Galaxy S20 Plus Edisi BTS

Spesifikasi Samsung Galaxy M01s

Samsung Galaxy M01s

Di bagian depan, terdapat panel layar PLS TFT berdimensi 6,2 inci, lebih besar dari Galaxy A01. Resolusinya masih HD+, wajar untuk kelas entri. Aspek rasio 19:9 yang dimiliki Samsung Galaxy M01s ini miliki rasio bodi ke layar mencapai 81,8%. Bentuk notch-nya masih gunakan waterdrop atau yang Samsung sebut dengan Infinity-V display, untuk menyimpan kamera depan beresolusi 8MP f/2.0.

Sementara dua kamera belakangnya memiliki fungsi yang saling melengkapi. Kamera utamanya 13MP f/1.8 dengan autofokus dan dukungan pembesaran digital hingga 4 kali. Dipasangkan dengan depth sensor 2MP f/2.4, Samsung Galaxy M01s dilengkapi mode potret yang bisa berikan efek blur baik untuk objek manusia dan lainnya. Perekaman videonya mendukung hingga 1080p 30fps.

Untuk sektor dapur pacu, spesifikasinya juga masih sama dengan A10s. Samsung Galaxy M01s ditenagai chipset MediaTek Helio P22 octa-core 2GHz, dipasangkan dengan RAM 3GB. Dari kapasitas penyimpanan internal 32GB, hanya sekitar 22,3GB saja yang bisa digunakan. Namun tenang, tersedia slot kartu microSD yang mendukung sampai 512GB.

Termasuk dalam seri M, tentu kapasitas baterainya dibuat cukup besar. Sayangnya, baterai 4.000 mAh pada smartphone ini masih perlu diisi lewat port micro-USB. Sayangnya lagi, sistem operasinya masih menjalankan Android 9 Pie dengan One UI Core 1.1. Sepertinya Samsung belum memperbarui seri A10s juga, jadi saudara kembarnya ini juga miliki versi antarmuka yang sama.

Harga Samsung Galaxy M01s di India

Warna Samsung Galaxy M01s

Dijual resmi di India, Samsung Galaxy M01s bakal hadir dalam dua opsi warna yaitu grey dan blue. Hanya tersedia dalam satu varian (3GB+32GB), harga resminya adalah INR9,999 atau sekitar Rp1,95 jutaan.

Mungkin Samsung menyiapkan smartphone ini agar tetap bisa bersaing dengan kompetitor seperti Xiaomi dan realme, yang makin ke sini makin banyak rilis smartphone murah dengan spesifikasi cukup kompetitif. Namun dengan harga tersebut, lawannya bisa menjadi Galaxy M11 sendiri, yang dijual resmi seharga Rp2,099 juta.


Beli Smartphone Samsung di:

ERASPACE.com Lazada.co.id Shopee.co.id Blibli JD.ID Tokopedia.com