Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Samsung Galaxy Tab A7 Dirilis, Punya Empat Speaker Dolby Atmos

0 4.358

Selang beberapa hari setelah meresmikan Galaxy Tab S7 series di Tanah Air, Samsung baru saja kembali memperkenalkan sebuah perangkat tablet Android baru, dihadirkan untuk kelas yang berbeda. Perangkat jenis satu ini meningkat kepopulerannya, terutama di masa-masa sekarang dimana masyarakat membutuhkan perangkat yang lebih pas untuk hiburan maupun panggilan video.

Untuk terus memenuhi kebutuhan penggunanya, produsen elektronik asal Korea Selatan ini meluncurkan Galaxy Tab A7, sebagai pembaruan dari tablet 10 inci yang cukup populer berkat harganya yang terjangkau. Perangkat ini diperkenalkan bersamaan dengan Galaxy A42 5G serta Samsung The Premiere, dalam rangkaian acara virtual “Life Unstoppable” Jumat (4/9) lalu.

Baca juga:
Review Samsung Galaxy A51 Silver: Warna dan Fitur Baru
Hands-on Samsung Galaxy Tab A7: Tablet Multitasking Harga Rp4,9 Jutaan

Galaxy Tab A7 Punya Empat Speaker Dolby Atmos

 

Galaxy Tab A7

Tak biasanya hadir dengan tampilan yang lebih polos, Samsung Galaxy Tab A7 memiliki tampilan visual yang hampir mirip dengan Galaxy Tab S6 Lite, dengan frame kamera kotak namun tanpa garis antena khusus. Hal tersebut mengindikasikan penggunaan material plastik, sangat wajar untuk kelas harganya.

Keempat bezel di bagian depannya terlihat relatif tipis dengan ketebalan yang sama untuk keempat sisinya. Memiliki dimensi 10,4 inci, panel yang digunakan masih berjenis TFT dengan resolusi WUXGA+ (2000 x 1200 piksel), dengan rasio layar ke bodi mencapai 80%. Tak ditemukan sensor sidik jari pada perangkat ini, sehingga alternatifnya hanya pin dan face unlock saja.

Galaxy Tab A7

Namun setidaknya peletakan kamera depannya dibuat lebih pas, berada di atas ketika dalam posisi landscape. Kamera tersebut beresolusi 5MP, cukup untuk rapat virtual atau sekadar menyapa teman lewat Google Duo. Sementara di belakang disematkan kamera 8MP untuk mengabadikan foto sesekali jika dibutuhkan.

Galaxy Tab A7 ditenagai dengan chipset yang relatif baru dari Qualcomm, yaitu Snapdragon  662. Dirilis awal tahun, CPU yang digunakan berjenis Kryo 260 yang cukup bertenaga, serta sudah gunakan proses fabrikasi 11nm. Kapasitas RAM-nya cukup ngepas di 3GB, dengan opsi memori internal 32/64GB. Tersedia slot kartu microSD yang mendukung kapasitas sampai 1TB, cocok untuk simpan file multimedia.

Chipset yang kencang dan hemat daya sangat cocok bila dipasangkan oleh kapasitas baterai besar. Dalam hal ini, Samsung menyiapkan baterai 7,040 mAh di Galaxy Tab A7, plus dukungan fast charging 15 watt lewat port USB-C. Satu hal lagi yang cukup spesial, tablet ini dilengkapi empat speaker dengan dukungan Dolby Atmos. Bahkan melebihi Galaxy Tab S6 Lite yang hanya dua saja.

Baca juga: Samsung Dukung Pembelajaran Jarak Jauh Melalui Program SSLC

Harga Samsung Galaxy Tab A7

Galaxy Tab A7

Semua fitur yang dihadirkan dikemas dalam bobot kurang dari 500 gram, tepatnya 476 gram untuk varian Wi-Fi only, dan dengan ketebalan hanya 7mm saja. Hadir dalam warna Dark Gray, Silver serta Gold, Samsung Galaxy Tab A7 bakal mulai dipasarkan sejak bulan September ini.

Di Jerman sendiri, tablet murah terbaru Samsung di 2020 ini bakal hadir di awal bulan November. Sementara untuk Indonesia masih belum ada kabar pastinya. Galaxy Tab A7 bakal dijual dalam dua varian, yaitu Wi-Fi only seharga 223 Euro (Rp3,8 jutaan), dan versi LTE di harga 282 Euro (Rp4,9 jutaan). Perlu diingat, harga yang disarankan di Eropa memang selalu lebih mahal, jadi semoga nanti di Indonesia bisa signifikan lebih murah ya.