Jakarta, Gizmologi – Seperti yang kita ketahui, selain menjadi platform video pendek populer, TikTok juga menghadirkan TikTok Music yang bersaing langsung dengan platform sejenis lain seperti Spotify sampai Apple Music. Untuk meningkatkan eksistensinya secara lokal, TikTok Rising Indonesia Music Showcase pun akhirnya digelar untuk pertama kalinya.
Acara musik yang berlangsung secara luring kemarin (27/3) merupakan acara pertama yang menjadi bagian dari TikTok Rising Indonesia, juga baru saja diresmikan. Ini merupakan sebuah cara bagi TikTok untuk menemukan sekaligus mendukung para talenta lokal yang sedang berkembang, serta menciptakan komunitas maupun penggemarnya. Sekaligus merayakan keberagaman musik di Indonesia.
Salah satu usaha dari TikTok Rising Indonesia adalah dengan menghadirkan tagar #RisingOnTiktok, di mana tim TikTok secara konsisten memantau tagar tersebut untuk menemukan musisi pendatang baru yang tengah trending di dalam platformnya. Hal ini disebut oleh Christo Putra, Product Strategy Lead, TikTok Artist Services SEA sebagai bagian dari keunggulan dalam menemukan bakat-bakat baru.
Baca juga: TikTok Music Punya Tiga Fitur Baru, Tersedia di Lima Negara
Hadir Sebagai Platform Spesial Bagi Musisi dan Kreator

Sebagai informasi, TikTok Rising sendiri lebih dulu tersedia di sejumlah negara tetangga seperti Filipina dan Thailand, di mana hingga saat ini sudah ada lebih dari 250 undangan dan 15 musisi yang ikut berpartisipasi untuk tampil dan berekspresi secara langsung.
“Sejalan dengan misi kami untuk menginspirasi kreativitas dan membawa kebahagiaan, kami ingin terus meningkatkan dan mempromosikan bakat-bakat ini di platform global kami, kali ini melalui program baru bernama TikTok Rising Indonesia,” tambah Christo. Ia juga menyebutkan tiga tujuan utama dari diadakannya TikTok Rising Indonesia; sebagai platform music discovery, mengajak musisi lebih aktif menggunakan TikTok, sekaligus menjadi media agar saling terkoneksi.

Program TikTok Rising Indonesia tawarkan rangkaian fitur yang ditujukan untuk membantu musisi pendatang baru dalam mempromosikan lagu mereka, mendorong profil mereka, sekaligus berinteraksi dengan komunitas. Dua di antaranya adalah #BehindTheSong untuk membagikan perjalanan kreatif dalam menciptakan lagu-lagu terbaiknya, serta Music Tab yang bisa membantu artis untuk berbagi lagu dan terhubung dengan penggemar.
Kemudian ada Add-to-Music App yang juga menjadi salah satu unggulan yang ditawarkan oleh TikTok. Di mana penggemar musik bisa langsung menyimpan lagu yang mereka temukan dari platform TikTok, ke layanan streaming musik pilihannya. Hal ini dimungkinkan berkat kemitraan bersama Spotify dan Apple Music.
“TikTok terus mengungkap bakat-bakat baru dan mempromosikan karya mereka lebih luas lagi. Melalui program TikTok Rising Indonesia, kami berharap para musisi dapat terus menampilkan karyanya, menjajaki berbagai peluang yang ada, dan mengembangkan karier mereka, baik di dalam maupun di luar platform,” tutup Christo.
‘Kita Bikin Romatis’ Ikut Tampil di TikTok Rising Indonesia

Dalam ajang TikTok Rising Indonesia Music Showcase perdananya, TikTok mengajak 10 musisi terpopuler yang karya-karyanya banyak viral di dalam platformnya. Termasuk salah satunya adalah MALIQ & D’Essentials, di mana mereka kini sudah mulai memanfaatkan TikTok dalam waktu kurang lebih satu tahun untuk mempromosikan karyanya.
Widi, salah satu vokalis dari MALIQ & D’Essentials, mengaku kaget bila di TikTok cukup banyak yang mengetahui musik mereka, termasuk lagu rilisan lama yang dirilis bahkan sebelum sejumlah pengguna TikTok lahir. Sementara single terbarunya, ‘Kita Bikin Romantis’ kini disebut sudah melampaui 1,8 juta kreasi video di TikTok hanya dalam tiga minggu saja.
Ghea Indrawari, salah satu finalis Indonesian Idol juga menyebutkan bila TikTok menjadi batu loncatan untuk karirnya—bahkan ia menyebutkan bila tidak sedikit penggemar yang menemukannya dari TikTok, tanpa mengetahui bila ia merupakan finalis dari program pencarian bakat sebelum akhirnya viral melalui sejumlah lagu-lagu terbarunya.
“Sebagai kreator, melihat bagaimana orang-orang saat menggunakan musik saya secara kreatif tentunya selalu menyenangkan,” tambah Ghea. Salah satu singlenya, ‘Jiwa yang Bersedih’ sudah digunakan di lebih dari satu juta kreasi di TikTok.
Eksplorasi konten lain dari Gizmologi.id
Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.



