Jakarta, Gizmologi – Tokopedia dan ShopTokopedia membagikan update mengenai tren beli produk lokal yang meningkat. Sebagai e-commerce yang mendukung UMKM di Indonesia, perusahaan melaporkan dari dua platform terdapat 21 juta penjual yang mayoritas UMKM.
“Secara nasional, UMKM memberikan kontribusi signifikan terhadap PDB Indonesia, yaitu lebih dari 60%. Untuk mendorong peran signifikan UMKM terhadap perekonomian nasional, Tokopedia bersama berbagai mitra strategis mengupayakan sejumlah inisiatif, salah satunya Beli Lokal,” kata Head of Communications Tokopedia and ShopTokopedia, Aditia Grasio Nelwan.
Kampanye Beli Lokal di Tokopedia dan ShopTokopedia memang begitu gencar dilakukan sejak hadir pada Desember 2023 dan dari beberapa sektor terdapat peningkatan. Dari produk yang dicari hingga wilayah yang lebih menyukai produk lokal Indonesia.
Baca Juga: ShopTokopedia Mall Diresmikan, Tingkatkan Kepercayaan & Visibilitas Toko
Tren Beli Produk Lokal Tunjukan Peningkatan Transaksi 2 Kali Lipat

Menurut laporan Tokopedia dalam tren beli produk lokal terdapat sejumlah wilayah mengalami kenaikan tertinggi jumlah transaksi melalui kampanye Beli Lokal di Tokopedia. Wilayah tersebut adalah Jepara (Jawa Tengah), Cirebon (Jawa Barat), dan Ciamis (Jawa Barat), dengan rata-rata peningkatan jumlah transaksi hampir 2 kali lipat.
Adapun, menurut laporan Tokopedia membandingkan data Semester I 2024 dengan Semester II 2023, beberapa produk lokal dengan kenaikan tertinggi jumlah transaksi melalui kampanye yang sama. Produk tersebut ialah popok, hampers, dan aksesoris kamera dengan rata-rata peningkatan jumlah transaksi lebih dari 9 kali lipat.
Beralih ke ShopTokopedia, terdapat juga sejumlah wilayah penjual di halaman Beli Lokal ShopTokopedia mengalami kenaikan tertinggi jumlah transaksi. Wilayah tersebut yaitu Sulawesi Barat, Bali, dan Sulawesi Tengah, dengan rata-rata peningkatan jumlah transaksi hampir 1,5 kali lipat.

Adapun, beberapa produk lokal dari penjual di halaman Beli Lokal di platform yang mengalami kenaikan tertinggi jumlah transaksi, yaitu buku dan majalah, perlengkapan renovasi rumah, dan sepatu. Rata-rata peningkatan jumlah transaksi hampir 2 kali lipat, melihat laporan pada April 2024 dibandingkan Juli 2024.
Tokopedia dan ShopTokopedia mengungkapkan, UMKM bisa memanfaatkan kampanye Beli Lokal dengan baik karena terdapat dampak positif yaitu peningkatan. Perusahaan memberikan contoh, seperti brand produk lokal batik, Hadinata Batik (Solo, Jawa Tengah), yang mengalami peningkatan penjualan hingga 3 kali lipat setelah mengikuti beragam inisiatif dari Tokopedia maupun ShopTokopedia, salah satunya Beli Lokal.
Selain memanfaatkan e-commerce suati platform, kamu juga perlu menjelajahi fitur yang ada pada Tokopedia dan ShopTokopedia. Apalagi ShopTokopedia yang berada di platform TikTok memiliki jangkauan pengguna luas, tak hanya di Indonesia namun di luar negara juga bisa menjangkaunya.
Di TikTok pun terdapat fitur live, lalu pada Tokopedia dan ShopTokopedia para penjual bisa memanfaatkan fitur iklan agar produk lokal milik mereka bisa laku dan pendapatan bisa meningkat.
Eksplorasi konten lain dari Gizmologi.id
Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.




