Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Review OPPO Reno 10x Zoom: Terobosan Pivot Rising Camera

0 6.315

Setelah diumumkan secara global pada April, produk terbaru OPPO Reno series resmi menyambangi Indonesia pada pertengahan Juni 2019. Ada dua varian yang ditawarkan yakni OPPO Reno dan OPPO Reno 10x Zoom. Tentu saja, varian tertinggi adalah 10x Zoom karena menawarkan segudang kelebihan.

Perangkat high-end terbaru OPPO yang menggabungkan teknologi terkini dan kemampuan fotografi menawan dalam sebuah desain unik yang memesona. Bahkan, perangkat ini dianggap sebagai bagian tak terpisahkan dari strategi pertumbuhan global OPPO di era berbasis konektivitas saat ini. Karena itu, OPPO Reno Series akan berperan sebagai dasar dari pengembangan smartphone-smartphone OPPO berikutnya.

Oke, daripada penasaran, mari kita simak saja review OPPO Reno 10x zoom selengkapnya berikut ini.

Desain

Demi bersaing di pasaran, Oppo menawarkan smartphone terbaru dengan spesifikasi dan performa terbaik. Untuk produk terbarunya yakni Oppo Reno 10x Zoom ini memiliki desain yang sangat menarik sekali. Ponsel ini mengusung desai dengan layar yang penuh serta nyaris tanpa adanya bezel. Hal seperti ini bisa terjadi karena adanya teknologi kamera selfie pop up yang berjuluk sebagai privot rising camera. Pada saat pengguna membuka menu pada kamera depan maka kamera akan otomatis muncul dari bodi pada atas smartphone.

Nah, jika berbicara mengenai body smartphone yang satu ini tentunya Oppo ini memang memiliki body yang tangguh, keren dan solid. Bobotnya juga terbilang cukup berat pada saat digenggam sehingga memiliki berat yaitu 210 gram. Untuk rangka dari bodi smartphone ini dibuat dengan bahan frame aluminium sehingga membuat hp ini semakin tangguh.

Tak hanya itu saja, pada bagian sisi samping kanan hp Oppo ini juga terdapat sebuah tombol yang berfungsi untuk tombol kunci dan juga power untuk memulai menyalakan smartphone atau perangkat tersebut. Begitu juga pada sisi sebelah kiri, yang mana terdapat tombol volume untuk mengecilkan dan membesarkan suara.

Untuk bagian belakang smartphone juga tidak kalah menarik untuk dibahas. Dimana bodi dari Oppo Reno 10x Zoom ini memiliki warna yang bagus yaitu ocean green. Jadi, warna yang terdapat pada smartphone ini nantinya akan memiliki warna yang gradasi seperti hijau biru sehingga memberikan sebuah kesan yang mewah dan keren.

Selain itu, yang menariknya adalah bodi yang ditawarkan oleh smartphone ini tidak akan terasa licin terlebih lagi pada saat para pengguna menggenggam atau memainkan smartphone ini dengan satu tangan. Tentu hal ini menjadi kelebihan yang ditawarkan oleh pihak Oppo khususnya untuk smartphone tersebut.

Kini beralih ke bagian bawah smartphone, dimana akan terdapat slot kartu SIM Hybrid, lubang speaker dan juga port USB Type-C. Namun, sangat disayangkan pula bahwa smartphone ini tidak dibekali dengan port jack audio 3.5mm. Sehingga para pengguna harus menggunakan pula kabel konverter port jack audio 3.5mm untuk USB Type-C agar bisa menghubungkan earphone dan juga headphone di Oppo Reno 10x Zoom ini. Nah, sebagai alternatif lainnya, pengguna juga bisa menggunakan earphone ataupun headphone dengan salah satu fitur yang disediakan yaitu koneksi Bluetooth yang saat ini telah banyak dijual dipasaran.

Layar

Oppo menghadirkan layar yang terbilang cukup lebar yaitu 6,6 inci dengan desain Panoramic Screen dan memiliki resolusi Full HD+ (2340 x 1080 piksel). Sehingga membuat para pengguna smartphone ini jauh lebih nyaman dalam menggunakannya terlebih lagi untuk menonton video, film, foto dan sebagainya.

Tak hanya itu saja, dengan dibekalinya teknologi AMOLED membuat tampilan hp ini terlihat lebih tajam dan terang sehingga membuat mata para pengguna menjadi jauh lebih nyaman. Selain itu, Oppo Reno 10x Zoom ini juga dibekali dengan layar AMOLED dengan luas 6.6 inci dan memiliki rasio 19,5:9. Agar smartphone ini jauh lebih aman dan tahan akan goresan, OPP Reno serie ini dibekali pula dengan Gorilla Glass 6.

Kamera

Jika dibandingkan dengan generasi hp Oppo sebelumnya, tentu smartphone Oppo Reno 10x Zoom ini jauh lebih unggul dan tangguh. OPPO Reno 10x Zoom melampaui batasan yang ada pada fotografi smartphone, dengan dilengkapi tiga kamera belakang: kamera utama dengan resolusi 48MP, kamera telephoto dengan resolusi 13MP, dan kamera bersudut lebar dengan resolusi 8MP.

Ketiga kamera ini bekerja bersama untuk mewujudkan full-focal-length sebesar 16mm-160mm, sehingga mampu mencapai 10x hybrid zoom. Kamera utamanya sendiri menggunakan optical image stabilization (OIS) dan closed-loop focusing motor untuk menangkap seluruh momen spesial pengguna secara jelas dan real time.

Untuk menyematkan lensa telephoto pada bodi yang ramping, OPPO Reno 10x Zoom melakukan tiga inovasi utama: memosisikan lensa telephoto periskop secara horizontal, mengurangi ketebalan lensa melalui teknologi D-Cut, dan menggunakan desain motor lensa untuk menggabungkan motor lensa utama dengan motor lensa bersudut lebar yang tadinya terpisah.

Inovasi-inovasi ini memungkinkan adanya lensa ultra-tipis 5,75mm dan memaksimalkan kemampuan zoom yang kuat dalam perangkat yang nyaman digenggam. Untuk memastikan kualitas  zoom, Reno 10x Zoom juga menggunakan desain OIS ganda dalam lensa primer dan lensa telephoto, demi mengurangi guncangan ketika mengambil gambar.

OPPO Reno 10x Zoom dilengkapi dengan sensor flagship Sony IMX586 48MP untuk memudahkan pengguna mengambil potret malam hari yang berkelas. Selain itu, fitur Ultra Night Mode 2.0 baru pada ponsel ini mampu meningkatkan kejernihan dan kecerahan gambar melalui pengurangan multi-frame noise dan teknologi HDR multi-frame. Hal ini memungkinkan OPPO Reno 10x zoom untuk memproses wajah dan latar belakang secara terpisah, sehingga menghasilkan efek warna kulit dan keseluruhan foto yang lebih realistis.

Bahkan, OPPO Reno 10x Zoom juga telah dilengkapi dengan kemampuan perekaman video 4K UHD dengan frame rate 60fps, disertai stabililasi gambar optik dan elektronik. Sehingga bisa menjadi perangkat yang diandalkan untuk videografi.

Hasil Foto

Ultra wide
Wide 1x zoom
5x zoom
10x zoom
5x zoom. night mode
Miniatur. 10x zoom

Fitur Lain

Oppo Reno 10x Zoom ini juga dilengkapi dengan sensor fingerprint yang telah disematkan di dalam layar smartphone berkat adanya penggunaan teknologi AMOLED. Nah, pada saat pengguna membuka smartphone maka sensor fingerprint akan dapat merespon dengan cepat sidik jari Anda.

selain itu, sebagai alternatif lainnya, maka Oppo tipe ini menyematkan pula fitur face unlock yang terdapat pada perangkat smartphone Oppo Reno 10x Zoom tersebut sehingga nantinya akan dapat membantu para pengguna hp ini untuk membuka kunci layar hanya dengan menggunakan wajah. Jadinya, Face Unlock ini akan dapat mendeteksi wajah Anda dengan sangat cepat pada saat digunakan khususnya untuk membuka kunci layar hp.

Tak hanya itu saja, pada saat smartphone telah diaktifkan maka smartphone Oppo ini telah menggunakan ColorOS 6.0 dengan basis sistem operasi Android 9.0 Pie. Untuk itu, smartphone Oppo Reno 10x Zoom dengan color OS 6.0 ini nantinya akan menghadirkan tampilan antarmuka yang sangat bersih dan jauh lebih baik jika dibandingkan dengan generasi smartphone Oppo sebelumnya.

OPPO Reno 10x zoom juga menghadirkan solusi optimisasi Hyper Boost 2.0 yang dikembangkan secara independen oleh OPPO. Hyper Boost 2.0 mencakup tiga modul terpisah: Game Boost, System Boost, dan App Boost, yang masing-masingnya memberikan peningkatan signifikan pada kinerja game, kecepatan sistem, dan kecepatan pembukaan aplikasi.

Tidak ketinggalan, Dolby Atmos dan perangkat audio mobile baru membuat OPPO Reno Series mampu menghasilkan suara yang lebih keras dan jernih. OPPO Reno 10x Zoom dilengkapi dengan speaker stereo, tiga mikrofon untuk pengambilan suara stereo, fungsi NFC, dan aksesoris peranti keras lainnya. Dengan demikian, OPPO Reno Series siap menghadirkan pengalaman tak terlupakan bagi konsumen di seluruh dunia.

Performa

Smartphone ini menggunakan antarmuka ColorOS 6.0 berbasis Android 9.0 Pie yang kinerjanya meningkat 45% dibanding ColorOS 5.2. Dan yang tak kalah penting,  dapur pacunya menggunakan Snapdragon 855. Ini adalah prosesor tertinggi yang saat ini dimiliki Qualcomm. Di mana saat ini Oppo Reno menjadi perangkat pertama di Indonesia yang menggunakan prosesor tersebut.

Snapdragon 855 menggunakan arsitektur chip baru yang dibangun di atas teknologi proses 7nm terkemuka, Qualcomm Kryo 485 CPU. Teknologi anyar ini memberikan peningkatan kinerja hingga 45% dibandingkan Snapdragon 845. Qualcomm Adreno 640 GPU juga memberikan rendering grafis hingga 20 persen lebih cepat.

Selain itu, Snapdragon 855 telah mendukung multi-gigabit 5G (di mana salah satu varian Reno juga telah mendukung 5G), diperkuat teknologi AI terdepan dan  immersive extended reality(XR) yang mengantarkan pada era baru perangkat mobile yang revolusioner.

Smartphon ini juga dibekali dengan RAM 8 GB dan juga storage internal 256 GB. Selain itu, dengan adanya kombinasi hardware seperti ini tentunya smartphone yang satu ini akan mampu menghasilkan performa dengan baik dan bertenaga sehingga nantinya akan mampu untuk melahap aplikasi ataupun game-game yang berat sekalipun.

Perbandingan benchmark OPPO Reno 10x Zoom (kiri) dan OPPO Reno (kanan)

Baterai

Tak tanggung-tanggung kualitas yang ditawarkan oleh smartphone ini. Jika berbicara dari segi baterai tentunya hp ini dibekali langsung dengan baterai yang berkapasitas besar dan jumbo sehingga mencapai 4.065 mAh. Jadi, pihak Oppo juga mengklaim bahwa smartphone ini nantinya akan mampu bertahan lama khususnya dalam pemakaian normal. Selain itu, untuk pengisian daya baterai smartphone ini juga akan terisi dengan cepat sehingga Anda tidak perlu menunggu lama untuk pengisian daya baterai.

Kesimpulan

OPPO Reno 10x Zoom dijual seharga Rp12.999.000,-, dengan dua pilihan warna, yaitu Ocean Green dan Jet Black. Ketika harga OPPO Reno 10x Zoom ini diumumkan, banyak netizen yang mengeluhkan betapa mahalnya harga tersebut. Namun, OPPO tidak mau ambil pusing, karena smartphone tersebut memang ditujukan untuk kelas high-end. Jadi bagi kalangan ini harga yang dibanderol tentu tidak termasuk mahal.

Ternyata, berdasarkan pre-order yang masuk, sebanyak 70% adalah pemesanan untuk varian OPPO Reno 10x Zoom. Ini membuktikan bahwa pasar Reno Series sesuai target, yakni kelas premium high-end. Dengan harga yang diset di angka 12 jutaan, pengguna mendapatkan spesifikasi high-end dengan fitur melimpah.

Spesifikasi OPPO Reno 10x Zoom

Layar: 6.6-inch 2340*1080,OLED, 19.5:9, Layar Panoramic, Gorilla Glass 6
Warna: Ocean Green, Jet Black
Kamera Belakang: 48MP(IMX 586) F/1.7 +13MP F/3.0 (telephoto) +8MP F/2.2 (wide angle),10X Hybrid Zoom,60x Digital Zoom, Dual OIS,Artistic Portrait Mode, Ultra Night Mode 2.0, Dazzle Color Mode, 4K Video 60 fps
Kamera Depan: 16MP, f/2.0, Portrait Mode 2.0, Soft light

Peranti Keras Utama
Chip: Snapdragon 855
RAM: 8GB
ROM: 256GB (diperbesar hingga 256GB)
Baterai: 4065mAh (Type-C)
Jaringan:  4G/4G+: TD-LTE, LTE FDD; 3G, 2G
Koneksi: WLAN 802.11a/b/g/n/ac, Bluetooth 5.0, Type-C headphone jack
Sistem Operasi: ColorOS 6 (Android 9.0 Pie)
Pengisian Daya: VOOC 3.0
Lain-Lain: Hidden Fingerprint Unlock 2.0
Sensor: magnetic sensor, light sensor, distance sensor, gyroscope, gravity, Crescent Bay, Dual Nano-SIM cards
Harga: Rp12.999.000,-