Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Mengenal Surface Neo dan Surface Duo, Tablet Layar Ganda Inovasi Microsoft

Bisnis device Microsoft masih eksis. Walau harus berjibaku dengan para kompetitor yang kuat di pasarnya, Microsoft terus berupaya menghidupi divisi perangkat keras ini. Menariknya, bukan sekadar ada, tetapi mengembangkannya dengan serius. Salah satu hasilnya adalah dua produk terbarunya Microsoft Surface Neo dan Surfaceo Duo yang inovatif.

Microsoft memperkenalkan dua gawai unik tersebut bersamaan dengan jajaran Surface terbaru lainnya di ajang Holiday 2020 yang digelar di New York (2/10/2019). Panos Panay, Chief Product Officer Microsoft mengatakan ketika memulai Surface, pihaknya memiliki visi untuk menghilangkan konflik antara tablet dan laptop.

Menurutnya, apa yang dimulai sebagai upaya untuk menciptakan perangkat 2-in-1 berevolusi menjadi produk line-up yang lebih fleksibel, lebih mudah beradaptasi dan lebih pribadi. “Kami tahu bahwa untuk menjadi yang terbaik, kamu memerlukan perangkat yang beradaptasi untuk membantu mencapai tujuan. Produk-produk baru ini bakal memberdayakanmu untuk menjadi yang paling produktif, dan paling kreatif,” ujarnya.

Secara total, ada 5 perangkat yang diperkenalkan di Holiday 2020 yaitu Microsoft Surface Laptop 3, Surface Pro 7, Surface Pro X, Surface Neo, dan Surface Duo. Dua perangkat yang disebut terakhir saya bahas lebih rinci karena paling menarik perhatian, walau seri yang lain juga tak kalah kerennya di mana akan saya tuliskan di artikel terpisah.

Apa yang menarik dari Surface Neo dan Surface Duo? Tak lain, ini adalah perangkat layar ganda pertama dari Microsoft dengan ukuran yang lebih kompak layaknya tablet dengan kemampuan komunikasi selaknya smartphone.

Baca juga: Microsoft Akui Ada Bug di Windows 10, Bikin Laptop Lemot

Microsoft Surface Neo

Related Posts
1 daripada 45

Surface Neo

Surface Neo adalah perangkat layar ganda yang dibangun untuk produktivitas. Sistem operasinya memakai Windows 10X yang merupakan versi Windows 10 yang dikustomisasi untuk layar ganda. Setelah Surface Neo, sistem operasi Windows X ini akan diadopsi juga di perangkat layar ganda yang diproduksi ASUS, Dell, HP dan Lenovo.

Tablet ini memakai engsel yang bisa diputar 360 derajat penuh, sehinga menghubungkan dua layar berukuran 9 inchi. Keberadaan engsel 360 derajat tersebut memungkinkan Surface Neo untuk beradaptasi dengan postur apa pun yang dibutuhkan. Misalnya saat membukanya, kita bisa memiliki layar lebar berukuran 13 ”penuh seperti laptop dengan panel LCD tertipis di kelasnya.

Gawai ini dibangun untuk produktivitas dan multitasking seperti PC. Microsoft Surface Neo bisa menjalankan aplikasi produktivitas penuh, dengan keyboard yang dapat dilepas dan kompatibilitas dengan Surface Pen dan mouse Bluetooth.

Microsoft Surface Duo

Microsoft Surface DuoSurface Duo adalah Surface pertama yang pas di saku. Tablet Microsoft Surface Duo menyatukan pengalaman produktivitas Microsoft dengan aplikasi Android. Perangkat ini hadir dengan desain Surface  yang berukuran kompak sehingga lebih mudah dibawa ke mana saja.

Bukan sekadar tablet, Microsoft Surface Duo juga memiliki konektivitas seluler sehingga bisa untuk melakukan panggilan telepon. Perangkat ini memiliki dua layar 5,6 inci setipis kertas yang kalau dibuka, bisa membentang menjadi 8,3 inchi. Dan seperti halnya Surface Neo, perangkat ini juga dapat digunakan dalam berbagai mode untuk memungkinkan bekerja sesuai keinginan.

Kapan perangkat tersebut sampai di Indonesia? Ini pertanyaan yang sulit untuk direalisasikan. Jika mengacu ke perangkat Surface sebelumnya yang tidak beredar di sini, kemungkinan besar jajaran produk terbaru Microsoft Surface juga tidak akan dipasarkan di Indonesia. Terlebih untuk Surface Duo yang memiliki konektivitas seluler, bakal makin sulit masuk secara resmi.