Update MIUI Terbaru Redmi Note 10 Pro 5G Berikan Ekstra RAM 2GB

Tahun 2021 merupakan momen di mana brand smartphone mulai aplikasikan sebuah teknologi baru, yang berpengaruh terhadap proses multitasking pada sebuah smartphone. Dipopulerkan oleh vivo, teknologi virtual RAM dapat mengambil porsi penyimpanan memori internal. Kini hadir di Redmi Note 10 Pro 5G.

Teknologi ini dimungkinkan berkat penggunaan jenis penyimpanan internal yang kian instan kecepatan read/write speed-nya. Fitur sejenis ini pertama kali kami temukan lewat vivo X60 Pro 5G. Kemudian kembali kami temukan pada seri yang lebih terjangkau, vivo V21, hingga smartphone lain yang juga mengikuti seperti OPPO A74.

OPPO kemudian berencana untuk hadirkan fitur tersebut ke beberapa seri smartphone kelas menengah lainnya. Kali ini, Xiaomi tidak mau kalah, karena baru saja meluncurkan pembaruan untuk Redmi Note 10 Pro 5G. Membawa fitur penambah kapasitas RAM agar bisa menjadi lebih leluasa. Namun jangan terlalu senang lebih dulu ya.

Baca juga: Xiaomi Redmi Note 10 Pro 5G Pakai Chipset Dimensity 1100 & Speaker JBL

Mengapa begitu? Karena teknologi RAM expansion ini baru saja hadir pertama kali di Redmi Note 10 Pro 5G. Smartphone Xiaomi terbaru tersebut masih sekadar dirilis khusus untuk wilayah China. Artinya, MIUI yang digunakan juga versi negara tersebut, alias bukan MIUI Global. Pembaruan ini hadir dalam lewat MIUI 12.5.5 yang bisa didapatkan secara OTA atau over-the-air.

RAM 2GB Diambil dari Penyimpanan Internal

Redmi Note 10 Pro 5G

Berukuran sekitar 3,1GB, MIUI 12.5 versi terbaru untuk Redmi Note 10 Pro 5G juga membawa dukungan untuk Google Mobile Services (GMS) serta Google Play Store—dua fitur yang memang dibuat absen di MIUI versi China, karena memang layanan Google tidak dominan di sana. Lalu bagaimana cara kerja RAM expansion pada MIUI milik Xiaomi?

Dikutip dari Gizpie, setelah gunakan perangkat lunak terbaru, ada opsi tambahan dalam menu pengaturan dari Redmi Note 10 Pro 5G. Tambahan tersebut hanya sekadar opsi nyala/mati, dengan deskripsi bila sistem akan penambahkan kapasitas RAM sebesar 2GB apabila diaktifkan.

Redmi Note 10 Pro 5G - RAM expansion
Opsi baru untuk menambah virtual RAM di Redmi Note 10 Pro 5G.

Dengan begitu, Redmi Note 10 Pro 5G varian RAM 8GB bakal memiliki total memori hingga 10GB, sementara 6GB ke 8GB. Tidak ada opsi untuk mengatur sesuai keinginan, seperti di ColorOS milik OPPO yang bisa atur mulai dari 2GB sampai 5GB, hingga miliki total RAM sampai 11GB.

Belum ada informasi apakah fitur ini bakal hadir pula di seri lain, maupun MIUI versi global. Rumor lain juga mengatakan bila opsi virtual RAM bakal diperkenalkan pertama kali lewat MIUI 13. Benar atau tidaknya, kita nantikan saja bersama ya.

Spesifikasi Redmi Note 10 Pro 5G

Redmi Note 10 Pro 5G

Berbeda dengan seri Redmi Note 10 Pro yang beredar di Tanah Air, varian 5G dari seri Redmi tersebut punya spesifikasi yang lebih tinggi. Serta memiliki permukaan bodi bertektur pada dua opsi warnanya. Sisi yang diturunkan adalah panel layar 6, inci yang tak lagi AMOLED.

Gunakan cip MediaTek Dimensity 700 5G, tak hanya kemampuan komputasinya saja yang kencang, namun dukungan fast charging untuk isi daya 5,000 mAh hanya dalam waktu 42 menit. Sensor kamera belakang hanya ada tiga, dengan sensor utama 64MP.

Untuk berikan dukungan audio yang mumpuni, speaker stereo pada Redmi Note 10 Pro 5G sudah didukung oleh JBL, dan tersertifikasi Hi-Res Audio. Sayangnya, smartphone ini tak dilengkapi dengan jack audio 3,5mm. Sehingga harus merogoh kocek ekstra untuk adapter, selain dana Rp3,5 jutaan untuk membelinya (meski belum tersedia resmi di Tanah Air).

Tinggalkan komen