Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

3 Fitur yang Sengaja Dihilangkan di OPPO F5, Tapi Justru Membuatnya Semakin Menggiurkan

OPPO seolah-olah membuatnya seperti anak hasil perselingkuhan yang nggak mirip sama sekali dengan saudara-saudaranya yang terdahulu.

Dunia per-selfie-an kembali dimeriahkan OPPO dengan kehadiran perangkat terbarunya yang bertitel F5. Soal desain, sudah dipastikan cantik. Hanya saja, jika dilihat dari fitur yang ditawarkan, ternyata banyak yang absen jika sebelumnya ada di perangkat terdahulu. Kenapa sih?

Harus diakui, OPPO F5 merupakan lompatan besar dari F-series yang sejak F1s diluncurkan punya semacam DNA sendiri yang membuatnya mirip dengan seri F lainnya. Pada perangkat terbaru ini, OPPO seolah-olah membuatnya seperti anak hasil perselingkuhan yang nggak mirip sama sekali dengan saudara-saudaranya yang terdahulu.

Selain nggak mirip dengan saudaranya, OPPO F5 juga nggak menghadirkan beberapa fitur yang justru membuatnya berbeda dengan smartphone lain. Berikut ini fitur-fiturnya:

Layar Penuh Tanpa Tombol ‘Home’

OPPO F5

 

Sebagai anak yang baru dilahirkan dari keluarga F-series, F5 seolah melanggar DNA dari sisi desain yang sebelumnya dimiliki para saudaranya yang terdahulu. Yang paling mencolok, apalagi kalau bukan layarnya yang seluas 6 inci nyaris penuh dengan rasio 18:9 beresolusi Full HD+ (2160 x 1080). Meskipun terkesan bongsor, justru untuk ukurannya nggak lebih besar dari perangkat seluas 5,5 inci seperti F3 lho, Gizmolovers.

Dengan layar tersebut, OPPO F5 tampil tanpa tombol home di bagian depan yang kadung identik dengan F-series lain. Seperti diketahui, tombol ini bukan sekedar tombol navigasi, tapi juga merangkap fitur keamanan berbasis fingerprint sensor untuk mengakses smartphone.

Sebagai gantinya, fingerprint sensor tersebut dipindahkan ke bagian belakang. Namun moda keamanan ini bukan cuma satu-satunya yang dimiliki F5. Selain pattern dan PIN konvensional, smartphone ini menambahkan fitur Face Unlock yang memungkinkan pengguna akses ke smartphone hanya dengan memalingkan wajah ke layar.

Pihak OPPO mengklaim Facial Unlock memberikan akses yang lebih cepat dan aman dibandingkan moda keamanan lainnya. Kemampuan fitur ini dalam membaca wajah juga sangat detail, di mana bisa mendeteksi figur wajah penggunanya sekalipun ketika dia menggunakan kacamata ketika ingin mengaksesnya.

Tanpa Kamera Ganda

OPPO F5

Sebagai jagonya perangkat selfie, OPPO pernah menghadirkan fitur dual-camera pada F3 dan F3 Plus yang menjadikan fenomenal di dunia per-selfie-an. Namun, ketika banyak vendor menghadirkan fitur serupa, tiba-tiba F5 hadir hanya mengandalkan single kamera untuk di bagian depan dan belakangnya.

Menurut Aryo Meidianto, PR Manager OPPO Indonesia, selama ini pihaknya berupaya menjadi trendsetter. Makanya ketika banyak vendor menghadirkan kamera ganda sebagai fitur andalan, justru F5 absen dalam urusan ini.

“Biarlah mereka bertarung dengan dua kamera bahkan empat kamera, tapi yang terpenting adalah kami ingin memenuhi keinginan pengguna yang mau mendapatkan hasil selfie sempurna sekalipun tanpa fitur tersebut,” tandasnya ketika meluncurkan perangkat tersebut beberapa waktu lalu.

Meskipun tidak memiliki kamera ganda, Aryo mengklaim, OPPO F5 tetap memiliki fitur fotografi yang bisa diadu. Keunggulan yang ditawarkan antara lain adalah fitur Artificial Intelligence (A.I) Beautify Recognition pada kamera depannya yang beresolusi 20 MP, di mana mampu mengambil berbagai bentuk wajah sekaligus mengenali usia, jenis kelamin, warna kulit, dan tipe kulit.

Dengan begitu, OPPO F5 adalah perangkat pertama yang melibatkan teknologi A.I yang bisa mengenali 254 titik wajah penggunanya. Sehingga hasil foto untuk setiap wajah akan berbeda sesuai dengan karakter yang dikenali kecerdasan buatan tersebut.

Lalu bagaimana dengan fitur bokeh yang belakangan ini jadi tren? Ternyata sekalipun tanpa mengandalkan kamera ganda, pada kamera depan OPPO F5 sudah ada fitur Depth Effect yang memungkinkan pengguna dapat hasil foto selfie bokeh.

OPPO F5 juga menghadirkan kamera belakang 16 MP dengan bukaan lensa F/1.8 yang membuatnya mampu menangkap gambar dengan hasil lebih terang dan tajam sekalipun berada di kondisi low-light.

Tanpa VOOC Flash Charge

OPPO F5

Sebagai pelopor dalam pengisian baterai super cepat alias fast-charging, tentu sangat disayangkan sekali jika fitur VOOC Flash Charge ternyata absen di OPPO F5. Padahal, fitur yang mampu membuat pengisian ulang baterai 4x lebih cepat ini sebelumnya sempat hadir di F3 Plus. Usut punya usut, ternyata ketiadaan fitur ini lebih disebabkan karena OPPO ingin berkompromi dengan pasar.

“Absennya fitur ini dikarenakan kami ingin OPPO F5 bisa dijangkau banyak orang. Tentu akan sulit membanderol smartphone ini di bawah Rp 5 jutaan jika kami tetap menghadirkan VOOC, karena teknologinya memang tidak murah,” ungkap Aryo ketika menghadiri OPPO F5 Exhibition di Central Park, minggu lalu.

Ternyata perhitungan OPPO tidak meleset. Dengan banderol Rp 3.999.000, rupanya F5 jadi perangkat yang terbilang laris manis. Bahkan ketika harganya belum diumumkan pada pre-sale di Lazada pada Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 11 November lalu, perangkat ini berhasil terjual sebanyak lebih dari 600 unit.

pre order OPPO F5

Dengan pencapaian tersebut, tampaknya OPPO percaya diri menargetkan F5 terjual sebanyak 48.000 unit pada pre-order yang berlangsung selama 8 hari mulai 13-19 November 2017 di beberapa situs e-commerce, seperti Lazada, Shoppee, Tokopedia, Elevania, JD.id, dan Matahari Mall. Target ini tentunya melampaui pencapaian penjualan pada pre-order F1s dan F3 yang masing-masing mencapai 17.000 dan 30.000 unit.

Apakah dengan kelebihan-kelebihan yang ditawarkan OPPO F5 akan membuat rekor penjualannya meroket melebihi pendahulunya? Kita lihat saja informasi ke depannya, Gizmolovers!

SPESIFIKASI OPPO F5

General

Device Type Smartphone
Model / Series OPPO F5
Released 13 November, 2017
Status Available
Price IDR 3.999.000 (32GB), IDR 5.199.000 (64GB)

Platform

Chipset Mediatek MT6763T Helio P23
CPU Octa-core 2.5 GHz Cortex-A53
GPU Mali-G71 MP2
RAM (Memory) 4/6 GB
Storage 32GB / 64GB, microSD, up to 256 GB (dedicated slot)
Operating System Android 7.1
User Interface ColorOS 3.2

Design

Dimensions 156 x 76 x 7.5 mm
Weight 152 g
Design Features Color: Gold, Black, and Red (6GB version only)
Battery Non-removable Li-Ion 3200 mAh battery

Network

Network Frequency GSM: 900/1800, WCDMA: 900/2100, LTE:Brand 1/3/5/8/40
SIM Dual Nano-SIM Cards + micro SD slot
Data Speed HSPA, LTE

Display

Screen Type LTPS IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Size and Resolution 6.0 inches (~78.1% screen-to-body ratio) 1080 x 2160 pixels, 18:9 ratio (~402 ppi density)
Touch Screen Capacitive touchscreen
Features rasio 18:9

Camera

Multi Camera No
Rear 16 MP, f/1.8, phase detection autofocus, LED flash
Front 20 MP, f/2.0, 1/2.8" sensor size
Flash Yes (rear)
Video [email protected]
Camera Features Geo-tagging, touch focus, face detection, HDR, panorama

Connectivity

Wi-fi Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi hotspot
Bluetooth v4.1, A2DP, LE
USB microUSB v2.0, USB Host / OTG
GPS Yes, with A-GPS
HDMI No
NFC
Infrared No

Smartphone Features

Multimedia Features Video: MP4/H.264
Audio: MP3/WAV/eAAC+/FLAC
FM Radio Stereo FM radio
Web Browser HTML5 (Android Browser)
Messaging SMS (threaded view), MMS, Email, Push Mail, IM
Sensors Fingerprint (rear-mounted), accelerometer, proximity, compass
Other - Active noise cancellation with dedicated mic
Tunjukkan Komen (1)