Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Office 365 Berubah Menjadi Microsoft 365, Bawa Fitur Editor Canggih

0 13.904

Microsoft memutuskan untuk mengganti nama layanan perangkat lunak, Office 365 mereka menjadi Microsoft 365. Pilihan paketnya juga dibuat mudah, hanya Personal dan Family plan, menghadirkan beberapa fitur baru dengan tarif berlangganan yang sama.

Dengan berlangganan Microsoft 365, kamu akan mendapat berbagai keuntungan utama seperti akses ke Word, Excel, Powerpoint, Outlook, Publisher, Access, Teams dan gratis menelepon 60 menit melalui Skype. Kamu dapat menggunakannya di berbagai platform seperti Windows, macOS, iOS dan Android. Plus, penyimpanan hingga 1TB di OneDrive.

Jika kamu sudah berlangganan Office 365 sebelumnya, maka per tanggal 21 April mendatang otomatis berubah menjadi Microsoft 365 Personal atau Family. Harganya juga tetap sama, yaitu USD6,99 untuk satu orang per bulan (USD69,99 tahunan) dan USD9,99 (atau USD 99,99 per tahun) untuk keluarga hingga enam orang anggota.

Baca juga: Aplikasi Microsoft Office Untuk Android & iOS Hadir Lebih Ringkas

Microsoft 365 Membawa Fitur Editor Pintar

Fitur baru yang akan hadir salah satunya adalah Microsoft Editor. Jika kamu familiar denggan cara kerja aplikasi bernama Grammarly, maka Microsoft Editor punya metode yang sama. Diperkenalkan pada tahun 2019, Editor mampu mendeteksi apabila kamu menggunakan pilihan kata yang sama terlalu sering dan memberikan saran pengganti. Nah, di 2020, fitur ini bahkan bisa memberikan saran gaya bahasa sampai mengubah nada kalimat sesuai dengan gaya penulisan masing-masing, lewat machine learning dan AI.

Untuk pelajar, Editor dilengkapi pendeteksi plagiarisme agar tulisan yang kamu buat tidak akan bermasalah ketika dikumpulkan. Microsoft Editor juga tersedia sebagai ekstensi browser seperti Google Chrome, jadi kamu bisa cek penulisan sebelum memposting sebuah tweet atau artikel di WordPress.

Excel juga diperbarui dengan fitur keuangan yang memudahkan penggunanya melacak kegiatan finansial melalui tabel dan chart, plus membuatkan chart khusus seperti pengeluaran bulanan, sehingga tidak perlu menggunakan aplikasi pihak ketiga. Sedangkan PowerPoint akan memiliki fitur Presenter Coach, dimana kamu bisa berlatih membawakan sebuah presentasi, dan aplikasi akan memonitor tone suara untuk memberi saran agar lebih pas didengar supaya tidak membosankan.

Dan untuk mencegah terjadinya bentrok antara jadwal pekerjaan dengan pribadi, Outlook memberikan solusi baru yang memudahkan pengguna melihat jadwal keduanya dalam sebuah tampilan yang lebih kohesif. Bahkan secara otomatis menambah jadwal kegiatan sekolah hanya dengan menginputkan kode pos, namun sepertinya fitur ini masih belum bisa diimplementasikan di Indonesia, ya.

Dua Aplikasi Baru di Microsoft 365

Family Safety & Teams di Microsoft 365

Kedepannya, Microsoft akan merilis Family Safety dan Teams for Consumer, dua aplikasi baru untuk melengkapi layanan Microsoft 365. Family Safety bisa dianggap seperti Screen Time milik Apple, atau Digital Wellbeing pada Android. Aplikasi tersebut akan menampilkan kegiatan masing-masing anggota dalam satu keluarga, dan kepala keluarga bisa memberikan limit akses ke aplikasi, website, maupun game tertentu. Selain itu, aplikasi ini bisa mengirimka notifikasi tiap kali anggota keluarga sedang keluar rumah, kantor maupun sekolah, atau share lokasi secara real-time. Nantinya, Family Safety bakal dirilis pertama kali untuk platform Android, Windows dan konsol game Xbox.

Sedangkan Teams for Consumers serupa dengan Slack, yang penggunaannya dibuat lebih mainstream untuk berkomunikasi antar teman dan keluarga. Aplikasi messenger ini fokus pada produktivitas, mampu mensortir file dokumen bahkan foto dan video secara otomatis untuk mempermudah pencarian. Pengguna juga bisa membuat daftar tugas yang bisa diedit maupun akses anggota lain, maupun memberikan tugas tertentu kepada seorang anggota grup. Microsoft mentargetkan aplikasi ini untuk konsumen Microsoft 365 yang sedang merencanakan sebuah perjalanan, acara organisasi maupun lain sejenisnya.

Baik Family Teams maupun Teams for Consumer belum diketahui jadwal perilisan tepatnya. Beberapa fitur seperti PowerPoint Presenter Coach yang awalnya dirilis gratis selama masa percobaan, nantinya hanya eksklusif untuk pengguna Microsoft 365.