Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Mengupas Teknologi Perekaman Video AI di Kamera OPPO Reno5

1 5.122

Setelah sukses dengan Reno4, OPPO Indonesia bakal meneruskan keunggulan pada bidang fotografi lewat sang penerus, yakni OPPO Reno5. Nantinya, teknologi kamera OPPO Reno5 bakal utamakan peningkatan di sektor video, lewat rangkaian peningkatan berbasis AI.

Akan ada dua varian yang bakal dirilis resmi; OPPO Reno5 dan Reno5 5G, di mana keduanya bakal bawa fitur-fitur video yang bakal jadi daya tarik utama. Untuk menjelaskan lebih lanjut mengenai teknologi baru yang diusung, OPPO Indonesia baru saja mengadakan sebuah imaging workshop, untuk jelaskan sebuah sistem “OPPO Full Dimension Fusion Portrait Video”.

Bisa dibilang, fitur-fitur yang sebelumnya hanya ada di mode foto seperti HDR, mode malam hingga efek potret khusus, bakal dibawa ke dalam mode perekaman video di OPPO Reno5. Penggunaannya sendiri cukup mudah, namun teknik di belakangnya cukup kompleks hingga pada akhirnya bisa disajikan lewat satu sentuhan tombol AI.
Baca juga:  Review OPPO Reno5: Lebih Canggih dengan Fitur Video AI

Mengenal Sistem Video Portret di OPPO Reno5 Series

OPPO Reno5

Dua mesin yang berperan penting dalam sistem video terbaru untuk kamera OPPO Reno5 adalah Mesin Peningkatan Kualitas serta Mesin Persepsi Potret. Sesuai nama masing-masing, Mesin Peningkatan Kualitas berfungsi untuk hasilkan gambar yang jelas di segala skenario, termasuk kondisi cahaya siang, malam, cahaya latar yang kuat sampai meredam efek gerakan.

Sementara Mesin Persepsi Potret adalah penjamin fitur-fitur yang bisa berikan jaminan efek khusus berjalan dengan baik, seperti AI Color Portrait, AI Monochrome Video dan AI Mixed Portrait. Keduanya berjalan untuk berikan kualitas perekaman video yang jauh lebih baik di OPPO Reno5.

Selain itu, OPPO juga tingkatkan stabilisasi video di OPPO Reno5. Meski tidak dilengkapi stabilisasi tingkat perangkat keras seperti OIS maupun gimbal, OPPO sempurnakan EIS-nya hingga tetap bisa redam guncangan di beragam skenario. Baik saat sedang berjalan, melompat atau bahkan saat melakukan olahraga ekstrim.

Lalu ada juga yang menjadi bagian inti dari Mesin Persepsi Potret, yaitu Scene Design Manager. Memanfaatkan basis data OPPO yang berisi lebih dari 10 juta data, fitur ini analisis adegan potret secara langsung, berikan penyesuaian pencitraan. Sehingga bisa berikan penilaian serta analisasi video yang diambil, untuk berikan peningkatan tambahan sesuai kebutuhan.

AI Highlight Video Jadi Fitur Unggulan Kamera OPPO Reno5

AI Highlight Video - OPPO Reno5
Pintasan fitur AI Highlight Video pada UI perekaman kamera OPPO Reno5.

Kami pun berkesempatan untuk mendapat penjelasan mengenai teknologi kamera OPPO Reno5 langsung dari OPPO HQ. Lewat sesi konferensi video, Jun Luo, Lead Technical Director, OPPO Japan Research Center jelaskan sistem kerja fitur AI Highlight Video, sebuah fitur yang bisa hasilkan video lebih terang di malam hari serta efek HDR.

Fitur tersebut bekerja baik di kamera OPPO Reno5 bagian depan dan belakang. Ada tiga algoritma yang bekerja pada fitur ini, salah satunya adalah Adaptive Brightness Adjustment yang bisa kontrol dan jamin kecerahan gambar yang stabil, untuk tiap bingkai atau frame dalam perekaman video dari kamera OPPO Reno5.

Lalu juga ada algoritma Adaptive Dynamic Range, yang berikan penyesuaian tiap frame lewat teknologi Dynamic Range Conversion serta Fimic Tone Mapping. Mudahnya, algoritma inilah yang memungkinkan efek HDR ke hasil video. Lalu juga ada Adaptive Noise Reduction untuk hilangkan noise dan sekaligus menjaga detil setiap frame.

OPPO Imaging Workshop - 001
Jun Luo, Lead Technical Director, OPPO Japan Research Center merangkum peningkatan kamera video OPPO Reno5.

Pada artikel sebelumnya, OPPO sempat bocorkan fitur bila kamera OPPO Reno5 bakal hadirkan mode Ultra Night Video dan Live HDR. Untuk gunakan fitur ini, pengguna hanya perlu menekan tombol AI Highlight Video saja, dan smartphone bakal terapkan algoritma yang cocok, sesuai dengan kondisi pencahayaan. Alias bukan dua mode terpisah.

Lewat pengujian performa internal, fitur ini diklaim bisa berikan kualitas video 74,4% lebih cerah, dan 33,7% lebih jelas daripada saat fitur dinonaktifkan saat rekam video dalam kondisi malam hari. Hanya memerlukan waktu 20 milidetik untuk proses seluruh rangkaian algoritma yang ada di atas. Meski begitu, daya yang dibutuhkan malam 40% lebih sedikit dari algoritma pendahulu.

Dari dua fitur yang dibawa lewat AI Highlight Video, mana yang lebih menyita perhatian Gizmo friends; Ultra Night Video atau Live HDR? Kamera OPPO Reno5 juga bakal bisa merekam efek video khusus lewat mode AI Mixed Portrait, yang belum pernah kami lihat dari smartphone lain sebelumnya. Plus, Dual View Video untuk rekam dari kamera depan dan belakang.

Tunjukkan Komen (1)