Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Fitur iOS 11 Ini Akan Membuat iPhone Tidak Bisa Digunakan Sambil Berkendara

Dengan fitur ini, pengguna bisa mengirimkan dan membalas pesan secara otomatis selama berkendara ketika terhubung dengan Bluetooth atau kabel di dalam mobil.

0 1.551

iPhone selama ini dituding sebagai biang keladi atas meningkatnya jumlah kecelakaan lalu lintas di Amerika Serikat. Tidak mengherankan jika Apple akhirnya menghadirkan fitur terbaru di iOS 11 yang akan membuat pengguna iPhone tetap fokus berkendara.

Fitur bernama Do Not Disturb While Driving (DNDWD) ini nantinya akan tersedia pada musim gugur nanti berbarengan dengan dirilisnya iOS 11. Dengan fitur ini, pengguna bisa mengirimkan dan membalas pesan secara otomatis selama berkendara ketika terhubung dengan Bluetooth atau kabel di dalam mobil. Sebaliknya, iPhone tidak bisa menerima pesan masuk ketika pengguna sedang berkendara.

Ketika ada pesan masuk, maka secara otomatis smartphone ini akan mengirimkan balasan “I’m driving with Do Not Disturb turned on. I’ll see your message when I get where I’m going. If this is urgent, reply ‘urgent’ to send a notification through with your original message.”

Untuk mendukung navigasi pengguna selama perjalanan, Apple Maps masih bisa digunakan ketika fitur iOS 11 ini diaktifkan, hanya saja pengguna tidak bisa memilih destinasi ketika fitur DNDWD telah diaktifkan. Ketika pengguna sampai di tempat tujuan, maka akan ada opsi “I’m Not Driving” untuk mengaktifkan iPhone seperti biasa.

iOS 11 DNDWD

Kehadiran DNDWD akan memperkuat fitur lainnya yang dibawa iOS 11, seperti kemampuan multitasking yang lebih intuistif di iPad dengan adanya Dock yang bisa dikustomisasi, pengalaman augmented reality di iPhone dan iPad, hingga Siri yang akan semakin pintar.

Dengan adanya fitur DNDWD diharapkan kecelakaan berkendara akan semakin menurun. Pasalnya, berdasarkan data dari Centers for Disease Control and Prevention di Amerika Serikat, sebanyak 8 orang tewas setiap harinya dan 1.161 orang terluka akibat kecelakaan lalu lintas.

Joel Feldman, founder End Distracted Driving mengatakan Apple terbilang terlambat mengeluarkan fitur DNDWD di iOS 11. Menurutnya, pengguna iPhone terlibat dalam ratusan kasus kecelakaan dan Apple tidak bisa memungkiri fakta tersebut.

“Terlepas dari fitur DNDWD, kecelakaan yang melibatkan iPhone akan terus berlanjut. Semoga produsen smartphone lain seperti Samsung dan Nokia akan melakukan lebih banyak lagi untuk melindungi kita,” ujarnya seperti dikutip dari Huffington Post.