Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Aplikasi Microsoft Office Untuk Android & iOS Hadir Lebih Ringkas

0 1.338

Beberapa bulan lalu, Microsoft merilis aplikasi bernama Office—menggabungkan semua fungsi dari Word, Excel dan PowerPoint ke dalam satu aplikasi praktis. Aplikasi tersebut dirilis dalam versi public preview dan awalnya tersedia hanya untuk iOS, menyusul kemudian pada sistem operasi Android. Kemarin (19/2), Microsoft meresmikan aplikasi tersebut dan merilisnya secara global.

Ya, selama ini aplikasi untuk masing-masing jenis dokumen tersebut tersedia secara terpisah, mengharuskan penggunanya untuk mengunduh tiga aplikasi berbeda, dengan ukuran memori yang tidak kecil. Microsoft ingin membuat pengguna Office dapat bekerja secara mudah dan terintegrasi, baik pengguna kantor, rumah serta pelajar. Dengan itu, aplikasi Office ini dirilis untuk perangkat mobile.

Baca juga: Ini yang Dilakukan Grab dan Microsoft untuk Digitalisasi UMKM di Indonesia

Sebenarnya tak hanya tiga fungsi aplikasi saja yang digabungkan. Selain Word, Excel dan PowerPoint dengan kapabilitas yang sama seperti masing-masing aplikasi individu, Microsoft juga mengintegrasikan fitur Lens, dimana kamu bisa menggunakan kamera ponsel untuk mengubah gambar menjadi dokumen Word, Excel, maupun PDF. Kamu juga bisa menangkap coretan pada whiteboard dengan mudah lewat peningkatan digital, agar lebih mudah terbaca.

Fitur Baru Aplikasi Microsoft Office Versi Mobile

Selain itu, aplikasi Microsoft Office juga punya beberapa fitur tambahan baru seperti membuat catatan cepat, tanda tangan dokumen PDF, membaca kode QR dan transfer file antar perangkat. Dukungan layanan penyimpanan pihak ketiga seperti Box, Dropbox, Google Drive dan iCloud juga ada, plus template untuk membuat dokumen baru. Saat ini, aplikasi Office hanya akan tersedia untuk perangkat tablet tertentu. Microsoft berkomitmen untuk terus memperbarui aplikasinya agar lebih optimal baik untuk tablet Android maupun iOS (iPad OS).

Selain fitur-fitur yang sudah ada, Microsoft juga memberikan gambaran tiga fitur baru yang bakal hadir dalam beberapa bulan mendatang. Word Dictation dapat mempermudah kamu untuk membuat dokumen Word hanya melalui suara dan mengubahnya dalam bentuk teks secara otomatis. Lalu ada Excel Card View, dimana kamu nantinya bisa melihat data pada row tabel tertentu dengan tampilan berbentuk card-based yang lebih simpel, tidak perlu menggeser kolom. Yang terakhir, ada fitur Outline to PowerPoint. Tulis judul serta isi presentasi dalam bentuk poin-poin, dan Office akan mengubahnya menjadi slide dengan gaya dan format yang otomatis disesuaikan.

Kamu dapat mengunduh aplikasi Microsoft Office versi ringkas ini sekarang juga melalui Google Play Store (Android) maupun App Store (iOS). Aplikasi ini gratis, namun jika kamu ingin membuka fitur-fitur yang lebih kompleks, pastikan untuk subscribe kedalam layanan berlanggan Office 365 ya.