Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Samsung Galaxy A72 Punya Kamera 64MP OIS & 3x Zoom, Harga Rp6 Jutaan

0 9.046

Bersamaan dengan hadirnya Galaxy A52 dan A52 5G, Samsung tak lupa untuk merilis pembaruan dari smartphone kelas menengahnya yang punya layar lebih besar. Bawa peningkatan lebih jauh di sektor kamera, Samsung Galaxy A72 justru hadir dalam varian 4G saja. Desain desain yang identik tentunya.

Di tahun ini, Samsung tak lagi gunakan desain yang terlalu menyala seperti back cover Galaxy A51 & A71 versi awal (meski kemudian hadir opsi warna Haze Crush Silver) yang lebih kalem. Tetap hadir warna-warni, kini permukaannya gunakan bahan matte yang lembut di tangan. Berbeda dari Galaxy A32 yang justru dibuat glossy. Tonjolan kamera tetap hadir dengan alasan yang sangat bisa diterima.

Selain kamera superior, baterai dan layar yang juga lebih besar, Samsung Galaxy A72 kini dibuat tahan debu dan air hingga kedalaman 1 meter (30 menit) berkat sertifikasi IP67. Membuatnya kembali membawa ciri khas Samsung Galaxy A-series beberapa tahun silam. Tetap hadir dalam bodi tipis dengan profil 8,4mm saja.

Spesifikasi Samsung Galaxy A72

Samsung Galaxy A72

Untuk bobotnya sendiri, Samsung Galaxy A72 4G sedikit melewati 200 gram. Hal tersebut karena dimensi layarnya yang sedikit lebih besar di 6,7 inci. Sama-sama gunakan panel Super AMOLED dengan resolusi full HD+, kamera punch-hole, refresh rate 90Hz serta kecerahan maksimum hingga 800 nits.

Menemani layarnya yang luas, disematkan pula speaker stereo yang disempurnakan oleh AKG, juga mendukung efek suara Dolby Atmos. Samsung siapkan kapasitas baterai 5,000 mAh yang diklaim sanggup bertahan hingga dua hari pemakaian. Bisa diisi ulang dengan kecepatan maksimum 25 watt.

Sama seperti Galaxy A52, Samsung Galaxy A72 turut gunakan chipset Snapdragon 720G dengan opsi RAM 8GB dan memori internal 128/256GB. Slot kartu yang digunakan adalah hybrid, mendukung kartu microSD hingga kapasitas 1TB.

Selain ukuran layar dan baterai, peningkatan yang dibawa adalah setup empat kamera belakangnya. Selain sensor utama 64MP ber-OIS, Samsung juga sematkan sensor telefoto 3x optical zoom 8MP f/2.4, untuk pertama kalinya di A-series. Juga punya OIS untuk kestabilan lebih maksimal.

Sensor tersebut mampu berikan pembesaran digital maksimum hingga 30x, alias sudah bisa menyamai sang flagship Galaxy S21. Dua sensor lainnya adalah ultra-wide 12MP f/2.2 dan macro 5MP f/2.4. Sementara di depan, disiapkan kamera 32MP f/2.2.

Selain bisa rekam video hingga 4K 30fps, mode profesional juga hadir, namun tanpa fitur lanjutan seperti opsi mic eksternal. Pengguna juga bakal dapat jaminan tiga kali naik seri OS dan empat tahun pembaruan keamanan untuk perangkat lunaknya, yang sudah jalankan Android 11 sejak awal.

Harga Samsung Galaxy A72 di Indonesia

Galaxy A72

Punya layar lebih besar, baterai lebih awet dan kamera dengan sensor telefoto. Lantas berapa selisih harga yang ditawarkan oleh Samsung Indonesia untuk Galaxy A72? Bekerja sama dengan Blibli pada penjualan perdananya, konsumen bisa memesan smartphone baru Samsung ini hingga 19 Maret mendatang.

Varian dengan penyimpanan internal 128GB dibanderol Rp5,999 juta. Sementara untuk yang 256GB di Rp6,399 juta. Bonusnya lebih banyak dari A52—selain Galaxy Buds Plus, konsumen juga bakal mendapatkan Galaxy SmartTag gratis. Selain paket data dari IM3 Ooredoo serta akses VIU Premium selama enam bulan.

Tinggalkan komen