Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

realme X50 Pro 5G Diresmikan di Indonesia, Flagship Snapdragon 865 Rp11 Jutaan

0 3.706

Diresmikan dalam sebuah pergelaran acara tahunan realme Fan Fest 2020, akhirnya realme Indonesia resmi memboyong smartphone terbaiknya yang telah rilis sejak awal 2020 yakni seri X50 Pro. Yup, spesifikasi dan harga realme X50 Pro 5G resmi hadir ke Indonesia sebagai smartphone flagship. Ini adalah perangkat dengan spesifikasi serba powerful, mulai dari penggunaan chipset Snapdragon 865 termasuk teknologi pengecasan SuperDART.

Hadir sebagai perangkat premium, realme Indonesia menghadirkan realme X50 Pro 5G khusus untuk para fans mereka yang biasa disebut dengan realme Fans. Ini adalah bukti nyata jika realme tidak main-main untuk hadirkan perangkat terbaiknya untuk mereka. Meski bisa dibilang cukup terlambat, alias jeda enam bulan dari perilisannya secara global.

Baca juga: Review realme X50 Pro 5G: Yang Terbaik untuk Fans

Spesifikasi realme X50 Pro 5G

realme X50 Pro 5G

Secara desain, sebenarnya realme X50 Pro 5G tak memiliki tampilan yang jauh berbeda dari beberapa seri sebelumnya. Sebut saja realme 6 Pro atau realme X3 SuperZoom yang keduanya telah kami ulas sebelumnya. Memiliki dua kamera punch-hole di depan, back cover kaca dengan finishing matte, serta konfigurasi atau peletakkan empat kamera belakang yang dibuat sama persis.

Hal tersebut sedikit membuat realme X50 Pro 5G susah dibedakan dengan seri lainnya, kecuali dari opsi warna yang ditawarkan yaitu merah bata (Rust Red) dan hijau lumut (Moss Green). Perbedaan yang signifikan hanya akan terasa ketika smartphone ini digunakan, dengan spesifikasi setara flagship 2020 lainnya.

Dari layar depannya, realme X50 Pro 5G memang belum mendukung refresh rate 120Hz seperti serti X3 SuperZoom. Namun setidaknya gunakan panel Super AMOLED 6,44 inci, dengan dukungan konten HDR10+ serta gamut warna DCI-P3 100%. Dengan touch sampling rate 180Hz, layar ini dapat menyala terang sampai 1000 nits.

Dengan layar yang cocok untuk konsumsi multimedia, smartphone ini juga miliki speaker stereo yang mendukung Dolby Atmos serta Hi-Res audio. realme juga hadirnya Tactile Engine Motor untuk efek getar yang lebih nyata, berguna untuk tingkatkan pengalaman bermain gim, juga getaran yang halus saat mengetik lewat papan keyboard virtualnya.

Kamera utamanya sendiri masih tidak jauh berbeda dengan realme X2 Pro yang rilis akhir tahun lalu. Sensor utamanya beresolusi 64MP Tetracell 4-in-1 pixel dengan diafragma f/1.8 tanpa OIS, ditemani sensor 8MP ultra-wide angle yang juga memiliki autofocus dengan kemampuan ambil foto makro 3cm. Juga ada depth sensor, serta sensor telephoto 13MP yang berikan 5x hybrid optical zoom, dengan pembesaran digital sampai 20x.

Kamera depannya punya dua sensor berbeda; 32MP Sony IMX616 plus kamera 8MP ultra-wide untuk selfie ramai-ramai atau sekadar ingin menunjukkan latar belakang foto yang lebih luas. Kualitas fotonya harusnya tidak berbeda jauh, mungkin sedikit meningkat berkat ISP yang lebih baik dari prosesor baru.

Ya, bintang dari smartphone ini adalah penggunaan chipset Snapdragon 865, dipasangkan dengan GPU Adreno 650 dan sistem pendingin 5D Stereoscopic Ice Cooling Pro. Dengan begitu, pengalaman bermain gim maupun menjelajah aplikasi di smartphone ini seharusnya akan terasa sangat lancar, dipasangkan dengan RAM 12GB dan memori 256GB.

Membawa teknologi 65W SuperDART Flash Charge, mengisi daya baterai 4,200 mAh pada realme X50 Pro 5G hanya butuh waktu kurang lebih 35 menit. Protokol fast charging lain seperti Power Delivery sampai QuickCharge 3.0 juga tetap didukung untuk fleksibilitas tinggi. Dengan embel-embel 5G, masih perlu dibuktikan secara langsung apakah nantinya bakal mendukung jaringan 5G di Indonesia atau tidak.

Harga realme X50 Pro 5G

realme X50 Pro 5G

Lalu berapa harga yang dipatok oleh realme Indonesia untuk flagship terbaiknya saat ini? Yang jelas tidak murah. realme X50 Pro 5G bakal dibanderol dengan harga resmi Rp11,999 juta. Setiap pembeliannya, realme berikan promo gratis koper realme Adventurer Luggage seharga Rp899 ribu. Smartphone ini mulai dapat dibeli pada tanggal 25 Agustus 2020, tersedia di realme Store serta rekan ritel resmi, Erafone.

Ya, harga yang mungkin sangat mahal untuk sebuah perangkat flagship dari realme Indonesia. Murni dimanufaktur di negara asalnya dijadikan alasan utama oleh realme sebagai penyebab mahalnya harga perangkat. Dengan begitu, tidak heran jika kedepannya, bakalan banyak yang membandingkan smartphone ini dengan Xiaomi Mi 10, yang dijual jauh lebih murah di Tanah Air. Gizmo friends sendiri pilih mana?


Beli produk realme di:

Shopee.co.id LAZADA.CO.ID Bli bli.com ERASPACE JD.ID