alexa

Cara Menambah RAM OPPO A74, Bisa Naik Sampai 11GB!

Meski spesifikasi smartphone makin ke sini makin canggih, aplikasi yang kita akses sehari-hari pun juga tak kalah demanding. Terutama dengan banyak konten video di dalamnya, bisa membutuhkan memori lebih banyak. Nah, untuk pengguna smartphone OPPO terbaru, tahukah bila RAM OPPO A74 bisa ditambah?

Tak perlu ilmu seperti root (yang bisa membuat masa garansi hangus), smartphone mid-range OPPO yang punya layar AMOLED satu ini dilengkapi sebuah fitur yang cukup unik. Ya, kamu bisa menambahkan kapasitas RAM OPPO A74 secara mudah, hanya dengan beberapa kali sentuh saja lewat menu pengaturan. Hingga kapasitas yang mendekati flagship masa kini.

OPPO A74 sendiri di Indonesia diluncurkan dalam dua versi; A74 4G dan A74 5G. Masing-masing memiliki kelebihannya masing-masing, jadi opsi terjangkau untuk konsumen yang inginkan sebuah smartphone future-proof, atau yang punya layar superior dengan teknologi pengisian daya kencang. Sama-sama dijual di rentang harga Rp3 jutaan saja.

Baca juga: Fitur Memory Expansion Bakal Ada di OPPO Reno5 4G & 5G, Bisa Perluas RAM

Cara Tambah RAM OPPO A74

RAM OPPO A74 4G

Okay, jadi bagaimana caranya untuk menambahkan kapasitas RAM di OPPO A74? Sebagai informasi, kemampuan ini hadir lewat sebuah fitur bernama RAM Expansion. Fitur tersebut dating lewat pembaruan perangkat lunak ColorOS 11.1 yang rilis pada awal Mei 2021 kemarin, tepatnya seri CPH2210_11_A.16. Jadi pastikan untuk perbarui perangkat lunak sebelum mencari fitur ini.

Bila sudah, cara tingkatkan RAM OPPO A74 mudah saja. Kamu hanya perlu mengakses menu Settings – About Phone. Nantinya, bakal tertampil spesifikasi smartphone seperti prosesor, nama perangkat lunak dan lainnya. Di bagian RAM, bakal tertampil kapasitas sesungguhnya yaitu 6GB. Sentuh saja bagian ini, dan nanti bakal ditampilkan menu baru yaitu RAM Expansion.

RAM OPPO A74 4G

Pada dasarnya, RAM expansion memungkinkan smartphone unuk mengambil sebagian kapasitas memori dari penyimpanan internal, untuk dijadikan RAM secara virtual. Dengan begitu, RAM OPPO A74 kamu bisa bertambah. Fitur ini bisa diaktifkan maupun dinonaktifkan, bila memang kamu lebih mengutamakan untuk simpan file.

Kalau kapasitas 128GB sudah cukup luas, bisa banget kamu manfaatkan untuk tambah RAM OPPO A74. Dalam menu RAM Expansion, kamu bisa pilih dari tiga opsi kapasitas yang ada; 2GB, 3GB dan 5GB. Otomatis bila memilih opsi tertinggi, bakal membuat perangkat bisa memiliki RAM sampai 11GB—melebihi beberapa smartphone flagship Android yang masih punya kapasitas 8GB!

RAM yang lega membuat kinerja prosesor lebih ringan, karena tak perlu berulang-ulang menjalankan aplikasi maupun gim dari awal. Prosesnya bisa tersimpan di latar, dan bisa dilanjutkan dengan instan saat multitasking atau berpindah aplikasi. Fitur ini nantinya juga bakal hadir di OPPO Reno5 series, dan tidak menutup kemungkinan ke seri lainnya.

Spesifikasi OPPO A74

OPPO A74 4G & 5G

OPPO A74 sendiri memiliki kombinasi spesifikasi menarik. Tentunya, dengan desain cantik yang dibuat tipis dan ringan—hanya 8mm dengan bobot 175 gram. Selain layar AMOLED yang memanjakan mata, smartphone Android Rp3 jutaan satu ini juga memiliki chipset Qualcomm Snapdragon 662 octa-core 11nm yang kencang dan hemat daya.

Terdapat setup tiga sensor kamera dengan sensor utama 48MP f/1.7 yang cukup reliabel di segala kondisi. Sementara kapasitas baterainya juga tergolong besar di 5,000 mAh. Tak hanya itu, pengisian dayanya juga kencang, mencapai 33 watt. Dengan begitu, mengisi daya 30 menit sudah bisa mencapai sekitar 55%.

Dibanderol dengan harga Rp3,499 juta, OPPO A74 bisa jadi pilihan smartphone gaming terjangkau yang tak mengesampingkan desain dan kualitas layar. Sementara bila Gizmo friends mencari smartphone 5G yang termurah di Indonesia (setidaknya hingga artikel ini dibuat), OPPO A74 5G bisa didapat seharga Rp3,799 juta saja. Sesuaikan dengan kebutuhan ya!

Tinggalkan komen