Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Melihat Isi Komponen di Smartphone Flagship Xiaomi Mi 10

0 635

Xiaomi Indonesia baru saja meresmikan flagship terbaik mereka, Mi 10 untuk konsumen Indonesia beberapa pekan lalu. Bukan yang seri Pro, memang, namun setidaknya ada banyak sekali kesamaan termasuk chipset yang digunakan, yaitu Snapdragon 865. Xiaomi berani menghadirkan perangkat tersebut juga sebagai penanda komitmen 10 tahun untuk terus berinovasi dan penuhi kebutuhan penggunanya.

Dengan harga Rp9,99 juta, bisa dibilang Mi 10 adalah alternatif yang pas bagi konsumen yang inginkan pengalaman flagship 2020 tanpa perlu merogoh kocek lebih dari Rp10 juta. Nah, apabila kamu penasaran dengan bagaimana isi jeroan flagship terbaru ini, berikut adalah beberapa komponen menarik yang bisa ditemukan selama proses membongkar Xiaomi Mi 10.

Baca juga: Xiaomi Indonesia Resmi Bawa Mi 10, Flagship 108MP dengan Snapdragon 865

Xiaomi Indonesia mengadakan acara virtual bersama para rekan media untuk memperlihatkan bagian dalam dari Mi 10. Proses teardown juga didampingi oleh Andi Renreng, Product PR Manager Xiaomi Indonesia. Ia berkata, setiap komponen di dalam Mi 10 didesain dengan sesempurna mungkin untuk mendukung kebutuhan gaya hidup pengguna yang aktif, seperti para profesional muda dan tech enthusiast. “Selain itu Mi 10 juga memberikan pengalaman membuat konten fotografi dan videografi yang luar biasa dengan cara yang mudah,” tambah Andi.

Ragam Komponen Yang Ada di Dalam Xiaomi Mi 10

Proses pertama yang dilakukan adalah melepas bodi belakang Mi 10 terlebih dahulu. Sebelumnya, smartphone dipanaskan terlebih dahulu untuk mengurangi daya rekat, agar bisa dilepas menggunakan sebuah alat berupa suction cup. Setelah terlepas, terlihat komponen bagian dalam Mi 10 yang dilapisi grafit untuk anti statik.

lapisan grafit, NFC dan wireless charging Xiaomi Mi 10

Komponen yang ada di layer terluar adalah lapisan grafit, NFC serta komponen pengisian daya ulang nirkabel. Dukungan wireless charging 30 watt membuat Mi 10 bisa diisi daya secara nirkabel hingga penuh hanya dalam waktu 65 menit, tentunya dengan charger yang mendukung ya.

Pada bagian atas dan bawah, terdapat komponen dual speaker yang diletakan secara simetris, dengan ruang speaker yang setara (1,0cc) dan amplitudo hingga 0,5mm. Lalu setelah layer komponen teratas dilepas, kita dapat menemukan motherboard serta baterai yang berkapasitas cukup besar di 4,780 mAh. Di bawahnya, ada sebuah lapisan tipis yang berfungsi sebagai sensor sidik jari di balik layar.

komponen kamera belakang Xiaomi Mi 10

Lalu ada komponen kamera utama yang terdiri dari empat sensor. Ketika dibuka, terlihat bahwa dimensi fisik sensor 108MP yang diusung Xiaomi Mi 10 jauh lebih besar, ditemani dengan modul lain seperti laser autofocus. Tak seperti Mi Note 10 series dan Mi 10 Pro, Xiaomi Mi 10 tak dilengkapi lensa telefoto atau periskop. Melainkan digantikan dengan kamera ultra-wide 13MP serta dua kamera 2MP untuk makro dan depth sensor.

Sementara motherboard-nya didesain dengan bentuk “L”, terdiri dari chipset Qualcomm Snapdragon 865, chip Wi-Fi 6, modul manajemen daya serta audio-decoding. Tak lupa menemani chipset, ada RAM LPDDR5 serta penyimpanan UFS3.0 yang membuat Mi 10 punya kinerja cepat untuk akses aplikasi.

Yang terakhir, ada modul kamera depan 20MP yang juga berfungsi sebagai face unlock. Serta sistem pendingin LiquidCool 2.0 yang menjangkau permukaan area secara luas, terdiri dari ruang uap besar, serta grafit multi-layer dan tumpukan grafena yang bisa hilangkan panas akibat durasi pemakaian yang lama.

komponen lengkap Xiaomi Mi 10

Wajar saja jika komponen dari Mi 10 terdengar kompleks, mengingat ini adalah smartphone kelas terbaik dari Xiaomi. Yang pasti, proses ini tidak dianjurkan untuk dilakukan oleh konsumen karena akan menghapus masa garansi.

Oh ya, smartphone dengan konfigurasi kartu single SIM ini bersifat 5G ready. Meski operator di Indonesia belum mendukung jaringan tersebut secara komersil, Mi 10 akan dapat disambungkan ke jaringan 5G ketika di bawa ke luar negeri dengan konektivitas yang mendukung.


Beli produk Xiaomi secara online di:

SHOPEE Lazada Blibli Eraspace JD.ID