Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Review ASUSPRO P1440UF, Laptop Bisnis yang Andal dan Terjangkau

Tahun 2018 sudah di penghujung hari. Sudahkah kamu menyiapkan rencana untuk menyambut 2019? Coba cek dulu gawaimu, misalnya laptop apakah kinerjanya sudah mulai loyo sehingga tidak produktif lagi? Jika demikian, berarti waktunya 2019 ganti laptop. Salah satu laptop terbaru yang juga kami rekomendasikan adalah ASUSPRO P1440UF.

Laptop terbaru dari ASUS Indonesia ini dirancang khusus untuk mendukung produktivitas para pebisnis, terutama kalangan pelaku usaha kecil menengah (UKM), startup maupun freelancer.  ASUSPRO P1440U hadir dengan beragam keunggulan dan didesain secara spesifik untuk membantu mereka mengembangkan bisnisnya.

Memang ini sudah sesuai dengan nama yang tersemat pada labelnya, yaitu PRO yang artinya dengan profesional. Ini adalah lini khusus dari ASUS untuk perangkat bisnis. Di luar dari seri lain yang mainstream seperti VivoBook, ZenBook hingga gaming. Bahkan ASUSPRO P1440UF pun merupakan salah satu varian dari  ASUSPRO P1440U yang berbeda spesifikasinya terutama prosesor, RAM, storage, dan layar.

Menurut Jimmy Lin, Regional Director ASUS South East Asia, laptop ini memiliki bobot ringan serta fitur lengkap, membuatnya menjadi pilihan tepat bagi para pelaku UKM untuk membantu mengembangkan bisnisnya. ASUSPRO P1440U juga memiliki performa yang andal dengan kekuatan prosesor Intel generasi ke-8 dan sistem penyimpanan ganda untuk produktivitas maksimal.

Tidak perlu berpanjang lebar, mari kita ulas lebih jauh mengenai apa saja yang ditawarkan pada perangkat ini. Simak review ASUSPRO P1440UF berikut ini.

DESAIN

Pebisnis pun harus tetap tampil prima dan bergaya. Itu setidaknya yang terlintas ketika melihat perangkat ini. Karena meski ditujukan untuk kalangan pebisnis, ASUSPRO P1440U tetap tampil dengan desain yang stylish.

Bodinya hadir dengan premium brushed textures dan telah dilapisi pelindung khusus sehingga tahan terhadap goresan. Memang begitu dipegang, laptop ini terasa kokoh dan tangguh. Bobotnya sendiri tidak bisa dibilang ringan, karena banyak juga laptop yang lebih enteng. Namun ini tidak bisa dibilan berat juga, dengan berat hanya 1,7kg. Masih cukup nyaman dibawa untuk bepergian.

Laptop ini juga sangat tangguh dan memiliki desain engsel khusus yang memungkinkan layar bisa dibuka hingga membentuk sudut 180 derajat. Terus terang saya tidak tahu persis apa kegunaan sudut 180 derajat ini untuk mendukung pekerjaan. Namun yang pasti, desain ini mengurangi tekanan pada engsel sehingga laptop menjadi lebih durable dan nyaman digunakan.

LAYAR

Sekarang kita beralih ke bagian layar yang merupakan bagian paling penting di komputer untuk mengakses informasi secara visual. Layar berukuran 14 inci tersebut memiliki resolusi HD 1366 x 768  dan memiliki tingkat kecerahan hingga 200 nits. Layar dilengkapi fitur Asus Splendid atau pengaturan warna layar. Tak hanya warna layar, kecerahannya pun bisa diatur lewat fitur eye protection.

Layar ASUSPRO P1440UF dirancang untuk digunakan di berbagai kondisi. Karena sudah dibekali dengan fitur anti-glare atau anti silau agar kita bisa melihat konten yang ditampilkan meski terpapar sinar matahari yang kuat. Benar saja, ketika saya sedang membawa laptop ini di kafe dengan bagian belakang tersorot sinar matahari, saya masih bisa melihat konten dengan jelas.

Nah, sembari membaca artikel ini, kamu juga bisa menonton video review  ASUSPRO P1440U berikut ini. Atau langsung menonton di YouTube, jangan lupa subscribe ya.

KEYBOARD

Untuk urusan keyboard, laptop Asus dikenal mampu memberikan kenyamanan yang khas. Tombol-tombol huruf dan angka ASUSPRO P5440UF ini bisa memberikan proses pengetikan yang sangat nyaman berkat jeda antar tombol yang tidak terlalu jauh, namun tidak juga terlalu dekat.

Agar semakin nyaman saat digunakan, ASUSPRO P5440UF sudah dilengkapi dengan keyboard one-piece chiclet yang ergonomis. Keyboard ini dirancang sedemikian rupa sehingga tidak akan bergeser atau mudah goyang ketika digunakan. Sehingga cocok bagi pekerja yang sehari-harinya disibukkan dengan mengetik, dimana keyboard ini menjaga akurasi pengetikan.

Related Posts
1 daripada 60

Selain itu, sebuah touchpad juga hadir untuk menemani keyboard pada ASUSPRO P1440U. Touchpad tersebut memiliki tingkat sensitivitas tinggi serta sudah mendukung fitur multi-finger gestures.

FITUR & KONEKTIVITAS

Sebagai laptop bisnis, ASUSPRO P1440UF dilengkapi dengan beragam fitur khusus untuk menunjang produktivitas, salah satunya adalah ASUS Business Manager. Fitur eksklusif ini merupakan sekumpulan program yang memungkinkan pengguna ASUSPRO P1440U melakukan manajemen laptopnya secara mudah dan aman.

Fitur keamanan kelas bisnis seperti BIOS Booting User Password Protection juga sudah tertanam di laptop ini. Bahkan untuk beberapa model, ASUSPRO P1440U telah mendukung Windows Trusted Platform Module untuk menjamin keamanan data.

Laptop ini pun sudah mendukung teknologi Wake-on-LAN (WOL). Fitur ini memungkinkan komputer untuk dinyalakan aktif atau dibangunkan dari mode tidur melalui pesan jaringan dari koneksi LAN maupun WiFi.  Sehingga memudahkan tim IT untuk melakukan maintenance dan memberikan dukungan teknis. Canggih ya.

Karena dirancang untuk pelaku bisnis seperti startup dan UKM, ASUSPRO P1440UA masih menawarkan berbagai port legacy termasuk port VGA sebagai display output. Selain itu, laptop ini masih tampil dengan port Ethernet untuk terhubung ke jaringan melalui kabel, serta port USB Type-A untuk menghubungkan berbagai perangkat lainnya. Meski demikian, ASUS masih menyediakan port HDMI agar tetap bisa terhubung dengan perangkat display modern.

Sebagai tambahan, ASUSPRO P1440U masih menyediakan SD Card Reader sebagai opsi pembaca media penyimpanan portable tambahan. SD Card Reader yang ada di ASUSPRO P1440U juga mampu membaca kartu SDXC yang memiliki kecepatan transfer data tinggi.

ASUS juga merancang ASUSPRO P1440U sebagai laptop yang mudah untuk di-upgrade. Selain mendukung sistem dua media penyimpanan, pengguna juga bisa mengganti RAM dengan mudah mellaui akses khusus di bagian bawah laptop. Dengan demikian, pengguna memiliki keleluasaan untuk mengonfigurasi laptop ini.

KINERJA

Untuk mendukung kinerja, ASUSPRO P1440UF dipersenjatai dengan prosesor Intel Core i5-8250U quad-core. Ini merupakan prosesor Intel yang memiliki kecepatan kinerja 1,6GHz dan Turboboost sampai 3,4GHz.

Tak hanya itu saja, varian ini sudah dilengkapi dengan GPU Nvidia GeForce MX130 yang mampu menangani kebutuhan grafis cukup berat. Didukung dengan RAM DDR4 berkapasitas 4GB yang bisa di-upgrade hingga 16GB, ASUSPRO P1440UF merupakan mesin untuk bisnis yang mampu bekerja secara prima seharian.

Keunggulan lain pada ASUSPRO P1440UF adalah penggunaan sistem penyimpanan ganda, yaitu menggunakan M.2 SSD dan HDD 2.5”. Penggunaan dua media penyimpanan ini memastikan pengguna ASUSPRO P1440U tetap memiliki penyimpanan ekstra lega dengan performa yang tetap kencang.

Namun untuk varian P1440UF, media penyimpanan yang disediakan secara default adalah HDD berkapasitas 1TB. Jadi, jika kamu ingin kinerja lebih cepat, bisa menambahkan SSD sendiri.

KESIMPULAN

ASUSPRO P1440U tetap tampil dengan desain khas profesional serta fitur yang memudahkan pelaku bisnis menjalankan usahanya. Selain itu, perangkat ini hadir dengan port yang sangat lengkap dan didukung oleh layar canggih yang fleksibel. Semua itu dihadirkan dalam sebuah bodi berbobot hanya 1,7 kilogram saja.

Harganya memang tidak semahal seri ASUSPRO yang lain. Namun dengan spesifikasi, performa dan desain seperti ini, dibuat sedemikian rupa untuk bisa memenuhi kebutuhan para pekerja, baik kelas menengah maupun kecil. Cocok untuk karyawan startup atau UMKM.

SPESIFIKASI ASUSPRO P1440UF

ASUSPRO P1440UF
Klik pada gambar untuk spesifikasi lebih rinci

General

  • Device Type
    Laptop Bisnis
  • Model / Series
    ASUSPRO P1440UF
  • Released
    27 Desember, 2018
  • Status
    Available
  • Price
    Rp 14.299.000 (i7-8550U/4GB/1TB HDD/Win 10 Pro); Rp 11.999.000 (i7-8550U/4GB/1TB HDD/Win 10); Rp 9.999.000 (i5-8250U/4GB/1TB HDD/Win 10)

Platform

  • Processor
    Intel Core i5 8250U Processor 1.6 GHz (6M Cache, up to 3.4 GHz)
  • VGA (Graphic Card)
    Discrete Nvidia GeForce MX130
  • RAM (Memory)
    4GB DR4 SDRAM 1600MHz
  • Storage
    1TB 2.5” SATA HDD
  • Operating System
    Windows 10 Home

Body

  • Dimensions
    340 x 250 x 233 mm, bobot 1,7kg with Battery
  • Display
    14” (16:9) HD (1366x768) Anti-Glare 200 Nits, 45% NTSC
  • Battery
    44WHrs, 4S1P, 4 cell Li-ion

Connectivity

  • Webcam
    HD Web Camera
  • Bluetooth Bluetooth is a wireless communications technology for exchanging data between mobile phones, headsets, computers and other network devices over short distances without wires, Bluetooth technology was primarily designed to support simple wireless networking of personal consumer devices.
    Built-in Bluetooth V4.1
  • Wi-fi Wi-Fi is a popular wireless networking technology using radio waves to provide high-speed network connections that allows devices to communicate without cords or cables, Wi-Fi is increasingly becoming the preferred mode of internet connectivity all over the world.
    Dual Band 802.11ac (WIDI Support)
  • NFC NFC (Near field communication) is a set of standards for smartphones and similar devices to establish peer-to-peer radio communications with each other by touching them together or bringing them into proximity, usually no more than a few inches.
  • I/O Interface
    3 x USB3.0 Type-A, 1x USB 2.0 port, 1 x HDMI, 1 x VGA port, 1 x Microphone-in/Headphone-out jack, 1 x SD Card Reader, 1x Ethernet port

Other

  • Audio
    Built-in speaker Built-in array microphone
  • Features
    - Color: Grey
    - 2 tahun garansi global
80%
Awesome

Review ASUSPRO P1440UF

Judul di atas sudah merepresentasikan kesimpulan dari review ini. Merupakan laptop untuk pebisnis yang kinerjanya handal, fiturnya lengkap, harga terjangkau.

  • Design
  • Display
  • Features
  • Connectivity
  • Battery
  • Performance

Get real time updates directly on you device, subscribe now.