Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Review OPPO A31: Memori Besar Jadi Andalan

6 84.942

Pada pertengahan bulan Februari lalu, OPPO memperkenalkan seri smartphone affordable yaitu OPPO A31. Ponsel ini hadir dengan tiga kamera yang sedang populer belakangan ini. Tidak hanya itu, kapasitas memori internal yang besar juga turut menjadi jualan utama ponsel ini.

Menurut pihak OPPO Indonesia, perangkat hadir untuk menyasar pengguna pemula dengan kebutuhan penyimpanan besar, kamera mumpuni dan daya tahan baterai lebih baik. Kehadiran OPPO A31 di pasar juga ditujukan untuk merangsang konversi pengguna feature phone agar mereka dapat merasakan kecangihan teknologi ponsel pintar dengan harga yang lebih terjangkau.

Seberapa jauh ponsel berharga Rp 2 jutaan ini dapat bersaing di pasar ponsel mid-low, masih perlu dibuktikan. Dan pada kesempatan ini kami berkesempatan menjajal Oppo A31. Lalu apa saja yang bisa kamu dapatkan dari ponsel ini. Simak review OPPO A31 berikut ini.

Desain

OPPO A31 harga spesifikasiOppo sudah memiliki grand design sendiri terhadap model water drop pada ponsel mereka. terutama untuk ponsel yang berada di rentang menengah ke bawah. Di mana seluruhnya memiliki kamera depan yang dibuat dengan basis desain yang sama. Termasuk pada Oppo A31 kali ini.

Oppo A31 tidak hanya membuat water drop mereka lebih kecil. Lekukan desain pada bodi ponsel pun kini dibuat lebih thin. Membuat ponsel ini jadi lebih ergonomis saat digenggam. Dalam genggaman satu tangan, ponsel ini sudah nyaman digunakan. Pun bila kamu hanya memandanginya, Oppo A31 terlihat menarik.

Dimensi ponsel hanya 163.9 x 75.5 x 8.3 milimeter dengan bobot sekitar 180 gram. Kombinasi yang membuat tanganmu cepat lelah maupun pegal ketika dipakai bermain ponsel berlama-lama. Semua tampak ideal di bagian ini.

Hal yang tidak terlalu kami sukai justru pada pilihan warna di bodi Oppo A31. Dalam proses ulasan ini kami mendapatkan warna mystery black, yang mana tidak misteri-misteri amat, disebabkan pilihan warna glossy yang menyertai.

Mungkin misteri yang dimaksud adalah keberadaan sidik jari yang tertinggal saat ponsel digunakan tanpa silicon pelindungnya. Tanpa pelindung, bodi ponsel jadi sangat terlihat kotor. Pantulan cahaya pun tidak terlihat sempurna, tertutupi sidik jari yang tertinggal di sana. Mungkin akan lebih baik untuk memilih opsi warna fantasy white, yang terlihat lebih elegan.

Display

layar OPPO A31 okOppo termasuk memahami kebutuhan konsumen di Indonesia. Salah satunya kebutuhan terhadap ukuran layar besar. Desain water drop milik Oppo A31 memang telah mendapat perbaikan. Tidak lagi tampak besar menggerus layar. Oppo membuatnya lebih sederhana, sehingga jatah layar ponsel ini mendapat sedikit perluasan. Efeknya memang tidak terlalu terasa apalagi bila kamu bukan orang yang tak terlalu mempedulikan ubahan minor semacam ini.

Oppo A31 dibekali dengan layar berukuran 6.5 inci. Ukuran serupa dapat ditemukan pada ponsel-ponsel lain. Video streaming dan gaming merupakan faktor penunjang kenapa sebuah ponsel diharapkan memiliki layar besar. Nyaman dipakai menonton video, serta mampu menyajikan interface menu saat gaming hanya akan didapati dari ponsel berlayar besar serupa Oppo A31.

Sayangnya ukuran layar besar tak dibarengi dengan kualitas resolusi yang diproduksi. Kita hanya dapat menikmati sajian visual dalam resolusi 720 x 1600 piksel. Yap, belum Full High Definition. Dibarengi rasio 20:9 (270 ppi density) membuat cakupan visual terlihat lebih penuh di tepian ponsel.

Respon layar bukan jadi masalah pada ponsel terbaru seperti Oppo A31. Semua terasa smooth. Kanan, kiri, atas, bawah dapat diaplikasikan dengan mudah di permukaan layar ponsel. Overall. Kualitas display pada ponsel ini memang hanya terasa kurang di bagian resolusinya saja. Sisanya dapat dinikmati dan patut diapresiasi.

Konektivitas

Oppo A31 dibekali dengan ragam konektvitas untuk memudahkan kinerja pengguna. Bluetooth, WiFi, serta USB port sudah pasti tersedia. Sayangnya, Oppo A31 hanya dibekali dengan USB micro 2.0. Lumayan ketinggalan melihat pesaingnya sudah mulai memanfaatkan USB type C pada ponsel mereka.

Selain kebutuhan konektivitas untuk komunikasi, kamu pun dapat tetap memanfaatkan keberadaan GPS di ponsel. Selain itu, terdapat pula radio FM yang penggunaannya sudah mulai dilupakan. Beralih ke layanan audio streaming semacam podcast maupun soundcloud.

Pada slot kartu SIM, disediakan dua buah slot yang dapat digunakan. Salah satunya kamu dapat jadikan sebagai kartu data LTE untuk mengakses internet.

Kamera OPPO A31

kamera OPPO A31Keberadaan tiga lensa kamera pada Oppo A31, bagi kami lebih terlihat sebagai sebuah gimmick. Di antara ramainya kehadiran ponsel dengan tiga kamera atau lebih. Hal tersebut memang lumrah untuk menarik minat calon konsumen. Yang jadi perhatian adalah, sejauh mana lensa kamera tersebut dapat memberikan fungsi optimal.

Lensa kamera utama Oppo A31 “hanya” dibekali kemampuan 12.7 Megapiksel. Kami pun memahami bahwa hasil foto dari ponsel ini akan banyak dibantu Artificial Intelligence. Terutama pada sektor kebutuhan swafoto dan malam hari.

Bagusnya, Oppo terhitung mahir dalam kancah ubahan foto jadi lebih indah. Hasil foto Oppo A31 jelas dapat dinikmati karena objek jadi terlihat halus. Hanya saja, campur tangan AI, terkadang membuat foto jadi kurang realistis.

Salah satu fitur AI yang kami nikmati yakni Dazzle Color. Fitur ini mampu “mengeluarkan” warna objek foto secara digital. Membuat hasil foto tampak lebih colorful. Meski di beberapa kesempatan warna yang muncul agak over.

Secara keseluruhan hasil foto dengan fitur ini membawa keseruan tersendiri. Foto-foto lanskap, makanan, maupun area berwarna dapat lebih hidup dengannya.  Dan fitur ini tidak otomatis, sehingga pengguna perlu mengaktifkannya terlebih dulu. Dan menon-aktifkannya bila tak lagi digunakan.

Oh ya, ada dua lensa lain di dalam ponsel, yang kami sebut lebih menyerupai gimmick saja. Pertama adalah lensa untuk foto bokeh yang fungsinya sudah banyak kita pahami. Membuat fokus pada objek dan memburamkan detail lain di sekitarnya.

Sedangkan satu lensa lainnya, merupakan lensa macro yang dapat digunakan memotret objek dari dekat. Lensa untuk foto dekat ini berkemampuan 2 MP, f/2.4, 27 mm. Sementara lensa bokehnya pun ada di angka sama 2 MP, f/2.4.

Tapi apakah sepenuhnya gimmick? Tidak juga. Kemampuan foto makro maupun bokeh kini sudah jauh lebih baik. Kemampuan baca dari sensor lensa juga sudah mumpuni sehingga proses fotografinya dapat berlangsung cepat. Tapi memang keberadaan kedua lensa tersebut agak jarang dieksekusi dalam aktivitas harian kami. Bagaimana dengan kamu?

Pada bagian depan, tepat dalam desain waterdrop. Lensa berkemampuan 8 MP, f/2.0 dengan fitur HDR tersemat di sana. Bagi yang masih doyan swafoto bokeh, dapat pula mengaktifkan tingkat AI untuk hasil bokeh lebih maksimal.

Terdapat beberapa fitur lain menyertai aplikasi kamera Oppo A31. Di antaranya yang telah disebutkan di atas. Kemudian ada panorama, HDR, maupun filter foto. Pada menu konfigurasi pun terdapat banyak fitur penggunaan demi sebuah kemudahan. Seperti metode pengambilan foto lewat kamera depan ponsel (touch, gesture, fingerprint dan timer).  

Hasil foto

Mode auto 1x zoom
Mode auto 2x zoom
Hasil foto auto siang hari
Foto indoor

Performa

Oppo A31 dibekali dengan chipset Mediatek MT6765. Otak kerja tersebut mampu menyajikan kemampuan olah data octa-core (4×2.3 GHz Cortex-A53 & 4×1.8 GHz Cortex-A53). Dibarengi dengan GPU Power VR GE 8320. Bukan pilihan populer untuk sebuah ponsel yang berusah meraih pangsa pasar yang terbatas.

Perangkat kerja tersebut masih didukung dengan memori RAM 4 GB. Serta memori penyimpanan internal 128 GB. Dan memori penyimpanan tersebut merupakan salah satu hal terbaik yang didapat dari Oppo A31. Bahkan Oppo juga tetap memberikan tambahan slot memori, beriringan slot untuk microSD, hingga 256 GB.

Kemampuan kerja ponsel ini sendiri terhitung cukup baik. Tidak istimewa memang. Walaupun tetap mampu mengakomodir kebutuhan video streaming dan gaming. Terutama gaming, agaknya perubahan tren gaming yang lebih casual semacam Snake, dapat dengan mudah dijalankan di ponsel ini.

Pada urusan perangkat lunaknya. Oppo A31 masih memanfaatkan ColorOS 6.1 berbasis Android 9.0 Pie. Sama seperti ponsel Oppo lain dengan antarmuka sama. Oppo A31 membuat penggunanya mudah mengakses ragam menu dan aplikasi.

Beberapa fitur yang menyertai keberadaan Color OS 6.1 membuat aktivitas dengan ponsel jadi lebih mudah. Seperti Smart Riding Mode,  Smart Assistance, Swipe-Up Gesture Navigation, dan tak ketinggalan Oppo Cloud Service. itu beberapa highlight fitur di dalam antarmuka andalan Oppo tersebut.

Terakhir adalah keberadaan baterai 4230 mAh. Zaman di mana ponsel sudah jadi teman setia yang menyertai baterai berkapasitas besar menjadi sangat vital dimiliki. Oppo mengklaim bahwa baterai di ponsel ini dapat digunakan selama 14 jam video streaming, 7 jam online gaming, hingga 111 jam memutar video. Meski tentu saja semua bergantung pada setting ponsel itu sendiri.

Kesimpulan

review oppo a31Keberadaan memori simpan besar menjadi top list fitur dari keberadaan ponsel Oppo A31. Dengan memori internal sebanyak 128 GB dapat membuat fungsi slot tambahan tak lagi berguna. Pun kamu dapat tetap memanfaatkannya untuk model penyimpanan file berbeda. Bila itu masih kurang, Oppo juga memberikan layanan penyimpanan awan gratis bagi pengguna perangkatnya.

Fitur selanjutnya ialah baterai berkapasitas besar mencapai 4230 mAh. Memberi jangka waktu hidup lebih panjang untuk ragam penggunaan yang variatif. Sedangkan untuk fitur lainnya, dapat dikatakan sebagai pelengkap kehadiran ponsel ini. Dengan harga jual di Rp 2,599 juta, OPPO A31 tergolong cukup terjangkau dengan kesesuaian antara spesifikasi dan fitur. Kendati demikian, di rentang harga yang sama ada banyak opsi dari brand lain yang tak kalah menarik.


Beli OPPO A31 di:

JD.ID Lazada Blibli Shopee

Spesifikasi OPPO A31

OPPO A31
Klik pada gambar untuk spesifikasi lebih lengkap

General

Device Type Smartphone
Model / Series OPPO A31
Released 13 Februari, 2020
Status Available
Price Rp2.599.000

Platform

Chipset Mediatek MT6765V/CB Helio P35 (12nm)
CPU Octa-core (4x2.3 GHz Cortex-A53 & 4x1.8 GHz Cortex-A53)
GPU PowerVR GE8320
RAM (Memory) 4 GB
Storage 128GB, microSD
Operating System Android 9.0 (Pie)
User Interface ColorOS 6.1

Design

Dimensions 163.9 x 75.5 x 8.3 mm
Weight 195 g
Design Features Colors: Fantasy White, Mystery Black
Battery Non-removable Li-Po 4230 mAh battery

Talk Time: Max GSM:45 hours; WCDMA:33hours
Audio Playback: 35 hours
Video Playback: 8 hours

Network

Network Frequency GSM: 900/1800MHz
WCDMA: 900/2100MHz
LTE FDD: Bands 1/3/5/8
LTE TDD: Band 40
SIM Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
Data Speed HSPA, LTE-A

Display

Screen Type IPS LCD
Size and Resolution 6.5” Waterdrop Screen, HD+ 1600 by 720 pixel
Touch Screen Yes
Features Touchscreen: Multi-touch, Capacitive Screen, Gorilla Glass 3
Colors: 16 million colors
Screen Ratio: 89%
Contrast: 1500:1
Type: In-Cell
Brightness: Typical Value 480nit

Camera

Multi Camera Yes (Rear)
Rear 2 MP, f/1.8, (wide), PDAF 2 MP, f/2.4, 27mm (macro), 1/5.0", 1.75µm 2 MP, f/2.4, (depth)
Front 8 MP, f/2.0
Flash Yes
Video [email protected], [email protected], gyro-EIS

Connectivity

Wi-fi Wi-Fi is a popular wireless networking technology using radio waves to provide high-speed network connections that allows devices to communicate without cords or cables, Wi-Fi is increasingly becoming the preferred mode of internet connectivity all over the world. Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth Bluetooth is a wireless communications technology for exchanging data between mobile phones, headsets, computers and other network devices over short distances without wires, Bluetooth technology was primarily designed to support simple wireless networking of personal consumer devices. 5.0, A2DP, LE
USB 5.0, A2DP, LE
GPS GPS The Global Positioning System is a satellite-based radio navigation system, GPS permits users to determine their position, velocity and the time 24 hours a day, in all weather, anywhere in the world, In order to locate your position, your device or GPS receiver must have a clear view of the sky. A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS
HDMI HDMI (High-Definition Multimedia Interface) is a compact audio/video interface for transferring uncompressed video data and compressed or uncompressed digital audio data from a HDMI-compliant source device to a compatible computer monitor, video projector, digital television, or digital audio device. Yes
NFC NFC (Near field communication) is a set of standards for smartphones and similar devices to establish peer-to-peer radio communications with each other by touching them together or bringing them into proximity, usually no more than a few inches.
Infrared Infrared connectivity is an old wireless technology used to connect two electronic devices. It uses a beam of infrared light to transmit information and so requires direct line of sight and operates only at close range. Yes

Smartphone Features

Multimedia Features 3,5mm jack


Active noise cancellation with dedicated mic
FM Radio Yes
Web Browser Web Browser => a web browser is a software application used to locate, retrieve and display content on the World Wide Web, including Web pages, images, video and other files, The primary function of a web browser is to render HTML, the code used to design or markup webpages. Yes
Messaging Yes
Sensors Sensors are electronic components that detects and responds to some type of input from the physical environment. The specific input could be light, heat, motion, moisture, pressure and location, The output is generally a signal that is converted to use in computing systems, a location sensor, such as a GPS receiver is able to detect current location of your electronic device. Magnetic Induction Sensor

Light Sensor

Proximity Sensor

G-Sensor/Acceleration Sensor

Gyroscope

Pedometer
Other in the box:

Handset *1

Headset*1 (Only for Taiwan, Sinapore, Middle East and Africa 4GB+128GB, Mexico 4GB+64GB)

USB Cable *1

Adapter *1

SIM Card Pin*1

Protective Case *1

Quick Guide *1

Warranty Card *1
78%
Affordable!

Review OPPO A31 Indonesia

Dengan harga jual di Rp 2,599 juta, OPPO A31 tergolong cukup terjangkau dengan kesesuaian antara spesifikasi dan fitur.

Beli
OPPO A31 di Shopee
  • Design
  • Display
  • Camera
  • Performance
  • Battery
6 Komen
  1. coldclover berkata

    Thx for review. Hasil fotonya juga ditampilkan, menarik sekali untuk dibaca:)

  2. bambang berkata

    mengapa spesifikasi oppo a31 tidak dicantumkan nomor model CPH-nya? .. ini penting sekali bahwa cph .. adalah oppo a31

  3. […] Kehadiran teknologi 3D body curve, membuat hp OPPO A31 nyaman digengam meski layar cukup besar, 6,5″. OPPO melengkapi perangkat ini dengan baterai sebesar 4230 mAh. (Baca: Review OPPO A31: Memori Besar Jadi Andalan) […]

  4. Nila berkata

    Knp kamera depan dan video kamera depan kalo waktu mlm burem sekali nyaris tdk tampak.knp??

  5. Yasa berkata

    Kenapa Oppo A31 layarnya gelap disiang hari padahal kecerahannya udah max, jadi saya gak bisa foto² diluar ruangan, kadang jadi nyesel beli hp Oppo A31 ini

  6. Arif Naldi berkata

    kenapa kamera depannya buram kk

Tinggalkan Balasan