Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Ini yang Dilakukan Grab dan Microsoft untuk Digitalisasi UMKM di Indonesia

Berdasarkan data dari Asosiasi UMKM Indonesia, dari sekitar 63 juta pelaku UMKM di Indonesia, baru sekitar 8 persen atau 15 juta yang memanfaatkan platform online. Peluang inilah yang dilirik Grab dan Microsoft yang berkolaborasi menghadirkan Grab For Business 365.

Lewat kehadiran produk bundling tersebut, pengguna layanan dapat menikmati layanan dari Microsoft Office 365 dan Grab For Business secara terintegrasi. Grab for Business yang sebelumnya telah memiiki 7.400 pelanggan di 224 kota diharapkan dapat menjangkau lebih banyak lagi pelaku UMKM di Indonesia.

Hal tersebut dipertegas oleh President Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata yang menyebut kolaborasi dua raksasa teknologi tersebut sebagai upaya untuk mendorong pengelolaan perusahaan berskala kecil dan menengah di Indonesia agar lebih efektif dan efisien.

“Selama lima tahun perjalanan kami di Indonesia, Grab terus berupaya menghadirkan inovasi yang mendukung bisnis, berbagai use case yang ditawarkan oleh layanan ini sangat bagus apa bila UMKM belum memiliki dua platform transportasi dan komputasi ini,” kata Ridzki saat jumpa pers di Jakarta (28/11).

Kendati demikian, Ridzki menuturkan, tidak menutup kemungkinan layanan seperti manajemen karyawan (SDM), perjalanan dinas, pemesanan hotel juga bisa dikembangkan ke depannya.

Sementara itu Haris Izmee, Presiden Direktur Microsoft Indonesia dalam kesempatan yang sama menilai Grab sebagai salah satu mitra strategis bisnis Microsoft di Indonesia.

“Kami memiliki lebih dari 1.300 partner yang terus tumbuh, sebagai perusahaan komputasi awan terdepan tentunya kami terus membuka peluang dalam komitmen kami mendorong cloud bagi semua kalangan,” kata Haris.
Baca juga  ABI Research: Grab Memimpin Pasar di Indonesia 64%

Related Posts
1 daripada 14

Grab for Business 365

Ki-ka: Presiden Direktur Microsoft Indonesia Haris Izmee dan Presiden Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata

Grab For Business 365 diklaim dapat menawarkan kemudahan bagi pebisnis dalam berbagai hal yang meliputi proses pengajuan dan persetujuan perjalanan bisnis, visualisasi data, serta platform komunikasi berbasis Microsoft Teams

Layanan tersebut tersedia bagi pengguna Microsoft Office 365 yang bisa mendaftar untuk layanan perjalanan perusahaan, sementara pengguna Grab For Business mendapatkan keuntungan untuk gratis akses terhadap layanan pengolahan dokumen berbasis komputasi awan milik Microsoft itu selama enam bulan pertama.

Untuk mendukung hal tersebut, Haris mengklaim Microsoft secara global telah menggelontorkan investasi senilai 15 miliar dolar untuk infrastruktur komputasi awan (cloud) dan akan menggeser model bisnis dari sistem lisensi ke sistem berlangganan (subscription).

“Selama hampir  25 tahun kehadirannya di Indonesia, Microsoft Indonesia terus membantu bisnis dan individu mencapai lebih, melalui berbagai solusi teknologi,” katanya.

Grab dan Microsoft mengatakan kolaborasi Grab For Business 365 telah hadir sejak September 2019 dan diharapkan menjadi salah satu solusi terhadap berbagai tantangan dan hambatan bisnis di era digital saat ini.