DJI Mini SE Jadi Drone Kompak Termurah, Harga Mulai Rp4 Jutaan

Sekitar beberapa pekan lalu, para penggemar perangkat drone sempat diramaikan oleh sebuah foto yang nampak seperti diambil dari toko Walmart di Amerika Serikat. Dalam foto tersebut, terpampang unit DJI Mini SE, dengan harga USD299, jadi yang paling murah saat ini.

Kebenaran akan foto tersebut hingga saat ini masih dipertanyakan. Namun yang baru saja diresmikan oleh DJI, adalah unit DJI Mini SE yang sejatinya tak sepenuhnya baru. Pasalnya, ini adalah kombinasi dari bodi kompak DJI Mini 2, dengan jeroan yang persis seperti DJI Mavic Mini.

DJI secara spesifik merilis drone terbarunya ini untuk negara-negara tertentu, di mana saat ini baru bisa ditemukan di Brazil serta Malaysia, di mana pamor akan drone baru saja meningkat alias khusus di negara berkembang. Untuk negara lain seperti Amerika Serikat dan Eropa, pilihannya tetap hanya DJI Mini 2.

Baca juga: DJI Air 2S, Pembaruan Drone Seri Mavic dengan Sensor Kamera Superior

Dengan kata lain, perangkat ini hadir bagi mereka yang ingin memiliki drone pertama dari merek kenamaan, dengan fungsi dasar dan harga terjangkau. Bila dibandingkan dengan Mini 2, tentu saja kelasnya berada di bawahnya. Namun bodinya dibuat lebih tahan angin bila dibandingkan seri Mavic Mini.

Spesifikasi DJI Mini SE

DJI Mini SE

Sesuai namanya, DJI Mini SE merupakan drone kompak yang dapat dilipat. Bobotnya sendiri kurang dari 250 gram, alias dirancang portable. Dirancang untuk pemula, disiapkan aplikasi DJI Fly dengan tampilan yang intuitif. Membuat para amatir bisa hasilkan konten video sinematik secara cepat dan aman.

Untuk keamanan ekstra, disertakan pelindung khusus 360 derajat untuk mengamankan baling-baling dari unit, ditambah dengan sensor khusus agar bisa terbang lebih aman. Sensor yang digunakan beresolusi 12MP, dan mampu menangkap video hingga resolusi maksimum 2,7K Quad HD.

DJI Mini SE

Agar video terlihat stabil, sensor kamera DJI Mini SE dilengkapi dengan stabilisasi gimbal tiga axis. Pengendaliannya dilakukan dengan remote yang masih gunakan generasi sama seperti seri Mavic Mini, dapat kendalikan perangkat dari jarak terjauh sampai 4 kilometer.

Sekali terbang, DJI Mini SE sanggup digunakan hingga waktu maksimum 30 menit. Kapasitas baterainya sendiri 2,250 mAh, dan sudah mendukung fast charging 18 watt. Foto dan video dapat tersimpan lewat microSD yang mendukung kapasitas mencapai 256GB.

Harga DJI Mini SE di Malaysia

DJI Mini SE

Lantas apakah harga resminya sesuai dengan bocoran foto yang muncul dari Walmart? Baru muncul di situs resmi Rusia, DJI Mini SE sudah dijual di Malaysia dengan harga RM1,349, alias Rp4,7 jutaan. Ya, cukup signifikan lebih mahal dari rumor yang telah beredar.

Sementara bila dibandingkan dengan harga perangkat yang sudah tersedia di Indonesia, ada DJI Mavic Mini di Rp5,499 juta, dan DJI Mini 2 di Rp7,099 juta. Akan menarik bila nantinya drone murah DJI tersebut ikut masuk ke Tanah Air, secara natural menggantikan seri Mavic Mini.

Tinggalkan komen