alexa

Jajaran Smart TV Samsung 2021 Gunakan Panel Neo QLED & Micro LED

Bukan hanya smartphone saja, Samsung Electronics juga terus rilis jenis perangkat elektronik lainnya untuk penuhi kebutuhan konsumen, dengan fitur-fitur canggih yang lebih relevan. Mengawali 2021, Samsung baru saja mengadakan sebuah acara virtual First Look, perlihatkan jajaran TV canggih terbarunya lebih awal dari gelaran CES 2021.

Jajaran smart TV terbaru Samsung ini dihadirkan sebagai bagian komitmen mereka untuk aksesibilitas, keberlangsungan serta inovasi yang bisa membantu tingkatkan peran TV di rumah konsumennya. Selain lebih ramah lingkungan, smart TV Samsung edisi 2021 ini bakal dilengkapi fitur lain untuk pendukung kegiatan seperti bermain gim serta penunjang olahraga di dalam rumah.

Konsumsi listriknya dihemat, packaging dibuat lebih ramah lingkungan, hingga remote yang dibuat dengan sumber daya tenaga surya, bisa diisi dari cahaya dalam maupun luar ruangan. Seluruh TV QLED & Neo QLED Samsung di tahun ini juga dilengkapi AI untuk bantu fitur aksesibilitas seperti caption, sign language zoom hingga multi-output audio untuk bantu konsumen yang gunakan alat dengar.

Baca juga: Tantangan Samsung dalam Mengembangkan TV Layar Rotasi The Sero

Samsung Neo QLED Punya Serangkaian Fitur Pintar

Samsung Neo QLED

Salah satu smart TV baru yang diluncurkan Samsung untuk 2021 adalah seri Neo QLED, dihadirkan pada dua seri TV flagshipnya yaitu 8K (QN900A) dan 4K (QN90A). Seri ini gabungkan teknologi Quantum Matrix serta Neo Quantum Processor, ke dalam sebuah “Quantum Mini LED”.

Lalu apa benefitnya? Dengan layer LED yang lebih padat dan skala pencahayaan yang lebih lebar (12 – 4096 tingkatan), konten HDR yang ditampilkan bisa lebih maksimal. Area gelap akan terlihat gelap pekat, dan bagian yang cerah terlihat cerah. Prosesor Neo Quantum yang digunakan juga mendukung AI upscaling, seluruh konten ditingkatkan ke 4K & 8K secara otomatis.

Dengan desain bezel-less, smart TV premium Samsung ini juga dilengkapi aplikasi Samsung Health dengan video pelatihan interaktif yang bisa dikendalikan lewat Bixby. Dan selain pengoptimalisasian gim, Samsung Neo QLED TV juga bisa digunakan untuk panggilan video Google Duo, namun memerlukan aksesori kamera USB tambahan.

Bezel Tipis Samsung MICRO LED TV Punya Daya Tarik Tersendiri

Samsung Micro LED Smart TV

Seri kedua yang diluncurkan oleh Samsung adalah MICRO LED TV. Tersedia hingga dimensi 110 inci, teknologi MICRO LED gunakan lampu LED berukuran sangat kecil, dengan total hingga 24 juta lampu individual. Menggunakan Monolith Design, rasio layar ke bodinya mencapai 99%, seolah tidak ada bezel.

Samsung MICRO LED TV diklaim bisa hasilkan visual yang terlihat nyata dan kecerahan maksimal. Dan dengan fitur 4Vue (Quad View), konsumen dapat menonton empat konten yang berbeda sekaligus. Baik dalam satu layar, maupun dengan menyambungkan monitor eksternal. Plus dukungan audio 5.1 channel tanpa perlu speaker tambahan.

Samsung The Frame 2021 Hadir Lebih Ramping

Samsung The Frame 2021 Smart TV

Samsung juga perkuat portofolio Lifestyle TV mereka, sebuah smart TV yang juga cocok menjadi bagian dari dekorasi rumah. Rilis sejak 2017, Samsung The Frame sudah terjual lebih dari satu juta unit. Buktikan minat konsumen akan televisi yang nyaman dilihat secara desain, menyerupai pigora lukisan.

The Frame edisi 2021 bakal hadir dengan memangkas ketebalannya hampir 50%, berikan tampilan bingkai foto yang lebih nyata. Samsung juga berikan lima opsi warna berbeda dan opsi dua desain bingkai agar sesuai dengan selera estetika konsumen.

Yang juga spesial dari Samsung The Frame adalah Art Store, di mana pengguna bisa menampilkan lebih dari 1,400 konten lukisan yang telah dikurasi oleh Samsung. Dengan teknologi AI, perangkat TV terbaru Samsung ini bakal bisa tampilkan jenis lukisan atau artwork yang sesuai dengan personal penggunanya.

Tunjukkan Komen (1)