Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Inilah 3 Fitur Video Baru OPPO Reno5, Rilis Resmi 12 Januari 2021

0 5.618

OPPO Indonesia bakal perkenalkan smartphone terbarunya awal tahun 2021 mendatang, menjadi penerus dari Reno series. Smartphone tersebut bakal gunakan desain yang ditingkatkan, serta tentunya bawa peningkatan kamera. Setelah sebelumnya sudah ditampilkan desain serta peningkatan teknologi layarnya, kini OPPO resmikan tanggal peluncuran dan berikan informasi fitur video di OPPO Reno5.

Ya, sebelumnya OPPO Indonesia memang telah mengkonfirmasi bila OPPO Reno5 bakal fokus tingkatkan kemampuan videografinya. Meski secara besaran resolusi kamera utama juga ditingkatkan, dari yang awalnya 48MP di Reno4 series menjadi 64MP AI Quad Cam di Reno5. Kalau fitur fotonya sudah lengkap, bagaimana dengan perekaman videonya?

Baca juga: Review OPPO Reno5: Lebih Canggih dengan Fitur Video AI

Secara garis besar, OPPO Reno5 bakal hadirkan tiga mode perekaman video yang cukup spesial. Tiga fitur tersebut adalah AI Mixed Portrait, Dual-view Video dan AI Highlight Video. “Kesemua fitur baru ini akan memberikan keleluasaan anak muda Indonesia dalam mengekspresikan dirinya melalui media sosial,” kata Aryo Meidianto A, PR Manager OPPO Indonesia dalam sebuah rilis yang diterima Gizmologi (28/12).

Lalu apa saja keunggulan dari masing-masing fitur video baru yang diusung oleh perangkat terbaru OPPO di awal 2021 nanti? Mari kita bedah satu-satu.

AI Mixed Portrait Beri Efek Artistik Pada Video

OPPO Reno5 - AI Mixed Portrait

DIklaim hadir sebagai fitur video pertama di industri, AI Mixed Portrait hadir untuk kamu yang ingin hasilkan video dengan efek artistik. OPPO Reno5 punya kemampuan untuk gabungkan video potret dengan video latar belakang. Sehingga bakal tampilkan efek video dengan eksposur ganda.

Kalu biasanya hanya pada foto saja, OPPO Reno5 bisa hasilkan efek setara dalam hasil video, hasilkan efek artistik yang belum pernah ada di smartphone lain sebelumnya. Pengguna nantinya dapat menyesuaikan bagaimana video potret dibuat menyatu dengan video yang menjadi latar atau background.

Dual-view Video, Tangkap Tampilan Depan Belakang

OPPO Reno5 - Dual-view Video

Untuk yang satu ini, memang bukanlah fitur yang baru. Sebelumnya, HMD Global unggulkan fitur ini lewat Nokia 8 dengan nama “Bothie”, lalu disusul dengan beberapa smartphone lain termasuk Poco X3 NFC. Lewat Dual-view Video, pengguna bisa merekam video dengan tampilan 50:50, satu dari kamera depan, dan satu lagi dari kamera belakang.

Secara bersamaan, OPPO Reno5 akan melakukan proses perekaman dari kamera depan dan belakang. Mode ini bisa hasilkan perspektif berbeda, cocok untuk penggunaan seperti video reaksi (reaction video), acara seperti pesta ulang tahun, atau lainnya yang memerlukan perekam untuk tetap tampil di dalam video.

AI Highlight Video Untuk HDR & Malam Hari

OPPO Reno5 - Dual-view Video

Sama seperti AI Mixed Portrait, fitur yang satu ini juga diklaim pertama di industri. Sesuai dengan namanya, AI Highlight Video hadir dengan memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan, difungsikan untuk deteksi kondisi cahaya saat merekam video. Yang kemudian dapat menerapkan algoritma khusus yang diperlukan berdasarkan skenario kondisi cahaya berbeda.

Ada dua algoritma yang bisa diterapkan sesuai dengan skenario pencahayaan utama; Ultra Night Video dan Live HDR. Ultra Night Video tentunya bakal diterapkan untuk optimalkan kualitas perekaman malam hari, supaya tetap terlihat cerah, tajam namun tetap alami.

Sementara algoritma Live HDR bakal aktif ketika kamera OPPO Reno5 mendeteksi pemandangan dengan cahaya latar yang kuat. Supaya baik subjek dan latar belakang bakal ditampilkan dengan sempurna, dengan warna alami dan detail terjaga. Tak lagi terlalu gelap atau tampilkan latar terlalu terang (over-exposure).

OPPO Reno5 Series Bakal Hadir 12 Januari

OPPO Reno5 Fantasy Silver
OPPO Reno5 Fantasy Silver

Selain perkenalkan tiga fitur utama yang bakal tingkatkan pengalaman dan kualitas video pada OPPO Reno5, OPPO Indonesia juga umumkan tanggal peluncurannya. Yaitu di 12 Januari 2020, alias sekitar dua pekan lagi. Bagi kamu yang sudah tidak sabar, bisa mulai bersiap atau nabung dari sekarang.

Nantinya, OPPO bakal perkenalkan tidak hanya satu, tapi terdiri dari beberapa perangkat di Indonesia. Hal tersebut sejalan dengan tercatatnya perangkat baru dengan kode seri CPH 2145 di situs dirjen SDPPI. Yang pasti, varian Pro bakal absen dalam perkenalan lini seri Reno5 nanti.