Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Makin Produktif dengan Samsung DeX Nirkabel di Galaxy Note20 Series

0 1.093

Smartphone kini telah menjadi bagian penting pengguna, tidak hanya sebagai medium entertainment tapi juga untuk menjalankan pekerjaan dan passion. Riset yang dilakukan oleh Google menemukan bahwa 75% orang menyatakan bahwa smartphone membantu mereka menjadi lebih produktif .

Untuk mendukung produktivitas dan aktivitas multitasking, Galaxy Note20 series punya banyak fitur unggulan yang saling melengkapi sehingga bisa digunakan secara optimal. Selain kemampuan pro-grade camera, prosesor, dan daya tahan baterai, smartphone ini bisa menjadi medium untuk mendukung produktivitas menjadi lebih powerful. Hal itu karena Galaxy Note20 series memiliki fitur Samsung DeX.

Baca juga: Kilas Balik Samsung Galaxy Note, Pelopor Phablet dengan Inovasi S Pen

Samsung DeX adalah salah satu fitur produktivitas paling seamless yang ada pada Galaxy Note20 series. Untuk mengetahui lebih jauh mengenai kemampuannya, simak ulasannya berikut ini.

Evolusi Samsung DeX

Samsung DeX pertama kali diperkenalkan 2017 di Galaxy S8. Fitur ini memungkinkan ponsel menjadi komputer desktop saat dihubungkan ke monitor. Hanya saja waktu itu diperlukan alat tambahan berupa docking untuk menghubungkan ponsel  dengan monitor. Docking tersebut turut memiliki port USB untuk memasang mouse dan keyboard.

Seiring waktu fitur ini terus ditingkatkan. Di Galaxy Note9, Samsung menghadirkan dongle port USB Type C ke HDMI. Setahun berikutnya Samsung membuat makin ringkas. Untuk menggunakan DeX, pengguna hanya perlu menghubungkan monitor ke Galaxy Note10 memakai kabel USB Type C saja.

Samsung melakukan peningkatan signifikan pada fitur DeX di Galaxy Note20 series. Kini pengguna tidak perlu kabel untuk menggunakan fitur ini sehingga bikin penggunanya makin produktif meski bekerja di rumah sekalipun.

Kelebihan Samsung DeX di Galaxy Note20 Series

Samsung DeX di Galaxy note20

1. Bisa diakses secara nirkabel

Kelebihan dari Samsung DeX di Galaxy Note20 adalah bisa diakses secara nirkabel. Akses nirkabel ke TV ini cuma memerlukan syarat bahwa baik layar maupun Samsung Galaxy Note20 Series berada dalam sambungan WiFi yang sama. TV yang digunakan sebagai monitor juga harus telah mendukung konektivitas Miracast.

Samsung DeX juga akan melakukan penyesuaian tampilan jika smartphone telah terhubung ke perangkat yang layarnya lebih besar. Tampilan Samsung DeX di smart TV, misalnya, benar-benar disesuaikan dengan tampilan khas komputer. Dokumen di dalam smartphone Samsung Galaxy bisa dibuka di layar smart TV, lalu dokumen itu bisa diubah dan dikelola lebih lanjut. Pengalaman ini membuat fitur DeX benar-benar menyulap smartphone jadi sebuah komputer.

Bedanya dengan screen mirroring konvensional adalah Samsung DeX menghadirkan antarmuka yang dioptimalkan untuk memberikan pengalaman komputasi desktop. Sedangkan screen mirroring konvensional hanya menghadirkan tampilan yang persis tampilan pada layar smartphone. Samsung DeX memungkinkan kita untuk melakukan berbagai hal yang lazim dilaksanakan pada suatu PC desktop, seperti melihat berbagai aplikasi dan mengubah ukuran jendela. Sementara, screen mirroring konvensional hanya memberikan tampilan yang lebih besar.

2. Membuat dan menampilkan presentasi semakin mudah 

Baterai laptop habis dan lupa bawa charger ketika akan melakukan presentasi dengan klien? Kehadiran DeX wireless akan sangat membantu bagi yang kerap melakukan perjalanan bisnis. Pengguna tidak perlu direpotkan membawa dongle atau kabel saat hendak presentasi. Cukup hubungkan Galaxy Note20 series ke televisi. Lalu jalankan mode DeX seketika materi presentasi yang telah dibuat di Galaxy Note20 bisa ditampilkan di layar yang lebih besar.

Kita bisa mempresentasikan file yang ada di smartphone dan menyambungkan ke layar TV/ laptop. Untuk berganti slide, bisa dilakukan langsung pada Galaxy Note20 atau memanfaatkan Air Action pada S Pen. Jika DeX digunakan pada laptop, kita bisa menggunakan mouse dan keyboard agar melakukan pekerjaan lebih mudah.

Fitur ini makin sempurna jika memanfaatkan S Pen sebagai pointer atau remote presentasi. Dapat pula menggunakan Galaxy Note20 sebagai touchpad dengan kemampuan multi gesture atau keyboard untuk menambahkan catatan.
Baca juga: 13 Fitur Unggulan S Pen di Samsung Galaxy Note20 Series

3. Produktif dengan Dua Layar Sekaligus

Keunggulan lainnya adalah Samsung Galaxy Note20 dan layar TV bisa menampilkan dua tampilan berbeda. Contohnya bisa menampilkan video tutorial di layar TV sembari melakukan pencatatan pada Samsung Galaxy Note20 series.

Pengguna bisa menaikkan level multi-tasking ke level selanjutnya. Dalam mode Samsung DeX, kita dapat melihat lebih detail pada video, karya seni, dan dokumen dengan tampilan yang lebih besar sambil tetap menggunakan smartphone. Tonton film di monitor sambil memeriksa teks, atau lakukan panggilan saat me-review dokumen tanpa mengganggu fokus. Dengan Samsung DeX, kita memiliki dua layar untuk melakukan dua kali lipat lebih banyak.

4. Galaxy Note20 Bisa Jadi Touchpad

galaxy note20 ultra samsung dex touchpadTak hanya aksesibilitas baru, Samsung Galaxy Note20 dan Samsung Galaxy Note20 Ultra juga bisa berperan sebagai mouse pad atau touchpad. Sebelumnya, Samsung DeX memerlukan keyboard dan mouse fisik untuk navigasi.

Ketika menggunakan Samsung DeX pada Samsung Galaxy Note20, terdapat opsi untuk menggunakan Samsung Galaxy Note20 series sebagai touchpad. Dengan begitu, kita bisa menggeser kursor pada tampilan layar besar dengan menyentuh dan menggeser jari pada layar Samsung Galaxy Note20, layaknya menggunakan touchpad laptop.

Seperti Samsung DeX yang menggunakan koneksi kabel, penggunaan Wireless Samsung DeX juga tetap bisa terhubung dengan keyboard dan mouse eksternal menggunakan Bluetooth. Dengan tambahan keyboard dan mouse, Samsung DeX pada Samsung Galaxy Note20 semakin menghadirkan pengalaman ala komputasi desktop.

5. Mengoptimalkan Layar Besar

Beberapa aplikasi yang kita gunakan setiap hari dioptimalkan untuk bekerja dalam berbagai ukuran layar, misalnya seperti MS Office Suite, Browser hingga YouTube. Aplikasi tersebut nyaman untuk dilihat di smartphone, tapi dengan menggunakan Samsung DeX kita dapat menyelesaikan pekerjaan dalam waktu singkat hingga mendapatkan pengalaman hiburan lebih menyenangkan.

MS Office Suite bisa dibuka kapanpun dibutuhkannya, khususnya ketika akan presentasi ke partner.
Samsung DeX bisa dimanfaatkan untuk panggilan video conference untuk berkomunikasi dengan tampilan lebih puas.

Foto dan video yang perlu di-edit, bisa diperiksa lagi dengan lebih detail dan mengeditnya langsung dengan Samsung DeX melalui PC atau Mac.  Bermain game menggunakan DeX, untuk pengalaman bermain lebih baik karena menggunakan layar yang lebih besar.

6. Ragam Aplikasi Pendukung Samsung DeX 

Kita tidak perlu khawatir ketika ingin mengakses aplikasi favorit untuk digunakan pada Samsung DeX. Samsung menjalin kemitraan dengan partner terpercaya untuk turut mengoptimalkan kemampuan dari Samsung DeX. Berikut dafar beberapa aplikasi yang optimal bekerja pada Samsung DeX.

  • Aplikasi produktivitas: MS Office Suite, dll.
  • Aplikasi editing: Adobe Premiere Rush, Adobe Photoshop Sketch, Adobe Photoshop Mix, dll.
  • Aplikasi Entertainment: YouTube, Spotify, Google Play Movies & TV, dll.
7. Link to Windows

Jika dihubungkan dengan laptop, ponsel ini membantu pengguna bekerja lebih nyaman dan efisien. Karena Galaxy Note20 memiliki fitur Link to Windows yang terintegrasi langsung ke dalam Quick Panel. Dengan fitur ini, pengguna dapat dengan mudah menghubungkan Galaxy Note20 ke PC berbasis Windows 10 dan menampilkan layar smartphone, mengirim dan menerima pesan, dan melihat notifikasi hingga foto langsung dari komputer.

Link to Windows dapat diakses melalui Quick Panel atau dengan mengakses Setting> Advance Features. Setelah pengguna masuk ke akun Microsoft, Galaxy Note20 secara otomatis menautkan PC. Simpel dan mudah.


Cek harga Smartphone Samsung di:

ERASPACE LAZADA SHOPEE Blibli  Bukalapak App Tokopedia


Disclosure: artikel ini merupakan kerja sama dengan Samsung Electronics Indonesia