Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

DJI Mini 2, Drone Kompak & Ringan dengan Perekaman 4K

0 3.355

Sepanjang semester kedua tahun 2020, terhitung sudah ada tiga produk yang diluncurkan oleh DJI, sebuah produsen elektronik yang dikenal dengan kamera gimbal dan drone yang canggih. Bahkan dua di antaranya sudah tersedia secara resmi di Indonesia. Namun ternyata tak sampai di situ, masih ada satu produk baru lagi.

Pada awal November ini, DJI merilis DJI Mini 2, suksesor dari DJI Mavic Mini yang hadir di Indonesia akhir 2017 lalu. Ya, sama seperti beberapa seri lainnya, DJI menyingkat penamaan perangkat terbarunya. Jika yang lalu hadir sebagai drone paling ringan, Mini 2 coba menyempurnakan batasan fitur yang ada sebelumnya.

Baca juga: DJI Pocket 2 & Gimbal DJI Ronin Series Masuk Indonesia, Harga Mulai Rp5,9 Juta

DJI Mini 2 Punya Konektivitas yang Lebih Reliabel

Secara desain, tak ada yang berbeda secara signifikan. DJI Mini 2 tetap mengusung desain lipat ringkas, bahkan memiliki bobot yang sama persis dengan Mavic Mini di 249 gram saja. Hal tersebut cukup penting, terutama di Amerika Serikat di mana drone dengan bobot lebih dari 250 gram membutuhkan perizinan FAA khusus agar bisa terbang secara outdoor.

Pengendalian perangkat ini kurang lebih sama seperti milik Mavic Air 2, namun ada beberapa fitur yang tidak dimiliki, berkat sensor yang lebih sedikit. Yaitu fitur untuk menghindari tabrakan secara otomatis, atau mengikuti objek yang bisa dikunci lewat sensor khusus.

DJI Mini 2 hadir dengan perbaikan konektivitas Wi-Fi, gunakan OcuSync 2, yang mendukung jarak hingga hampir 10km. Motor yang digunakan untuk terbang juga sudah ditingkatkan, punya akselerasi lebih cepat dengan kecepatan maksimum 35,8mph, meningkat dari 29mph. Serta tahan hembusan angin hingga 24mph.

Untuk perekaman videonya sendiri, DJI Mini 2 mendukung hingga resolusi 4K 30fps di 100Mbps dan full HD 60fps. Dan selain JPG, mode fotonya juga mendukung format RAW, hingga auto exposure bracketing. Dimensi sensor kameranya masih sama di 1/2,3 inci. Durasi penggunaannya sedikit lebih lama, mencapai 31 menit.

Harga DJI Mini 2

DJI Mini 2

Membawa berbagai peningkatan, menjadikan harga jual DJI Mini 2 naik cukup signifikan. DJI menjual drone ini dalam dua paket; paket dasar seharga USD 449 (Rp6,4 jutaan) dengan sebuah alat kendali dan satu baterai, serta paket “Fly More Combo” lengkap dengan tiga baterai, charger tambahan dan tas, dibanderol USD 599 (Rp8,6 jutaan).

“Mavic Mini adalah terobosan monumental bagi DJI dan pilot drone di seluruh dunia, karena kombinasi bobot, keselematan, kinerja dan nilai keseluruhannya, menjadi titik masuk bagi pilot dan penggemar drone baru yang tak terhitung jumlahnya,” kata Presiden DJI, Roger Luo dalam sebuah rilis di situs resminya.

Perangkat ini cocok untuk Gizmo friends yang inginkan drone berbentuk ringkas, namun tetap miliki fitur canggih seperti perekaman video 4K. Melihat dua produk baru terakhirnya, seharusnya tak perlu memakan waktu lama untuk menanti kehadiran resmi DJI Mini 2 di Indonesia.