Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Cobain Filter Seru dengan Aplikasi Edit Foto di Samsung Galaxy A Series

0 3.413

Bosen nggak sama hasil foto smartphone yang begitu-begitu saja? Pada masa di mana kita saling terhubung dengan teman-teman lewat media sosial, ‘tekanan’ untuk hasilkan konten yang menarik tentu menjadi lebih tinggi. Sah-sah aja sih kalau mau langsung unggah foto apa adanya, tapi bakal lebih menarik dengan filter, bukan?

Dari beragam aplikasi edit foto yang ada di Google Play Store, terdapat beberapa yang bisa ubah foto menjadi lebih artistik. Masing-masing punya diferensiasi tersendiri, ada yang lebih pas untuk foto wajah, ada juga yang cocok untuk objek. Bisa juga untuk menggabungkan beberapa foto dalam satu frame sekaligus.

Baca juga: Memilih Smartphone Harga Merakyat dengan Pelayanan Sultan

4 Aplikasi Filter Foto yang Wajib Coba

Samsung Galaxy 01 hargaSamsung Galaxy A11, A01 dan A01 Core dilengkapi kamera berkualitas pada bagian depan dan belakangnya. Nah, untuk tingkatkan hasil foto agar terlihat lebih menarik, berikut empat saran aplikasi edit foto yang pas banget untuk dicoba di smartphone Samsung Galaxy A series kamu.

1. BeautyPlus

BeautyPlus appsSesuai dengan namanya, aplikasi ini lebih fokus untuk menyempurnakan profil objek manusia. Nggak cuma kasih filter menarik untuk wajah, bahkan juga bisa untuk mengubah bentuk tubuh supaya lebih proporsional (meski jangan lupa untuk sayangi bentuk tubuh sendiri ya!)

Tinggal tekan tombol kamera yang ada di dalamnya, dan kamu akan langsung disuguhkan ke beragam filter menarik. Selain untuk perempuan, geser ke bagian kanan untuk menemukan filter wajah khusus laki-laki, dengan efek yang lebih pas. Filter akan diterapkan secara otomatis, dan kamu juga bisa atur lebih dalam lewat tombol retouch di atas pilihan filter.

2. SNOW

Snow appsAplikasi edit foto yang satu ini punya fitur utama yang kurang lebih sama dengan BeautyPlus. Perbedaan utama yang saya temukan adalah tampilannya terlihat lebih simpel, saat dibuka langsung siap untuk jepret foto dengan filter. Selain itu, SNOW digadang-gadang memiliki kemiripan dengan aplikasi Snapcat terutama dengan fitur AR (Augmented Reality) yang ditawarkan.

Pilihan filternya pun juga beragam dan tak kalah dalam hal jumlah. Malah, semua yang saya coba gratis alias tidak perlu bayar ekstra seperti beberapa filter di BeautyPlus. Banyak efek seru seperti efek kartun yang bisa ubah wajah menjadi karakter anime, berbeda dengan BeautyPlus yang seperti lebih fokus edit dengan efek natural.

3. Pixlr

Pixlr appsAplikasi edit foto yang satu ini berbeda dari kedua aplikasi yang sudah disebutkan di atas. Pixlr lebih cocok untuk berikan filter pada hasil foto tangkapan kamera belakang. Dari halaman awal, disuguhkan pilihan untuk edit foto, membuat kolase maupun template yang cocok untuk Instagram Stories.

Bila kita memilih foto dari galeri, ada banyak sekali parameter yang bisa diubah, seperti kontras foto sampai double exposure. Nah, pilihan filternya banyak banget, ada sekitar 100 yang bisa dipilih, berikan efek soft, vintage dan lainnya. Seru banget untuk dikulik lebih dalam.

4. PhotoGrid

photogridIngin fitur edit yang lebih lengkap? Maka PhotoGrid bisa jadi alternatif terbaik. Kolase? Bisa. Filter foto? Ada. Bahkan kamu bisa berikan stiker dalam format bergerak serta “menggunting” objek yang ada pada foto, untuk ditempel di foto lain.

Bahkan di tampilan awal disediakan fitur untuk membuat slide show berupa video, serta fitur tambahan seperti pembuat meme otomatis. Namun sama seperti BeautyPlus, beberapa fitur di dalamnya ada yang berbayar. Sesuaikan dengan kebutuhan saja ya.

Kamera Berkualitas di Samsung Galaxy A11, A01 & A01 Core

Samsung Galaxy A01 harga spek IndonesiaKeempat aplikasi edit foto dengan beragam filter menarik di atas, dapat dijalankan dengan mulus pada Samsung Galaxy A11, Galaxy A01 dan Galaxy A01 Core. Pilihan smartphone terbaru dari Samsung dengan harga yang terjangkau. Cocok bagi Gizmo friends yang berencana upgrade demi kualitas kamera yang bagus.

Meski ketiganya menyasar segmen entry level, Samsung berikan kualitas kamera terbaiknya pada masing-masing seri. Walau jadi yang termurah, Samsung Galaxy A01 Core dilengkapi dengan kamera 8MP yang punya diafragma cukup besar di f/2.2. Dengan autofokus agar objek tetap terlihat jelas dari beragam jarak foto.

Kamera belakangnya bisa rekam video dengan resolusi tinggi di 1080p hingga 30fps. Sementara di bagian depan, disematkan kamera 5MP untuk hasilkan swafoto yang bisa digabungkan dengan efek-efek wajah dari aplikasi seperti BeautyPlus. Setingkat lebih baik, ada Samsung Galaxy A01 dengan sensor utama 13MP dan depth sensor 2MP, bisa hasilkan foto dengan efek bokeh tingkat hardware yang halus.

Supaya bisa membuat konten dengan lebih kreatif lagi, ada Samsung Galaxy A11 yang dilengkapi tiga sensor kamera belakang. Sensor tambahannya punya resolusi 5MP berjenis ultra wide-angle. Sensor ini dapat mengambil foto dengan sudut pandang yang jauh lebih lebar, hingga 115 derajat. Sehingga di sudut yang sama, kamera bisa menangkap objek lebih banyak di depannya.

Sensor ultra wide-angle cocok bagi Gizmo friends yang harus membuat konten foto ketika lagi di rumah aja. Dari sudut-sudut yang terbatas, masih bisa ambil foto dengan angle baru, berikan pandangan baru dalam ciptakan konten. Kamera depannya juga punya resolusi lebih tinggi di 8MP, dan juga bisa rekam video dalam resolusi full HD.

Mau yang murah atau mahal, kembali lagi, semua tergantung dari sang pembidik kamera, atau istilahnya “man behind the gun”. Asalkan punya ide kreatif, objek sehari-hari yang ada di rumah pun bisa disulap menjadi konten menarik, berkat tambahan filter dan hasil foto kamera Samsung Galaxy A series.

[adrotate banner=”9″]


Disclaimer: artikel ini merupakan kerja sama dengan Samsung Indonesia

Tinggalkan komen