Perkembangan Kamera OPPO Reno Series, Mulai ‘Sirip Hiu’ Sampai 108MP

Dalam waktu yang sangat dekat, konsumen di Tanah Air bakal menyambut kehadiran dari OPPO Reno6, sebuah smartphone yang unggulkan desain dan kemampuan kamera. Setelah berikan fitur potret khusus pada foto, Reno6 nantinya bakal mengusung teknologi baru yang bisa tingkatkan kualitas perekaman video.

Tentunya, jumlah fitur dan kualitas kamera yang telah tercapai selama ini tak langsung hadir begitu saja. Perjalanan tersebut dimulai sejak 2019 lalu, di mana seri Reno pertama diluncurkan. Selain tampil stylish, OPPO ingin berikan pengalaman fotografi yang tidak terbatas meski dengan kamera smartphone, lewat berbagai pendekatan yang berbeda-beda tiap serinya.

Baca juga: Mengenal Computational Photography, Inovasi Teknologi Kamera Smartphone OPPO

Dengan kualitas kamera terbaik, diharapkan agar konsumen bisa ciptakan konten-konten menarik, nyata dan memiliki nilai personal meski hanya tangkapan kegiatan sehari-hari. Penasaran dengan pengembangan di tiap serinya? Mari kita mulai dengan seri pertama, OPPO Reno yang diperkenalkan pada April 2019 lalu.

OPPO Reno

OPPO Reno 10x Zoom

Saat diresmikan pertama kali, tujuan dari hadirnya OPPO Reno adalah untuk meleburkan seri F dan R, menjadi satu lini yang lebih efektif. Tampilannya tergolong sangat premium pada jamannya, dengan material Gorilla Glass depan belakang dan layar penuh layaknya seri OPPO Find X.

Lewat OPPO Reno, vendor asal Shenzhen, China satu ini coba hadirkan solusi layar penuh bebas hambatan dengan mekanisme kamera ‘shark-fin’, atau yang menyerupai sirip hiu ketika diaktifkan. Merupakan jenis kamera pop-up untuk menyimpan sensor kamera depannya, plus LED flash untuk kamera belakang.

Di belakang, disematkan sebuah sensor 48MP f/1.7 yang dirancang oleh Sony, ditemani depth sensor untuk hasilkan foto potret berkualitas. Meski tak gunakan cip seri flagship, OPPO Reno sudah bisa melakukan perekaman video hingga resolusi 4K 30fps.

OPPO Reno 10x Zoom

OPPO Reno 10x Zoom

Meski diperkenalkan pertama kali dalam waktu bersamaan, seri yang lebih sempurna ini hadir secara resmi dua bulan setelah varian Reno pertama. Sesuai namanya, OPPO Reno 10x Zoom mampu hadirkan pembesaran hingga 10x hybrid zoom, jadi yang pertama di industri dengan sensor periskop.

Punya mekanisme kamera pop-up yang sama, OPPO tingkatkan setup kamera belakangnya, di mana Reno 10x Zoom punya tiga sensor yang superior. Baik sensor 48MP dan 13MP 5x optical zoom-nya dilengkapi dengan autofokus dan OIS. Sementara sensor ketiga adalah ultra-wide 8MP, membuat smartphone ini punya sudut pandang yang paling lengkap.

Tak sampai di situ saja, Reno 10x Zoom juga kombinasikan tiga metode pengambilan fokus berbeda; laser autofocus, PDAF dan contrast-detection autofocus, untuk akurasi tinggi di berbagai pencahayaan. Plus kemampuan perekaman hingga 4K 60fps berkat penggunaan cip Snapdragon 855.

OPPO Reno2

review oppo reno2

Mendekati ujung tahun 2019, OPPO kembali perbarui seri Reno dengan menghadirkan OPPO Reno2. Kali ini, peningkatan yang dibawa lebih kepada fitur video dan potret, di mana disematkan sensor tambahan berupa 2MP mono untuk berikan efek potret tambahan.

Sensor utamanya masih sama, sementara telefotonya ‘turun’ ke 2x optical zoom & 5x hybrid zoom saja. Namun OPPO perkenalkan dua fitur baru pada smartphone ini. Yang pertama adalah Ultra Steady Video, gabungkan OIS+EIS dengan framerate 60fps untuk pergerakan sangat halus.

Dan untuk pengambilan foto dalam kondisi sangat gelap (hingga 1 lux), Ultra Dark Mode bakal otomatis aktif untuk menyerap sumber cahaya yang ada, tingkatkan kecerahan foto secara sangat signifikan.

Fitur peredam kebisingan serta sound focus juga hadir pada perekaman videonya, sehingga suara tetap fokus ke objek yang diperbesar. Sementara kamera depannya mampu merekam video dengan efek bokeh secara real-time, jadi yang pertama di dunia untuk kamera pop-up.

OPPO Reno3 Pro

OPPO Reno3 Pro

Mengusung tagar “Clear in Every Shot”, OPPO Reno3 Pro hadir di kuartal pertama 2020 dengan total enam kamera; dua di depan dan empat di belakang. Resolusinya pun sama-sama ditingkatkan, dengan kamera depan 44MP + 2MP sebagai depth sensor.

Sementara di belakang, sensor utama 64MP dilengkapi fitur khusus untuk dapat hasilkan 108MP Ultra Clear Image, pas untuk kebutuhan cropping atau sekadar inginkan detail foto lebih tinggi. Dan dengan autofokus pada sensor ultra-wide, konsumen bisa menangkap foto makro dari jarak 3cm.

OPPO Reno4 Pro

Desain OPPO Reno4 Pro

Meluncur pada pertengahan tahun 2020, OPPO Reno4 Pro tampil dengan desain yang stylish. Layar depannya memiliki lengkungan 3D dengan panel AMOLED 90Hz, plus mendukung teknologi pengisian daya SuperVOOC 2.0 65W.

Sensor kamera 48MP di belakang diberikan fitur yang sangat menarik dalam hasilkan foto dan video kreatif, yaitu AI Color Portrait. Lewat fitur tersebut, subjek manusia bakal tampil berwarna, sementara latar belakangnya menjadi hitam putih, terjadi secara real-time.

Plus, Night Flare Portrait yang bisa berikan efek selayaknya memotret dengan sensor dan diafragma besar dari kamera profesional di malam hari, dengan cahaya lampu membulat. Juga hadir opsi slow-motion 960fps untuk video gerak lambat yang lebih halus.

OPPO Reno5

Kamera OPPO Reno5

Mirip ketika seri Reno2 dihadirkan, OPPO Reno5 datang membawa banyak fitur baru pada perekaman videonya. Salah satu yang jadi daya tarik utama adalah Dual-View Video, di mana pengguna bisa menangkap video dari kamera depan dan belakang sekaligus.

Selain itu, fitur AI Highliht Video juga bisa berikan dua peningkatan khusus secara otomatis, mengikuti kondisi pencahayaan. Saat siang hari, algoritma Live HDR otomatis aktif untuk perluas dynamic range. Sementara dalam kondisi gelap, Ultra Night Mode bakal tingkatkan kecerahan video tanpa bantuan lampu flash.

Khusus pada Reno5 varian standar, diberikan fitur AI Mixed Portrait untuk pengambilan video layaknya konsep double exposure. Sementara Reno5 5G punya keunggulan lain, yaitu Portrait Beautification Video yang berikan efek beauty tak hanya pada mode foto.

OPPO Reno6

OPPO Reno6

Meski belum secara penuh diperkenalkan, OPPO Indonesia telah berikan sebuah bocoran fitur kamera pada seri terbarunya, OPPO Reno6. Yaitu Bokeh Flare Portrait yang hadir untuk mode foto dan video.

Lewat mode tersebut, fitur Night Flare Portrait yang ada di OPPO Reno5 bisa diterapkan dalam bentuk video. Dan tak hanya di malam hari, nantinya juga bakal bisa diterapkan pada kondisi siang hari, secara real-time dipadukan dengan algoritma HDR untuk seimbangkan exposure pada foto dan videonya.

Tinggalkan komen