Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Samsung Galaxy Chromebook 2 Hadir dengan Teknologi Layar QLED

0 2.679

Dalam gelaran acara Consumer Electronics Show 2020 lalu, Samsung cukup meramaikan pasar laptop terutama yang menggunakan sistem operasi Chrome OS dengan perilisan Galaxy Chromebook. Hal tersebut karena spesifikasinya yang terlalu mewah, hingga gunakan layar 4K. Di tahun 2021, sekuelnya, Galaxy Chromebook 2 hadir dengan beragam penyesuaian.

Masih berikan tampilan yang cukup mewah, Samsung Galaxy Chromebook 2 adalah penawaran perangkat Chromebook terbaru dari Samsung. Dibilang peningkatan, bisa iya, bisa tidak. Karena memang sekuelnya kali ini hadir dengan harga yang jauh lebih murah, dari yang sebelumnya mencapai USD999 atau sekitar Rp14 jutaan.

Walaupun begitu, performa dan teknologi yang dibawa masih tergolong canggih. Bahkan tak kalah dari pendahulunya, Galaxy Chromebook 2 juga mengusung teknologi yang pertama kali dibawa untuk laptop Chrome OS. Dan masih sama-sama gunakan desain 2-in-1, yang bisa digunakan seolah perangkat tablet layar sentuh.

Baca juga: Jajaran Smart TV Samsung 2021 Gunakan Panel Neo QLED & Micro LED

Spesifikasi Samsung Galaxy Chromebook 2

Samsung Galaxy Chromebook 2

Kalau seri sebelumnya jadi yang pertama dengan layar AMOLED, kali ini Samsung Galaxy Chromebook 2 hadir dengan layar 13,3 inci menggunakan panel QLED, jenis yang sama digunakan pada lini seri smart TV canggih mereka. Layar tersebut juga mendukung input Universal Stylus Initiative (USI), dengan tingkatan sensitivitas tekanan mencapai 4,096 level.

Papan ketik atau keyboard-nya dirancang lebih lebar dengan lampu latar lebih terang, sehingga pengguna dapat mengetik lebih nyaman dan minim typo. Sayangnya, meski hadir sebagai perangkat premium, Samsung tidak menyertakan sistem keamanan baik menggunakan kamera ataupun sensor sidik jari.

Yang berbeda dari segi desain adalah bobot dan ketebalannya. Tidak seringan dan seramping tahun lalu, Galaxy Chromebook 2 memiliki bobot 1,23 kilogram dengan ketebalan 13,9mm. Tergolong portabel untuk sebuah laptop, namun mungkin bakal terasa berat ketika dilipat dan digunakan layaknya sebuah tablet.

Terdapat opsi prosesor Intel Core i3-10110U generasi ke-10 atau Intel Celeron 5205U, dengan opsi RAM 4/8GB LPDDR3. Sementara pilihan penyimpanannya juga ada dua; 64 & 128GB, ditambah slot kartu microSD. Samsung juga sediakan dua speaker 5 watt dengan smart AMP untuk membuat suaranya 178% lebih kencang dari amplifier rata-rata.

Kapasitas baterainya 45,5 Wh, dan Samsung janjikan durasi penggunaan cukup lama di 14 jam. Durasi tersebut jauh melampaui seri sebelumnya, yang banyak dirasa kurang pas untuk sebuah Chromebook. Dan untuk kelengkapan port, ada dua port USB-C serta audio combo jack, ditambah dukungan konektivitas Wi-Fi 6 dan Bluetooth 5.0.

Harga Samsung Galaxy Chromebook 2

Samsung Galaxy Chromebook 2

Laptop terbaru dari Samsung ini hadir dalam dua opsi warna yang cukup menarik; Abu-abu (Mercury Gray) dan merah (Fiesta Red). Samsung bakal pertama kali hadirkan Galaxy Chromebook 2 sebelum akhir Maret mendatang, lebih dulu di Amerika Serikat.

Lalu berapa harganya? Hampir setengahnya dari Galaxy Chromebook pertama, varian termurah untuk seri baru ini dibanderol seharga USD550, atau sekitar Rp7,7 jutaan. Mungkin bakal terasa mahal untuk sebuah Chromebook, namun dilihat lagi dari fitur yang ditawarkan. Terutama layar QLED-nya yang bakal memanjakan penggunanya.

Tinggalkan komen