Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

5 Aplikasi Navigasi Terbaik Agar Kamu Tidak Tersesat Saat Traveling

Traveling selalu menyenangkan. Terlebih didukung dengan berbagai promo dari maskapai dan biro wisata, membuat tren wisata semakin populer. Para traveler pun kini tak perlu risau tersesat selama di perjalanan. Karena telah tersedia banyak aplikasi navigasi yang bisa diunduh secara gratis ke dalam smartphone.

Related Posts
1 daripada 58

Dengan memanfaatkan aplikasi navigasi, kamu bisa sampai ke tujuan dengan lebih aman. Selain itu, aplikasi navigasi juga memungkinkan untuk menemukan berbagai tempat-tempat penting bagi para traveler. Misalnya informasi seperti money changer, hotel, ATM, tempat beribadah, minimarket, kedutaan besar, dan sebagainya. Berikut ini beberapa aplikasi navigasi yang siap membantu Anda traveling ke seluruh dunia.

Daftar Aplikasi Navigasi Pilihan

1 Google Maps

Google Maps
Foto: Pexels

Google maps dapat menyajikan peta dari hampir seluruh di dunia. Selain sistem navigasi yang akurat, aplikasi juga memberikan Anda informasi soal tempat-tempat menarik di sekitar kamu, informasi lalu lintas, sekaligus informasi transportasi umum yang bisa digunakan beserta harganya.

Di beberapa tempat strategis seperti mall, bandara, stadion olahraga, dan museum bahkan Anda juga dapat melihat layout gedungnya. Memang aplikas satu ini adalah aplikasi yang memuat hampir semua kebutuhan navigasi para traveler.
Baca juga: Trik Memaksimalkan Google Maps dengan 8 Fitur yang Jarang Kita Ketahui

2 Waze

Waze
Foto: flickr.com/wondermonkey2k/

Waze adalah aplikasi navigasi yang mengedepankan aspek komunal. Artinya para pengguna aplikasi ini dapat saling memberikan informasi berharga bagi para pengendara motor dan mobil. Seperti informasi patroli polisi, penutupan jalan, tingkat kemacetan, dan kecelakaan.

Waze juga memiliki integrasi aplikasi streaming musik Spotify untuk mewarnai aktivitas jalan-jalan Anda. Namun, aplikasi ini lebih mengedepankan pengguna kendaraan bermotor jadi orientasinya murni sebagai penunjuk jalan. Tidak seperti Google Maps yang bisa digunakan oleh pejalan kaki sekalipun.
Baca juga:  Waze for Brands, Saatnya Memonetisasi Layanan Navigasi

3 Komoot

Komoot
Foto: Youtube

Komoot adalah aplikasi navigasi yang fokus pada jalan-jalan di pedesaan, pegunungan, ataupun trek menantang lainnya. Jadi, aplikasi ini sangat tepat bagi Anda yang berencana untuk hiking atau trekking saat sedang berwisata ke luar negeri.

Aplikasi navigasi ini cukup unik karena menyajikan peta topografi yang tentunya sangat berharga apabila Anda berencana untuk hiking. Anda juga bisa menerima informasi soal medan yang akan Anda tempuh dari sesama pengguna Komoot. Tentu saja layaknya aplikasi navigasi pada umumnya, Komoot juga menyediakan penunjuk arah dengan suara.

4 HERE WeGo

HERE WeGo
Foto: hotcore.net

Sebelum dilepas kepada konsorsium otomotif Jerman (Audi AG, BMW AG dan Daimler AG), HERE WeGo merupakan hasil buah pikir produsen ponsel legendaris Nokia. Aplikasi navigasi ini pada mulanya hadir sebagai Nokia Maps, kemudian berkembang menjadi HERE Maps, dan terakhir bermetamorfosis menjadi HERE WeGo. Berbeda dengan Komoot yang fokus pada jalur rural, HERE adalah aplikasi navigasi yang fokus pada peta perkotaan.

Dengan menggunakan HERE, kamu dapat mendapatkan informasi soal tempat-tempat yang sekiranya penting untuk traveler seperti ATM, hotel, restoran, dan destinasi wisata urban lainnya. Di beberapa kota bahkan aplikasi ini juga menghadirkan jalur navigasi bagi pesepeda.

Selain itu kamu juga dapat mendapatkan informasi soal tempat-tempat transit dari transportasi umum seperti bus dan kereta, termasuk berapa tarifnya. Tak hanya itu, Here WeGo juga menyediakan versi peta offline yang sangat berguna saat traveling ke luar negeri. Karena bakal menghemat kuota data.

5 bSafe

bSafe
Screenshot aplikasi bSafe

 

bSafe mungkin sangat berbeda dengan aplikasi navigasi lainnya. Apabila aplikasi navigasi lainnya menitikberatkan aspek sosial dan tempat menarik, bSafe sangat mengedepankan aspek keselamatan dari penggunanya. Aplikasi ini dapat memberikan Anda informasi soal jalur atau jalan mana yang aman untuk dilalui oleh para pelancong. Informasi ini dikumpulkan dari jutaan pengguna lainnya yang saling peduli satu sama lain agar terhindar dari kawasan-kawasan yang rawan tindak kriminal.

Berkat lima aplikasi navigasi di atas, traveling ke negeri asing kini semakin tenang. Jadi, kamu ingin traveling kemana tahun ini? Keliling Asia? Atau bahkan keliling Eropa? Apapun pilihan kamu, jangan lupa untuk menyiapkan kebutuhan-kebutuhan dasar bagi traveler seperti paspor, visa, dan universal power adapter.

Selain aplikasi navigasi, jangan lupa untuk mengunduh aplikasi penerjemah supaya bisa berkomunikasi dengan warga lokal dengan lebih leluasa. Jadi manapun tujuan Anda, baik itu Asia maupun Eropa, Malaysian Airlines memiliki penawaran menarik yang tidak bisa kamu lewatkan. Selamat berlibur!

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More