Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Rumor Spesifikasi OPPO K7x 5G, Gunakan MediaTek Dimensity 720

0 740

Sejak pekan kemarin, OPPO telah merilis sebuah poster yang memperlihatkan smartphone baru. Dirilis dalam bahasa China, seri yang ada di dalam gambar bukanlah seri yang pernah ada sebelumnya seperti Reno atau Find series. Dengan embel-embel “5G”, diperkirakan bila smartphone ini bakal menjadi perangkat 5G kelas menengah.

Perangkat tersebut adalah OPPO K7x, memiliki beberapa keunggulan seperti 90Hz refresh rate, 180Hz touch sampling rate dengan sensor sidik jari samping, menyatu dengan tombol power. Setidaknya itulah fitur-fitur yang ditampilkan di dalam poster resminya, memiliki tagar “lots and lots of power”, yang sepertinya unggulkan performa kencang.

Namun spesifikasi lainnya sudah dapat diketahui dari situs sertifikasi resmi China, TENAA, dengan model PERM00. Selain dari TENAA, OPPO K7x juga sudah terdaftar di situs penjualan JD, yang juga mengonfirmasi tanggal peluncuran pada poster, yaitu 4 November 2020.

Baca juga: Stok Sempat Kosong Karena CEIR, Pabrik OPPO Kembali Produksi Smartphone

Spesifikasi OPPO K7x Muncul di JD & TENAA

OPPO K7x

OPPO K7x bakal ditenagai dengan chipset MediaTek MT6853V/ZA, alias MediaTek Dimensity 720 yang banyak digunakan untuk smartphone 5G terjangkau. Kapasitas RAM-nya sendiri cukup lega di 8GB. Dan tentu saja, menjalankan sistem operasi Android 10. Layarnya sendiri berdimensi 6,5 inci dengan panel IPS, mengingat sensor sidik jari yang belum terbenam di dalam layar.

Resolusinya sudah full HD+ dengan rasio 20:9. Dan jika dilihat dari foto yang ada di sertifikasi TENAA, terlihat bila desainnya hampir sama persis dengan realme 7 Pro. Mulai dari desain kamera belakangnya, warna biru yang digunakan, sampai aksen dua warna yang sedikit berbeda. Punya bobot 194 gram dengan ketebalan 9,1mm.

Wajar saja, namanya juga masih berada dalam satu induk perusahaan. Selain chipset dan layar, perbedaan lainnya ada pada kapasitas baterai serta teknologi pengecasannya. Baterai OPPO K7x berukuran cukup besar di 5,000 mAh, dan mendukung VOOC fast charging 30 watt. Kamera depannya terletak di atas kiri berbentuk punch-hole.

Resolusinya tak terlalu tinggi di 16MP f/2.1. Sementara di belakang, ada empat sensor kamera dengan sensor utama 48MP f/1.8. Ditemani sensor ultra wide-angle 8MP, dan dua sensor 2MP yang diduga untuk foto makro serta depth sensor. Secara besaran resolusi, sama seperti OPPO Reno4 F yang baru saja kami ulas, punya hasil foto yang cukup baik di kelasnya.

Bakal Dirilis 4 November Mendatang

Poster OPPO K7x

Belum ada informasi mengenai ketersediaan diluar negara asalnya, maupun harga dari OPPO K7x. Tentu saja, masih harus menunggu perilisan resminya 4 November mendatang. Melihat dari spesifikasi yang ditawarkan, smartphone ini bisa hadir dengan harga yang cukup kompetitif.

Apalagi melihat beberapa smartphone OPPO terbaru yang hadir sepanjang tahun 2020. OPPO Reno4, misalnya, tawarkan fitur menarik dengan hasil kamera memuaskan di harga Rp4,999 juta, jauh lebih baik dari generasi sebelumnya. Sampai seri OPPO A33 dan OPPO A53 yang bawa teknologi layar 90Hz ke rentang harga Rp2 jutaan.


Cek harga produk OPPO di ecommerce:

BLIBLI SHOPEE LAZADA JD.ID Tokopedia