alexa

XL Axiata Akuisisi 66,03% Saham Link Net

Jakarta, Gizmologi – XL Axiata Grup resmi mengakuisisi PT Link Net (LINK). Kepada Bursa Efek Indonesia, XL Axiata mengumumkan telah menguasai 66,03% saham LINK dari PT First Media Tbk (KLBV) dan Asia Link Dewa Pte. Ltd.

“XL Axiata and Axiata Group telah menandatangani kesepakatan tidak mengikat dengan pemegang saham mayoritas Link Net untuk melakukan akuisisi atas 66,03% saham Linknet,” ujar Group Head Corporate Communications XL Axiata, Tri Wahyuningsih, pada Jumat (30/7).

Link Net adalah perusahaan yang bergerak di bidang penyelenggara jaringan tetap berbasis kabel, penyedia jasa televisi berlangganan dan jasa layanan internet broadband. Entitas ini berada dalam satu perusahaan holding di bawah naungan First Media.

Adapun struktur transaksi akan disepakati oleh para pihak dari waktu ke waktu dan akan tunduk pada ketentuan yang tercantum dalam Perjanjian Jual Beli. Apabila PJB telah ditandatangani, EXCL dan/atau Axiata Group akan menjadi pengendali baru Link Net.

“Jika semuanya berjalan lancar, kami berharap bisa berlanjut ke tahap Sales & Purchase Agreement (SPA) dalam rentang waktu empat minggu sejak hari ini. Untuk saat ini, belum ada pembicaraan mengenai harga, dan kami akan menginformasikan lebih lanjut bilamana diperlukan,” tuturnya.

First Media

Dengan akusisi saham sebesar 66,03% tersebut, maka XL Axiata mengambil alih kepemilikan saham mayoritas dari perusahaan Link Net. Sementara itu, Sekretaris Perusahaan First Media Harianda Noerlan menjelaskan, saat ini, para pihak dalam tahap negosiasi untuk melakukan akuisisi.

“Bahwa negosiasi atas rencana transaksi dilakukan secara langsung antara First Media dan Asia Link Dewa sebagai penjual dengan XL dan Axiata sebagai calon pembeli,” tutur dia.

Rencana akuisisi Link Net oleh XL Axiata ini pernah dilaporkan Bloomberg. Saat itu, Axiata Group disebut sedang dalam pembicaraan untuk membeli saham Link Net. Menurut laporan tersebut, diskusi mengenai akuisisi sedang berlangsung antara Axiata dan penjual potensial, yaitu CVC Capital Partners dan First Media.

Adapun saat ini, First Media memiliki 29,04% saham Link Net, sedangkan CVC Capital Partners memegang 36,99% saham. Keduanya juga pernah mempertimbangkan untuk melepas mayoritas saham Link Net pada awal 2015, yang kemudian diminati sejumlah perusahaan, seperti PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN), PT XL Axiata Tbk (EXCL), dan PT Indosat Tbk (ISAT).

Tinggalkan komen