Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Samsung Galaxy SmartTag, Aksesori Mungil Anti Kehilangan

Bersamaan dengan dirilisnya Samsung Galaxy S21 series beberapa saat lalu, Samsung Electronics juga perkenalkan dua aksesori terbaru yang menjadi pasangan aksesori terbaiknya. Selain earphone TWS Galaxy Buds Pro terbaru, juga diperkenalkan sebuah perangkat mungil bernama Samsung Galaxy SmartTag.

Tanpa layar, tanpa kamera dan lainnya. Lalu sejatinya apa fungsi dari perangkat satu ini? Samsung Galaxy SmartTag adalah sebuah aksesori berjenis “tracking tile”, memanfaatkan konektivitas Bluetooth 5.0 low energy. Perangkat ini baru dapat dirasakan manfaatnya ketika dipasang dengan objek lain yang kita nilai cukup penting, sehingga tidak boleh dihilangkan.

Pasangkan ke koper, tas, dompet atau mungkin kalung hewan peliharaan, maka objek yang sudah dipasangkan dengan Galaxy SmartTag bisa dicari dari smartphone. Termasuk bila radius jarak sudah terlalu jauh antara pemilik dengan perangkat, maka akan muncul notifikasi khusus sebagai pemberitahuan.

Baca juga: Samsung Galaxy Buds Pro, TWS dengan ANC Canggih Harga Rp2 Jutaan

Fungsi Samsung Galaxy SmartTag Sebagai Pelacak Objek

Pada bagian bodi dari Galaxy SmartTag, terdapat sebuah lubang yang bisa pengguna kaitkan dengan strap maupun objek lainnya dengan mudah. Dimensinya dibuat sangat kecil dan ringan, punya ketebalan 9,9mm saja dengan bobot tak lebih dari 51 gram.

Baterai dari perangkat ini diklaim bisa menyala hingga berbulan-bulan. Menggunakan konektivitas Bluetooth, Galaxy SmartTag bisa disambungkan ke smartphone lewat aplikasi SmartThings. Sayangnya, hanya mendukung smartphone Galaxy yang menjalankan sistem operasi Android 8.0 Oreo dengan RAM minimum 8GB. Belum ada informasi untuk ketersediaan bagi smartphone lain.

Hal tersebut cukup disayangkan, mengingat banyak produsen aksesori pihak ketiga yang rilis perangkat tracker serupa dengan kompabilitas lebih lengkap. Padahal fungsi yang ditawarkan cukup menarik. Misalnya, pada bagian bodi Galaxy SmartTag, dilengkapi sebuah tombol yang bisa aktifkan trigger tertentu untuk perangkat IoT di rumah.

Misalnya, pengguna bisa menghubungkannya ke lampu kamar untuk menghidupkan saat baru saja datang, serta fungsi lain serupa lainnya. Dengan Bluetooth 5.0, perangkat ini bisa tetap tersambung hingga jarak maksimum 120 meter. Bila diperlukan, tombol yang ada di aplikasi SmartThings bisa difungsikan untuk menyalakan suara dari Galaxy SmartTag, untuk kemudahan pencarian barang.

Selain Galaxy SmartTag, Samsung juga bakal perkenalkan Galaxy SmartTag Plus dengan tambahan sensor Ultra Wide band (UWB). Dengan sensor tersebut, perangkat bisa mendeteksi atau beritahukan lokasi barang dengan lebih presisi. Bahkan kapabilitas untuk berikan arahan khusus, termasuk menampilkan objek dalam bentuk augmented reality.

Harga Samsung Galaxy SmartTag

Galaxy SmartTag

Lalu berapa harga aksesori mungil terbaru dari Samsung yang satu ini? Di negara tetangga, Samsung Galaxy SmartTag bakal dijual seharga 119 Malaysian Ringgit, atau sekitar Rp410 ribuan. Belum diketahui harga resminya di Indonesia, maupun ketersediaannya.

Namun pembeli Samsung Galaxy S21 series yang sudah memesan secara pre-order, bakal mendapatkan perangkat ini dengan cuma-cuma, selain tambahan bonus berupa Galaxy Buds Live (untuk pembelian Galaxy S21 Plus) dan Galaxy Buds Pro (untuk pembelian Galaxy S21 Ultra).

Tunjukkan Komen (1)